Termanjur! Cara Mengempeskan Jerawat Dalam 1 Malam

Jerawat memang sering muncul di saat-saat genting. Padahal besok mau presentasi dia malah muncul. Lebih-lebih jika letaknya di dekat hidung dan ukurannya besar membengkak, oh menyebalkan sekali.

Lebih menyebalkan lagi jika besok Anda harus ketemuan dengan “someone special” atau bahkan ada meeting penting tapi jerawat tiba-tiba muncul. Bisa dipastikan sedikit banyak hal ini akan mengganggu emosi jiwa dan membuat Anda menjadi…

sebel.

sebel karena harus bisa mengempeskan jerawat dalam semalam

Karena itulah Anda harus menemukan bagaimana caranya bisa menghilangkan jerawat bengkak ini dalam semalam, secepat dan semanjur mungkin.

Apakah ada cara seperti itu?

Sulit dipastikan, tapi hal ini bukan juga sebuah hal yang mustahil. Tetap ada upaya-upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengempiskan jerawat yang bengkak itu dengan cepat.

Karena itulah pada kesempatan ini caramanjur.com akan coba ulas cara-cara tercepat untuk membuat jerawat yang bengkak, memerah, dan meradang menjadi kempes dalam waktu yang singkat, dan bahkan bisa saja terjadi dalam satu malam !

Pertama, pahami dulu apa yang menyebabkan jerawat menjadi bengkak

Bengkak pada jerawat itu disebabkan karena adanya inflamasi.

Begini penjelasannya:

Jerawat muncul saat terjadi penyumbatan pada folikel rambut yang ada di bawah kulit. Penyumbatan ini menyebabkan sebum (zat minyak kulit) dan sel-sel kulit mati bertumpuk. Hal ini akan mengundang datangnya bakteri Propionibacterium acnedan beberapa jenis bakteri lainnya.

Selanjutnya sebagai respon pertahanan, maka terjadilah inflamasi.

Sederhananya inflamasi ini muncul untuk memberikan sinyal agar tubuh mengirim sel-sel darah putih dan antibodi lain untuk melawan infeksi yang terjadi di jerawat tersebut, sebagai sebuah mekanisme pertahanan tubuh. Kira-kira seperti itu penjelasan sederhananya.

sel darah putih bisa mengempeskan jerawat dalam semalam

Jika ingin memahami secara mendetail, Anda bisa membaca artikel ini:

Penyebab dan Proses Munculnya Jerawat

Nah jadi intinya, bengkak pada jerawat tersebut terjadi karena adanya inflamasi. Dan pada saat itu pula sistem imun Anda sedang melakukan perlawanan untuk mengatasi infeksi yang terjadi di dalamnya.

Itulah alasan mengapa terkadang pada saat isi jerawat dikeluarkan, Anda akan menemukan cairan kental berwarna putih seperti nanah. Itu adalah sisa-sisa sel darah putih yang gugur di medan pertempuran – membela Anda.

Umumnya bengkak pada jerawat ini tidak akan berlangsung lama, namun ada beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan sehingga membuatnya bertambah parah. Di antaranya:

1. Memegang-megang jerawat. Ini akan meningkatkan risiko infeksi, karena tangan Anda belum tentu steril dan bebas dari kuman.

2. Terlalu sering mencuci muka.Mungkin masih banyak yang belum tahu jika mencuci muka terlalu sering justru membuat jerawat menjadi tambah parah. Hal ini sudah pernah di ulas di artikel ini:

3 Alasan Mengapa Mencuci Muka Dapat Membuat Jerawat Bertambah Parah

3. Terjadi infeksi sekunder.

4. Anda memang memiliki jenis jerawat yang parah. Jenis jerawat yang terjadi pada setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang ringan, ada pula yang parah. Sebelum melakukan tindakan perawatan sebaiknya Anda pahami dulu jenis jerawat apa yang saat ini sedang Anda alami.

Anda bisa membaca ulasan lengkapnya di artikel ini:

Jenis-jenis Jerawat: Mana Yang Paling PARAH???

Baiklah, sekarang Anda sudah mengetahui apa sebenarnya yang membuat jerawat menjadi bengkak dan merah.

Selanjutnya adalah melakukan langkah yang tepat untuk membuatnya segera kempes, kalau bisa dalam semalam.

Apakah jerawat yang bengkak itu bisa kempes hanya dalam 1 malam?

Anda pasti akan bertanya-tanya apakah benar dalam 1 malam jerawat bisa kempes?

Jawabannya adalah bisa. Jerawat bisa kempes dalam semalam. Masalahnya, ini bukanlah hal yang bisa dipastikan akan berhasil pada setiap orang.

Hasilnya relatif akan berbeda-beda, tergantung dari parah/tidaknya jerawat itu sendiri – kembali lagi ke poin-poin di atas.

Tapi pada kesempatan kali ini kami akan berikan rangkuman beberapa cara yang di percaya paling ampuh dan cepat untuk bisa mengempeskan jerawat.

Berikut Ini Adalah Cara Mengempeskan Jerawat Dalam Semalam Yang Paling Ampuh:

1. Kompres Dengan Es Batu

mengempeskan jerawat dalam semalam dengan kompres es batu

Ini adalah cara paling umum untuk meredakan pembengkakan.

Dengan cara mengompres bagian yang bengkak menggunakan es batu, maka bengkak tersebut bisa berkurang.

Hal ini karena suhu dingin dari es batu akan memperlambat metabolisme dan seluruh proses yang terjadi pada sel, juga mempersempit pembuluh darah. Sehingga inflamasi dan pembengkakan bisa dikurangi.

Untuk jenis jerawat yang ringan, beberapa orang bahkan terkadang mengeluarkan terlebih dahulu isi jerawat tersebut dengan cara di pencet, baru setelah itu di kompres dengan es batu.

Tapi ini tidak disarankan. Tidak semua jerawat jika di pencet akan sembuh, bahkan hal ini justru berisiko menyebabkan bekas luka yang hitam dan bopeng nantinya.

2. Oleskan Tea Tree Oil

tree tea oil alami 100 persen asli ampuh atasi jerawat

Cara membuat kempis jerawat yang bengkak dengan cepat dalam 1 malam yang kedua adalah dengan mengoleskan tea tree oil.

Tentunya Anda sudah pernah mendengar minyak ajaib yang satu ini kan?

Tea tree oil merupakan salah satu bahan yang cukup terkenal untuk menghilangkan jerawat secara alami. Ia dapat berperan sebagai anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat dipakai secara topikal pada jerawat.

Bahkan tea tree oil dapat memberikan efek yang sama manjurnya dengan benzoil peroksida jika cocok.

Tea tree oil yang dioleskan pada jerawat mampu meresap masuk ke dalam pori-pori, menghentikan infeksi, dan mengurangi pembengkakan.

Namun minyak ini cukup keras, jadi tidak boleh digunakan secara sembarangan. Anda harus mencobanya sedikit pada bagian kulit tangan terlebih dahulu. Jika tidak terjadi reaksi iritasi, maka pemakaian bisa diteruskan.

Cara penggunaannya cukup mudah, cukup oleskan minyak tea tree oil pada jerawat yang bengkak dengan menggunakan cotton bud lalu diamkan hingga mengering.

Jika beruntung, maka jerawat Anda bisa kempis keesokan paginya.

3. Menggunakan Masker Madu

mengempeskan jerawat dalam semalam dengan madu

Madu tidak hanya manis dan legit rasanya saja, ia juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Madu sudah sejak lama digunakan sebagai obat luka. Bahkan sejak peradaban Mesir kuno, penggunaan madu sebagai obat sudah dilakukan. Saat itu madu digunakan sebagai obat untuk mengobati luka para prajurit perang.

Dan setelah dilakukan penelitian, terbukti memang madu memiliki khasiat untuk mempercepat penyembuhan luka, meredakan inflamasi, dan mematikan bakteri.

Rangkuman mengenai khasiat masker madu lengkap dengan sumber penelitian-penelitian yang sudah dilakukan terhadap madu bisa Anda baca di artikel ini:

Masker Madu Untuk Jerawat: Fakta, Khasiat, & Cara Membuatnya

Penggunaan masker madu sebenarnya dilakukan jika jumlah jerawat yang Anda derita itu cukup banyak. Tapi jika cuma ada satu, di bibir atas dekat hidung misalnya, maka cukup dengan penggunaan secara topikal saja.

Maksudnya madu hanya di pakai pada jerawatnya langsung, tidak digunakan sebagai masker secara menyeluruh pada wajah.

Perhatian!

Kami tidak menjamin cara-cara di atas akan berhasil pada Anda. Jika ingin mencobanya, maka sepenuhnya hal tersebut menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

4. Pergilah Ke Dokter Kulit atau Dermatologist

mengempeskan jerawat dalam semalam dengan pergi ke dokter

Cara mengempeskan jerawat dengan cepat dalam satu malam yang sudah dibahas tadi adalah cara-cara alami yang praktis dan mudah dilakukan.

Ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya yaitu hemat biaya, mudah, dan praktis. Namun hasilnya untung-untungan. Jika cocok maka bisa saja manjur, namun bisa juga tidak.

Nah bagi Anda yang kebetulan perlu sekali untuk menghilangkan jerawat tersebut dalam satu malam, karena besok yang akan ditemui itu adalah orang yang super penting – presiden misalnya, maka baiknya relakan sedikit budget untuk dipakai ke dokter kulit atau dermatologist.

Di sana Anda akan mendapatkan anjuran yang tepat, dan obat yang paling manjur.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan ke mereka yang juga lagi “genting” dengan jerawatnya ya!