4 Obat Nyeri Sendi Alami Yang Paling Ampuh

Obat alami untuk mengatasi nyeri sendi yang sangat menyiksa sebenarnya tidaklah sulit untuk di dapatkan. Anda bisa menggunakan cara pengobatan alami dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah sering Anda temui.

Sebelumnya perlu kita bahas terlebih dahulu apa penyebab terjadinya nyeri sendi yang bisa muncul secara tiba-tiba? Beberapa orang bahkan mengalaminya dengan frekuensi yang sering.

Penyebab Nyeri Sendi

nyeri sendi, obat alami nyeri sendi

Nyeri sendi sebenarnya muncul karena beberapa faktor pemicu di antaranya seperti penuaan, terjadinya cidera sendi, terjadinya peradangan sendi, atau bisa juga di sebabkan karena adanya pengapuran pada bagian persendian Anda.

Kesemua hal ini bisa saja terjadi sehingga nyeri sendi akan menyerang Anda secara tiba-tiba.

Rasa nyeri yang muncul juga biasanya berbeda-beda pada tiap orang.

Pada sebagian orang nyeri bisa muncul hanya dalam waktu yang tidak lama, namun pada orang yang lain bisa saja nyeri sendi muncul terus-terus menerus.

Inilah yang di khawatirkan akan mengganggu aktivitas dan kenyamanan anda sehari-hari.

Oleh karena itu nyeri sendi haruslah di tangani dengan segera. Pada kesempatan kali ini kami akan berikan beberapa cara mengobati nyeri sendi dengan menggunakan obat-obatan alami yang terbuat dari bahan herbal.

Anda juga bisa membaca Cara Mengobati Asam Urat Dengan Jus  untuk mengetahui bahan-bahan alami yang dapat mengobati nyeri akibat asam urat.

Berikut ini adalah 5 bahan alami untuk menghilangkan nyeri sendi:

Jahejahe obat alami nyeri sendi

Obat nyeri sendi alami yang pertama adalah jahe.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan bahan alami yang memiliki rasa pedas ini. Jahe adalah salah satu bahan herbal yang ampuh untuk mengobati nyeri sendi.

Hal ini dikarenakan di dalam jahe terdapat senyawa yang bernama gingerol yang dapat mengobati nyeri sendi yang anda derita.

Gingerol merupakan senyawa yang dapat berfungsi sebagai obat anti-inflamasi yang bisa meredakan nyeri pada persendian Anda.

Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda cukup mengolah jahe menjadi obat minum dengan cara merebus beberapa jari jahe dalam 4 gelas air.

Tambahkan sedikit gula merah. Rebus hingga tersisa 3 gelas. Minum obat alami ini satu gelas setiap hari. Ulangi hingga rasa nyeri di persendian Anda menghilang.

Cabai Rawit

cabai rawit obat alami nyeri sendi

Obat nyeri sendi alami tradisional yang selanjutnya yaitu cabai rawit.

Cabai rawit selama ini hanya di kenal sebagai bahan untuk memasak. Cabai yang memiliki ukuran lebih kecil ini memang memiliki rasa pedas yang lebih kuat.

Namun tahukan Anda ternyata di dalam cabai rawit terkandung khasiat yang ampuh untuk mengobati nyeri sendi secara alami?

Di dalam cabai rawit terkandung senyawa yang bernama capcaisin. Senyawa inilah yang berperan dalam menimbulkan rasa pedas dari cabai rawit.

Capcaisin merupakan senyawa yang bersifat iritan pada kulit, artinya capcaisin dapat membuat kulit menjadi merah dan iritasi (terasa panas) apabila di oleskan.

Nah dengan memanfaatkan senyawa capcaisin pada cabai rawit ini Anda bisa mengobati nyeri sendi yang anda alami.

Caranya yaitu dengan mengolah cabai rawit hingga di peroleh ekstraknya. Selanjutnya oleskan esktrak cabai rawit pada bagian yang nyeri.

Kunyit

kunyit obat nyeri sendi

Obat nyeri sendi tradisional yang selanjutnya yaitu kunyit. Selain jahe, kunyit juga memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk mengatasi nyeri sendi.

Kunyit selama ini sudah di kenal dalam dunia pengobatan dan kecantikan. Di dalam kunyit terdapat kandungan beragam senyawa yang baik untuk kesehatan dan pengobatan.

Di antaranya yaitu adanya kandungan zat anagelsik dan anti-inflamasi yang bisa di manfaatkan untuk mengobati nyeri sendi.

Beragam penyakit nyeri sendi seperti nyeri pada pinggang, pergelangan tangan, lutut, dan bagian tubuh lainnya bisa di obati dengan kunyit.

Cara menggunakannya juga cukup mudah yaitu dengan meramu kunyit menjadi rebusan:

  • Ambillah beberapa ruas kunyit kemudian kupas dan cuci bersih.
  • Rebus ke dalam 5 gelas air, tambahkan sedikit gula merah agar rasanya lebih enak untuk di minum.
  • Setelah airnya berkurang hingga tersisa 3 atau 4 gelas matikan kompor dan dinginkan.
  • Setelah dingin minumlah obat kunyit tersebut secara teratur 1 gelas setiap hari hingga nyeri yang anda derita berkurang.

Kulit Pohon Willow

kulit pohon willow obat nyeri sendi

Obat nyeri sendi alami yang terakhir adalah kulit pohon willow (willowbark).

Diantara semua obat nyeri sendi alami yang sudah kita bahas sebelumnya mungkin kulit pohon willow adalah yang paling asing di telinga Anda.

Kulit pohon willow ini adalah kulit yang di dapat dari pohon yang bernama pohon willowbark.

Sudah sejak lama kulit pohon willow dikenal khasiatnya sebagai bahan untuk membuat berbagai macam obat.

Ternyata ia juga dapat di manfaatkan untuk mengobati nyeri sendi secara alami.

Di dalam kulit pohon willow ini terdapat senyawa aspirin alami yang berkhasiat untuk meredakan nyeri pada punggung, juga untuk melemaskan otot-otot di sekitar punggung dan dada yang tegang karena di dalam kulit pohon willow juga terkandung senyawa anagelsik.

Untuk mengolah kulit pohon willow sebagai obat nyeri sendi alami, Anda bisa membuatnya menjadi rebusan. Rebuslah beberapa lembar kulit pohon willow dengan air, setelah itu dinginkan. Minumlah secara teratur 1 gelas setiap hari hingga nyeri sendi yang Anda derita menjadi berkurang.

Itulah 4 jenis obat-obatan tradisional yang terbuat dari bahan alami untuk mengobati nyeri sendi dengan cepat. Semoga bermanfaat.