5 Ciri & Gejala Sakit Tenggorokan Parah Yang Berbahaya

Ciri dan gejala sakit tenggorokan yang parah dan berbahaya perlu diketahui oleh setiap orang, karena terkadang radang tenggorokan yang dialami tidak selalu radang tenggorokan biasa. Bisa saja ia muncul sebagai gejala penyakit yang jauh lebih berbahaya.

Sakit tenggorokan atau yang dalam bahasa kedokterannya disebut dengan faringitis, merupakan peradangan yang terjadi di sekitar rongga mulut hingga faring (persimpangan rongga mulut, hidung, dan tenggorokan) akibat infeksi bakteri, virus, atau hanya sekedar iritasi.

Radang tenggorokan ringan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, mungkin penderitanya hanya perlu beristirahat dan mengonsumsi makanan bergizi serta penuhi kebutuhan cairan. Seiring dengan pulihnya daya tahan tubuh maka radang tenggorokan ringan akan hilang.

Beda halnya dengan cara menyembuhkan sakit tenggorokan karena infeksi bakteri, Anda mungkin membutuhkan resep antibiotik dari dokter untuk bisa sembuh.

Intinya Anda harus paham bagaimana cara mengetahui sakit tenggorokan yang sedang dialami itu hanya sakit tenggorokan biasa atau malah gejala dari penyakit berbahaya. Dengan demikian, Anda bisa melakukan pengobatan yang tepat dan efektif sedini mungkin.

Berikut ini adalah ciri dan gejala sakit tenggorokan parah dan berbahaya yang harus diwaspadai:

1. Bengkak pada leher atau lidah

Hal pertama yang harus diwaspadai ketika mengalami sakit tenggorokan adalah membengkaknya bagian sekitar leher atau lidah.

Pembengkakan pada leher ini bisa disebabkan karena inflamasi dan pembesaran kelenjar limfa. Secara medis, pembengkakan pada limfa umumnya terjadi sebagai respon terhadap infeksi pada tubuh.

Gejala bengkak pada kelenjar limfa ini bisa jadi disebabkan karena tonsilitis, faringitis, laringitis, atau strep throat akibat infeksi bakteri Streptococcus.

bakteri streptococcus dibawah mikroskop
Gambar bakteri streptococcus di bawah mikroskop

Bila terlalu parah, pembengkakan pada kelenjar limfa leher ini bisa menyumbat saluran napas dan menyebabkan sesak napas.

Karena itu bila menemui ciri dan gejala sakit tenggorokan berbahaya seperti ini Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan medis yang tepat.

2. Muncul ruam

Ciri sakit tenggorokanp parah yang kedua adalah muncul ruam pada kulit.

Anda harus waspada saat mengalami radang tenggorokan yang disertai dengan gejala munculnya bercak merah pada kulit terlebih pada anak-anak, karena ini bisa jadi muncul sebagai tanda terkena penyakit menular akibat virus seperti campak, cacar, atau rubella.

ruam pada anak yang terkena campak

Berbagai penyakit menular masa kecil ini bisa menyebabkan komplikasi yang parah dan berbahaya jika tidak segera mendapatkan penanganan dan pengobatan, bahkan dapat berujung pada kematian.

Mungkin akan lebih mudah untuk mengenali sakit tenggorokan berbahaya jika melihat contoh gambarnya, untuk itu kami sudah menyiapkan kumpulan gambar jenis radang tenggorokan mulai dari radang tenggorokan biasa hingga berbahaya pada artikel berikut:

7 Gambar Radang Tenggorokan Yang Berbahaya

3. Demam

Demam muncul saat sistem imun tubuh sedang bereaksi terhadap infeksi.

Ketika mengalami sakit tenggorokan khususnya yang disebabkan karena infeksi virus atau bakteri biasanya tubuh akan mengalami demam.

Demam karena sakit tenggorokan akibat infeksi ini bermacam-macam, ada yang tinggi namun ada juga demam tidak terlalu tinggi namun disertai dengan menggigil.

Sakit tenggorokan karena difteri misalnya, akan menyebabkan penderitanya demam tidak terlalu tinggi yakni kisaran 38o namun terkadang disertai dengan gejala menggigil.

Kewaspadaan harus ditingkatkan jika radang tenggorokan disertai demam terjadi pada anak-anak, karena daya tahan mereka jelas berbeda.

Demam yang terlalu tinggi pada anak dapat menyebabkan kejang hingga koma.

4. Leher menjadi kaku

Ciri sakit tenggorokan yang parah dan berbahaya selanjutnya adalah leher yang menjadi kaku.

Seseorang yang mengalami sakit pada tenggorokan kemudian disusul dengan gejala leher yang menjadi kaku harus ekstra waspada, karena ini adalah gejala penyakit mematikan yakni meningitis.

Meningitis merupakan penyakit berbahaya yang menyerang selaput pelindung otak dan sistem saraf pada tulang belakang. Penyebabnya bisa karena infeksi virus, bakteri, atau parasit.

5. Air liur terus keluar (ngeces atau ngiler)

Gejala ngeces yakni air liur yang terus keluar tanpa bisa ditahan terutama pada anak juga merupakan ciri sakit tenggorokan yang sudah parah.

Kemungkinan terjadi karena anak sudah tidak mampu lagi mengontrol rongga mulut dan tenggorokan sehingga sulit menelan ludah atau malah tidak bisa menelan karena sudah terlalu nyeri.

Karena itu sakit tenggorokan terutama pada anak tidak bisa dianggap sebaga penyakit yang sepele. Perhatikan perkembangan penyakitnya, jika tidak membaik dalam 2-3 hari Anda harus segera mengunjungi dokter untuk berobat.

Tips mengatasi sakit tenggorokan disertai dengan gejala yang parah dan berbahaya

1. Radang tenggorokan biasa, umumnya akan sembuh atau membaik dalam 2-3 hari. Jika sakit tidak membaik lebih dari itu maka Anda harus waspada. Jika gejala bertambah parah, segeralah pergi ke dokter.

2. Sakit tenggorokan bisa jadi merupakan gejala penyakit berbahaya, contohnya difteri yang mematikan. Anda harus tahu cara mengenalinya, artikel ini akan membantu Anda:

Cara Mengenali Ciri Dan Gejala Difteri

3. Gejala demam yang muncul saat sakit tenggorokan harus diwaspadai terutama pada ibu hamil dan anak-anak, bila perlu langsung saja periksa ke doter.

4. Orang dengan gangguan sistem imun seperti diabetes atau HIV yang mengalami radang tenggorokan akibat infeksi harus mendapat penanganan medis, dan tidak dianjurkan membeli obat sendiri.

5. Waspada selalu lebih baik daripada terlambat. Jika Anda curiga dengan sakit atau radang tenggorokan yang sedang dialami apakah berbahaya atau tidak maka lebih baik untuk memeriksakan diri ke dotker saja.

Bagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda. Sharing is caring!