Panduan Lengkap Cara Diet Sehat Golongan Darah B

Tipe golongan darah B memiliki imunitas yang kuat, sistem pencernaan yang toleran, bisa mengonsumsi banyak susu, dan pilihan dietnya pun paling fleksibel di antara golongan darah lainnya.

Beberapa konsumsi makanan yang tidak disarankan untuk melakukan diet sehat golongan darah B adalah gandum, wijen, jagung, ayam dan tomat. Kenapa begitu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tentang Diet Golongan Darah B

penjelasan tentang diet sehat golongan darah B

Golongan darah seseorang bisa menjadi kunci untuk menentukan asupan makanan terbaik agar kesehatan tubuh jadi optimal. Termasuk untuk tujuan menurunkan berat badan.

Diet semakin diminati banyak orang, tidak heran berbagai cara diet pun mulai bermunculan. Salah satunya diet golongan darah yang digagas oleh Dr. Peter D’Adamo, seorang dokter naturopati physician, pada tahun 1996.

Cara diet ini beliau susun dalam sebuah buku berjudul “Eat Right 4 Your Type”, yang laku keras di pasaran hingga masuk ke dalam jajaran buku terlaris New York Times yang telah terjual jutaan kopi hingga saat ini.

Golongan darah seseorang didasarkan pada jenis antigen (protein yang terdapat dalam sel darah merah dan plasma). Kehadiran dan ketidakhadiran antigen ini menentukan golongan darah yang kita miliki, apakah A, B, AB, O.

Dr. Peter D’Adamo mengungkapkan bahwa setiap jenis golongan darah mewakili sifat genetik nenek moyangnya masing-masing. Setiap golongan darah memiliki perbedaan yang sangat jelas dari beberapa aspek mulai dari nutrisi tubuh yang cocok, mindset memilih makanan, hingga jenis makanan yang dikonsumsi.

Beliau juga menambahkan bahwa hal ini bisa terjadi karena kandungan lektin pada makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna secara berbeda oleh setiap golongan darah. Jika tidak sesuai, biasanya tubuh akan merespons menjadi beberapa rasa sakit khususnya di organ pencernaan.

Oleh karenanya, makanan dalam diet golongan darah dikategorikan menjadi tiga, yaitu bermanfaat, netral, dan harus dihindari.

Makanan bermanfaat dianggap dapat bekerja sebagai obat, makanan netral merupakan asupan untuk tubuh, dan makanan yang harus dihindari dianggap sebagai racun. Tulisan ini akan membahas secara khusus diet sehat golongan darah B.

Karakteristik Golongan Darah B

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja makanan yang cocok untuk golongan darah B, sebaiknya kita harus mengenal dulu ciri-ciri atau karakteristiknya.

Orang yang memiliki golongan darah B memiliki jalur keturunan yang kuat dengan suku kuno dahulu yang sering berpindah tempat tinggal (nomaden). Oleh karena itu, tipe golongan darah ini memiliki imunitas yang kuat, sistem pencernaan yang toleran, bisa mengonsumsi banyak susu, dan pilihan dietnya pun paling fleksibel di antara golongan darah lainnya.

Tipe golongan darah B umumnya memiliki daya tahan yang baik terhadap penyakit degeneratif/kronis seperti kanker atau gangguan jantung. Namun, mereka rentan terhadap penyakit infeksi seperti sinus, infeksi saluran kemih, diare, dan infulenza.

Kelebihan tipe golongan darah B juga mampu menghancurkan lemak dalam tubuh sehingga disebut “mudah kurus”, namun juga memiliki masalah pada insulin. Maka membatasi makanan yang mengandung gula berlebih adalah pilihan yang bijak dalam diet golongan darah B.

Aturan Makan Dan Cara Diet Sehat Golongan Darah B

panduan makanan diet golongan darah b

Berikut aturan makan dalam diet sehat golongan darah B yang dapat menjadi panduan makan sehari-hari agar mendapatkan tubuh yang kurus dan ideal.

1. Daging

Tidak seperti diet golongan darah O yang lebih bebas dalam mengonsumsi daging, orang dengan golongan darah B harus membatasi konsumsi daging dari kelompok unggas.

Jenis daging yang dianjurkan: kalkun, daging sapi, hati sapi, kambing, domba, kelinci, daging sapi muda (beef).

Yang dihindari: ayam, burung, bebek, angsa, puyuh, jeroan, kuda, babi, daging di kelenjar perut, penyu.

2. Sayuran

Sangat sedikit sayuran yang tidak diperbolehkan dalam diet golongan darah B. Jadi pemilik golongan darah ini bebas untuk mengonsumsi berbagai sayuran dengan porsi yang banyak dan sering.

Jenis sayuran yang dianjurkan: Bit hijau, bit, brokoli, kubis brussel, kubis/kol, wortel, kembang kol, terong, paprika

Yang dihindari: Artichoke, jagung, labu, lobak, rhubarb, tomat.

3. Buah

Sebagaimana sayuran, buah-buahan yang dihindari pun sangat sedikit. Berbagai olahan buah-buahan yang nikmat juga bisa menjadi pilihan camilan dalam diet golongan darah B.

Buah-buahan yang dianjurkan: pisang, kranberi, anggur, nanas, pepaya, plum/prem, semangka.

Yang dihindari: Alpukat, kelapa, kesemek, delima, buah kaktus, belimbing.

4. Kacang-Kacangan

Untuk diet tipe darah B ini, tidak ada jenis kacang atau biji-bijian yang paling direkomendasikan. Tetapi sebagian besar kacang-kacangan boleh-boleh saja dimakan.

5. Susu

Kelompok golongan darah B termasuk bisa mengonsumsi banyak susu. Hanya sedikit batasan jenis makanan olahan susu yang boleh dikonsumsi dalam diet ini.

Susu dan olahannya yang dianjurkan: cottage cheese, susu sapi, keju feta, goat cheese, susu kambing, keju mozarella, yoghurt, keju paneer.

Yang dihindari: american cheese, blue cheese, es krim, string cheese.

6. Karbohidrat Berpati

Pilihan makanan seperti tepung beras, sereal, nasi, tepung terigu dan sereal bisa jadi pilihan terbaik untuk memilih makanan yang mengandung karbohidrat.

7. Minuman

Konsumsi cukup air sangat lah penting untuk meluruhkan lemak dan memudahkan pencernaan.

Minuman yang dianjurkan: air putih, susu, jus buah.

Yang dihindari: soda.

Rekomendasi Gaya Hidup dan Olahraga Untuk Golongan Darah B

olahraga yang tepat untuk diet cepat kurus golongan darah b

Stres adalah masalah besar yang harus dihindari tipe golongan darah ini. Belajarlah untuk mengatur waktu dengan membuat skala prioritas, juga membina hubungan yang baik dengan keluarga dan sekitar.

Jenis olahraga yang disarankan pun berkaitan dengan pengelolaan dan penghindaran stres atau situasi yang penuh tekanan.

Pilihan olahraga yang cocok di antaranya taichi dan yoga karena berguna untuk menyeimbangkan karakter mereka yang cenderung lebih aktif.

Pastikan juga Anda memiliki waktu tidur yang cukup. Rekomendasi gaya hidup dan olahraga ini penting untuk mendukung kesuksesan diet sehat golongan darah b.

Catatan Mengenai Diet Golongan Darah B

1. Rekomendasi diet berdasarkan golongan darah ini sebaiknya lebih diwaspadai jika diterapkan oleh penderita penyakit tertentu, seperti diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan penyakit ginjal.

Jika Anda memiliki riwayat penyakit di atas, rekomendasi ini bisa jadi tidak lagi sesuai untuk Anda.

2. Di sini juga perlu diluruskan bahwa jenis-jenis makanan yang perlu dihindari tidak lantas harus benar-benar dihapuskan dari daftar menu belanja Anda. Boleh jadi pada kondisi tertentu, Anda perlu mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut.

3. Meski rekomendasi ini sepertinya menarik, tapi sebagian ahli gizi tidak merekomendasikan cara ini. Terdapat kritik terhadap teori diet golongan darah ini karena kurangnya bukti ilmiah, baik mengenai aturan makan maupun aturan olahraga.

Selain itu, timbul kesulitan saat penerapannya terutama karena tidak ada pengukuran kalori dan lemak serta pilihan makanan yang terbatas.

Salah satu yang menolak diet ini adalah Katherine Zaratsky, seorang ahli gizi dari Mayo Clinic, yang mengatakan bahwa diet sehat golongan darah belum didukung oleh bukti ilmiah sehingga tidak efektif.

Upaya penurunan berat badan sebaiknya difokuskan pada pengembangan kebiasaan makan dan olahraga yang sehat yang dapat diikuti seumur hidup.

4. Tidak selalu diet golongan darah ini berhasil menurunkan berat badan. Beberapa orang justru bisa menurunkan berat badan hanya dengan mengurangi konsumsi makanan junkfood dan makanan tinggi gula.

Keep smart, dan selamat mencoba!