5 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Jenis makanan yang mengandung kalsium sebenarnya ada banyak sekali, beberapa di antaranya bahkan sering kita temui.

Namun karena ketidaktahuan kita maka manfaat kalsium yang ada di dalamnya belum bisa kita ambil secara maksimal.

Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang paling penting bagi tumbuh kembang pada anak-anak, dan menjaga kesehatan dan kekuatan tulang pada orang dewasa.

Manfaat kalsium sangat vital, sehingga pemenuhan kalsium bagi tubuh setiap hari menjadi salah satu hal yang paling penting untuk di perhatikan.

Terlebih jika saat ini posisi Anda adalah sebagai ibu rumah tangga, maka Anda sudah seharusnya memperhatikan menu makanan yang Anda sajikan untuk keluarga sehari-hari.

Apakah sudah cukup asupan kalsium dan gizi lainnya?

Nah untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai jenis-jeins makanan yang mengandung kalsium tinggi yang bagus untuk di konsumsi sehari-hari.

Berikut ini adalah 5 makanan yang mengandung kalsium tinggi:

1. Susu

makanan yang mengandung kalsium tinggi

Jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi yang pertama adalah Susu.

Tentu saja hampir semua orang sudah  mengetahui jika susu mengandung kalsium yang tinggi. Akan tetapi Anda juga harus perhatikan jenis susu yang Anda gunakan.

Pilihlah susu yang tidak terlalu mengandung banyak gula. Kebanyakan susu terutama yang berjenis susu kental manis cenderung mengandung gula yang banyak.

Kalsium dalam susu adalah yang paling mudah untuk di cerna dan di serap oleh tubuh. Oleh karena itu Anda harus selalu memasukkan susu ke dalam pola makan sehat keluarga Anda.

Kalsium pada susu juga sangat baik untuk anak pada usia pertumbuhan, agar tulang mereka tumbuh sempurna dan menjadi lebih kuat.

2. Keju

makanan yang mengandung kalsium tinggi

Makanan yang mengandung kalsium tinggi selanjutnya adalah Keju. Makanan ini merupakan hasil dari olahan susu. Sehingga kandungan kalsium yang ada di dalam keju setara dengan susu.

Namun keju memiliki kelebihan jika di bandingkan dengan susu biasa karena kandungan laktosa yang ada di dalamnya jauh lebih rendah.

Bagi sebagian orang laktosa adalah zat yang dapat menimbulkan masalah pencernaan, dan ini terkandung banyak dalam susu.

Namun pada keju laktosa menjadi lebih rendah karena sudah melalui proses fermentasi. Keju juga sebaiknya sering Anda tambahkan ke dalam makanan Anda sehari-hari. Bisa dikreasikan dengan roti dan jenis makanan lainnya.

3. Yoghurt

makanan yang mengandung kalsium tinggi

Makanan yang mengandung kalsium tinggi selanjutnya yaitu Yoghurt. Tahukah Anda jika di dalam satu porsi yoghurt saja mengandung sedikitnya 400 mg kalsium?

Berarti jika Anda mengonsumsi satu porsi yoghurt berarti Anda sudah memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

Yoghurt juga memiliki manfaat lain selain dari kandungan kalsiumnya yang tinggi yaitu sebagai makanan yang menyehatkan pencernaan.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan bakteri baik atau yang sering di sebut dengan bakteri probiotik yang dapat menjaga kesehatan pencernaan bagi orang yang mengonsumsinya.

4. Ikan Salmon

makanan yang mengandung kalsium tinggi

Selain ketiga makanan di atas, satu lagi makanan yang mengandung kalsium tinggi yaitu ikan salmon. Berbeda dengan jenis ikan lainnya, kandungan kalsium di dalam ikan salmon cenderung lebih tinggi.

Ada sedikitnya 180 mg kalsium yang terkandung di dalam 150 g daging ikan salmon murni. Jika mengonsumsinya berarti Anda sudah memenuhi sekitar 20% kebutuhan kalsium harian Anda.

Daging ikan salmon sangat baik untuk di berikan kepada anak-anak dan balita.

Selain untuk menunjang kebutuhan tulangnya, ikan salmon juga mengandung banyak senyawa asam lemak esensial dan omega-3 yang sangat baik untuk membantu perkembangan otak bagi anak.

5. Brokoli

makanan yang mengandung kalsium tinggi

Makanan yang mengandung kalsium tinggi yang terakhir yaitu Brokoli.

Di antara sekian banyak sayuran hijau yang biasa kita konsumsi, brokoli adalah sayuran yang mengandung kalsium paling tinggi.

Kandungan kalsium pada brokoli hampir mirip dengan kalsium pada susu, mudah di cerna dan di serap. Selain mengandung kalsium yang banyak, brokoli juga kaya akan kandungan vitamin C dan serat.

Karena itulah brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang sangat baik untuk kesehatan.

Nah itulah 5 jenis makanan yang mengandung kalsium paling tinggi.

Jangan lupa untuk selalu mengombinasikan menu makanan sehari-hari Anda dengan bahan-bahan yang kaya akan kalsium agar Anda selalu sehat, tulang Anda kuat, dan terhindar dari berbagai penyakit.