Panduan Lengkap Cara Diet Sehat Golongan Darah O

Cara diet untuk golongan darah O bisa jadi jawaban atas kegalauan Anda terhadap berat badan yang sulit turun itu. Memang hari ini diet sudah sangat digemari banyak orang baik laki-laki maupun wanita, karena menjanjikan hidup yang lebih sehat dan bentuk tubuh yang lebih ideal.

Meskipun saat ini sudah ada banyak sekali jenis-jenis diet, namun diet sesuai golongan darah ternyata juga cukup menarik untuk dicoba.

Artikel ini khusus dibuat untuk Anda, para pembaca yang memiliki golongan darah O. Yuk, simak dulu penjelasannya di bawah ini.

Haruskah Diet Dilakukan Sesuai Golongan Darah?

asal usul diet golongan darah

Berbagai cara dilakukan seseorang untuk membuat penampilannya lebih menarik. Salah satunya menurunkan berat badan hingga batas ideal melalui upaya diet atau pengaturan pola makan.

Seorang peneliti sekaligus seorang dokter terapis profesional, Dr. Peter D’Adamo memaparkan satu jenis diet yang hingga saat ini menjadi pilihan bagi banyak orang yakni diet sesuai golongan darah.

Semenjak dianugerahi Physician of the Year oleh American Association of Naturopathic Physicians pada tahun 1990, Dr. D’Adamo menulis sebuah buku berjudul “Eat Right 4 Your Type” yang menjelaskan bagaimana teknisnya diet golongan darah itu.

Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1996 dan langsung diserbu banyak orang dan akhirnya menjadi buku Best Seller versi New York Times yang telah terjual jutaan eksemplar. 

Sesuai penjelasan di dalam bukunya, Dr. Peter D’Adamo memaparkan bahwa tipe golongan darah menjadi kunci utama pada aspek kesehatan dan kehidupan seseorang, termasuk dalam hal berdiet guna menurunkan berat badan.

Pastinya Anda pernah menemui teman atau kerabat Anda yang bisa diet dan memiliki badan langsing dengan sangat mudah, tanpa harus olahraga dan menjaga ketat makanan-makanannya.

Di sisi lain, Anda juga sering melihat seseorang yang sangat kesusahan dalam diet. Atau kasus saat seseorang bisa dengan mudah hidup sehat dan segar meski sudah pensiun lama, sementara yang lainnya harus berjuang menghadapi berbagai penyakit kronis.

Menurut Dr. Peter D’Adamo, itu karena golongan darah mereka!

Dr. Peter D’Adamo menjelaskan bahwa dengan mengerti karakteristik golongan darah yang Anda miliki akan mempermudah memahami bagaimana tubuh Anda bertindak dalam merespons makanan, menangkal serangan penyakit, menghindari stres, mencari kesenangan atau hiburan dst.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri dan karakteristik tipe golongan darah yang Anda miliki.

Dalam aturan diet golongan darah O, terdapat pembagian makanan menjadi tiga jenis yakni makanan yang disarankan, netral, dan harus dihindari.

Layaknya sebuah obat, makanan yang disarankan sebaiknya Anda pilih untuk dijadikan menu diet sehari-hari. Makanan netral bisa jadi pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan tubuh, sedangkan makanan yang harus dihindari bisa jadi dianggap racun oleh darah Anda.

Aturan Makan Dan Pantangan Pada Diet Sehat Golongan Darah O

Tipe golongan darah O mempunyai kemampuan yang efisien dalam mencerna daging namun memiliki risiko masalah pada kelenjar tiroid.

Diet sehat golongan darah O difokuskan pada konsumsi iodium yang terkandung dalam makanan laut untuk membantu berfungsinya hormon tiroid, juga makanan tinggi protein dari daging.

Karakteristik golongan darah O sangat cocok menjalani diet Paleo seperti orang terdahulu yang hidup dengan berburu dan menjadikan hewan hasil buruan tersebut sebagai makanannya.

Jadi diet sehat golongan darah O akan sangat dekat dengan makanan serba daging. Di sisi lain, mereka juga punya keluhan akan asam perut yang terlalu tinggi sehingga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bersantan dan berlemak tinggi.

Berikut ini daftar lengkap aturan makan diet sehat golongan darah O yang harus Anda patuhi dan jadikan menu diet Anda:

1. Daging

dagin makanan yang tepat untuk golongan darah o

Orang dengan golongan darah O dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein dari daging juga iodium yang terkandung dalam makanan laut untuk membantu berfungsinya hormon tiroid.

Makanan yang dianjurkan: daging sapi, daging domba, kambing, dan rusa. Untuk ikan laut, yang paling bagus dikonsumsi adalah ikan kod, makarel, dan haring.

Yang dihindari: daging angsa, babi, salmon asap, ikan lele, gurita, kerang, dan kaviar

2. Sayuran

sayuran makanan diet golongan darah o

Diet sehat golongan darah O cukup selektif dalam jenis sayur-sayuran karena bisa menyebabkan masalah iritasi pada saluran cerna, kondisi arthritis, hingga peningkatan hormon insulin yang bisa menimbulkan berbagai sindrom metabolik.

Sayuran yang dianjurkan untuk diet sehat golongan darah O adalah sayuran hijau yang kaya mineral.

Berikut ini jenis-jenis sayuran yang dianjurkan untuk golongan darah O: kangkung, selada, brokoli, bayam, bawang, labu, dandelion, paprika merah, okra, artichoke, lobak, peterseli, rumput laut, kale, sawi, dan jahe.

Makanan pantangan: kubis brussel, kol, jagung, kembang kol, jamur shitake, kentang, terong, kecambah, dan sayuran acar.

3. Buah

buah makanan diet yang bagus untuk golongan darah o

Diet sehat golongan darah O bisa menggunakan buah untuk membantu mengatur asam lambung yang sering menjadi masalah utama tipe golongan darah ini.

Buah yang dianjurkan untuk golongan darah O: buah ceri, buah ara, plum, jeruk bali, dan beri-berian seperti raspberry, cranberry, dan gooseberry. Apel, persik, anggur, pir, dan pisang juga bisa dinikmati dua kali seminggu.

Yang dihindari: melon, jeruk, blewah, kelapa dan produk kelapa seperti santan.

4. Kacang-Kacangan

kacang kacangan makanan yang cocok untuk diet golongan darah o

Terdapat kacang-kacangan yang baik untuk golongan darah O namun ada juga yang menyebabkan masalah (terutama terkait masalah kelenjar tiroid).

Diet sehat golongan darah O perlu cermat dalam memilih kacang-kacangan karena tubuhnya kurang bisa mencernanya dengan baik.

Yang dianjurkan: Kacang kedelai, kacang hitam (black eyed peas), kacang adzuki.

Yang dihindari: kacang merah, kacang hijau, kacang mete, pistachio, lentil, kacang tanah, produk selai kacang dari jenis kacang-kacangan yang disebut sebelumnya.

5. Susu

susu minuman yang tepat untuk diet golongan darah o agar cepat kurus

Bagi golongan darah O semua produk susu harus dihindari karena masalah asam perut yang terlalu tinggi. Tapi Anda masih bisa mengonsumsi keju mozarella, susu kedelai, dan mentega asalkan dalam jumlah yang kecil.

6. Gandum

Sama halnya dengan produk susu, diet sehat golongan darah O juga tidak bisa mengonsumsi produk dari gandum. Alasannya sama, karena masalah asam di perut. Jadi pastikan untuk meminimalkan konsumsi produk-produk berbahan gandum.

Yang dianjurkan: gandum hitam, beras, esens untuk roti.

Pantangan: jagung, gandum, oat, produk tepung seperti roti dan mie.

7. Makanan jenis lainnya

Golongan darah O memberikan respons yang baik pada minyak dan beberapa jenis makanan lain.

Yang dianjurkan: minyak zaitun, minyak biji rami, minyak wijen, minyak canola, makanan berbumbu dari rumput laut, kari, cabai rawit, peterseli, garam beryodium, madu, kakao, cokelat.

Yang dihindari: minyak kacang, minyak jagung, minyak biji kapas, minyak bunga matahari, lada hitam, lada putih, kayu manis, sirup jagung, tepung jagung, vanili, pala, cuka, acar, kecap, cemilan yang terlalu banyak menggunakan gula halus, dan mayonaise.

8. Minuman

Yang dianjurkan: air putih dan teh.

Yang dihindari: kopi, susu, teh hitam, dan minuman beralkohol.

Rekomendasi Gaya Hidup dan Olahraga Golongan Darah O

Olahraga rutin dan teratur adalah gaya hidup paling direkomendasikan bagi golongan darah O. Bahkan olahraga ini bisa jadi kunci penting keberhasilan diet sehat golongan darah O. Lebih bagus lagi jika dikombinasikan dengan diet OCD.

Olahraga seperti apa yang dianjurkan?

Olahraga yang membutuhkan kecepatan, refleks, dan ketahanan badan sangat tepat bagi tipe golongan darah O karena mereka lebih suka menjadi pribadi yang kuat layaknya seorang atlet.

Contoh pilihan olahraga yang cocok adalah fitnes, gym, lari, aerobik, dan pliometrik. Manfaatkan juga aktivitas olahraga untuk melatih dan mengendalikan emosi supaya stres tidak berlebihan dan untuk meningkatkan mood.

Kesimpulan

Setiap golongan darah memiliki karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda dalam bereaksi terhadap makanan, kebutuhan olahraga, dan hasil diet yang dilakukan.

Jadi pastikan untuk selalu mengenal terlebih dahulu bagaimana tipe golongan darah Anda sebelum memutuskan diet apa yang cocok untuk Anda.

Selamat mencoba!