5 Jenis Diet Untuk Menurunkan Berat Badan 10 Kg Dengan Cepat

Menurunkan berat badan 10 kg bisa dilakukan dengan banyak cara. Berbagai cara diet yang belakangan semakin populer bisa menjadi pilihan, mulai dari diet ketofastosis hingga diet OCD.

Anda bisa memilih diet yang cocok dengan tubuh dan aktivitas Anda sehari-hari. Perhatikan juga batasan diet agar tubuh tetap sehat.

Berikut ini adalah 5 jenis diet terbaik untuk menurunkan berat badan 10 Kg secara alami dalam waktu yang relatif cepat:

1. Diet Ketofastosis

turun 10 kg dengan diet ketofastosis

Diet ketofastosis yaitu metode diet gabungan dari diet ketogenik dan fastosis.

Diet ketogenik adalah pola diet yang menekankan pada pengurangan asupan karbohidrat, menambahkan asupan lemak, dan protein sedang.

Pola ini memaksa tubuh untuk menggunakan lemak yang ada di dalam tubuh sebagai energi.

Lemak yang boleh dikonsumsi hanya jenis lemak sehat seperti lemak yang terdapat dalam alpukat, kelapa, kacang Brazil, biji-bijian, dan minyak zaitun.

Sedangkan fastosis singkatan dari “fasting on ketosis” yang artinya puasa di saat kamu mengalami fase ketosis.

Fastosis merupakan waktu-waktu saat Anda mengembalikan kehidupan alami Anda dengan pola makan manusia sebenarnya. Maksudnya adalah pola penyeimbangan waktu makan.

Pola puasa dalam diet ini dapat dimulai saat jam 8 malam (setelah makan malam) hingga jam 12 siang esoknya (saat jam makan siang), sehingga total puasa IF (intermitten fasting) adalah 16 jam.

Pengaturan jam untuk memulai puasa IF bersifat fleksibel sesuai dengan jadwal yang diinginkan, namun tetap mengacu pada batas puasa minimum yaitu 16 jam, dan dapat ditingkatkan hingga 23 jam.

Seperti halnya puasa pada umumnya, tidak boleh ada makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh untuk dijadikan sumber kalori selama berpuasa. Hal ini bertujuan untuk menghambat produksi insulin dalam tubuh yang biasa digunakan untuk mencerna kalori yang masuk dalam tubuh.

Puasa IF ini juga akan merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon HGH (Human growth hormones) dan glukagon serta regenerasi tubuh. Kedua hormon ini sangat penting untuk diet, karena tugasnya untuk mengambil dan membersihkan lemak yang banyak tersebar dan tertumpuk di dalam tubuh untuk dicerna sebagai bahan metabolisme tubuh.

Diet ketofastosis ini sudah mendapatkan banyak testimoni positif. Salah satu alumninya mampu menurunkan berat badan 17 kg dalam 6 bulan pertama. Sangat hebat bukan?

2. Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg dengan Diet OCD

diet ocd untuk menurunkan berat 10 kg dalam satu minggu

OCD adalah singkatan dari Obsession Corbuzier Diet. Sesuai namanya, diet ini memang dicetuskan oleh seorang mentalis sekaligus selebritis tanah air, Deddy Corbuzier, pada tahun 2013 lalu.

Di awal kemunculannya, diet ini banyak menuai kontra. Namun nyatanya, kini semakin banyak yang mengikuti diet ini dan memberikan testimoni yang positif setelah mengikuti program diet ini. Deddy Corbuzier sendiri menjadi bukti nyata dari keberhasilan diet ini.

Diet OCD banyak digemari kaum pria, namun cara diet OCD untuk wanita juga mulai banyak digemari.

Diet OCD bisa dikatakan cukup unik. Dalam satu hari, pada periode waktu tertentu Anda dibolehkan makan apa saja sesuka hati namun tetap dalam batas sewajarnya atau tidak gila makan.

Pada periode waktu yang lain Anda tidak diperbolehkan makan sama sekali kecuali air putih. Periode waktu ini dikenal dengan istilah jendela makan. Jendela makan bisa dimulai 3-4 jam setelah bangun tidur.

Pada saat jendela makan terbuka, Anda diperbolehkan makan apa saja sewajarnya, lama waktu jendela makan terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu 8 jam, 6 jam, dan 4 jam, dan yang paling tinggi ialah puasa 24 jam.

Setelah jendela makan tertutup, artinya waktu makan berakhir dan Anda hanya dibolehkan minum air putih saja hingga jendela makan di hari selanjutnya dibuka. Khusus puasa 24 jam, Anda hanya dibolehkan makan di satu waktu, kemudian puasa kembali hingga 24 jam ke depan.

Pelaku diet OCD banyak mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Umumnya penurunan berat badan terjadi sebanyak 4 kg selama satu minggu.

3. Diet Mayo: Tebukti turunkan berat badan 5 Kg dalam 12 hari

diet mayo yang bisa turunkan berat badan dalam 1 minggu

Pernah dengar diet Mayo?

Diet mayo adalah salah satu jenis diet yang dilakukan dengan lebih memilih konsumsi makanan berkarbohidrat rendah dengan tinggi lemak yang ditambah dengan buah grapefruit. Buah ini dijadikan sebagai salah satu menu diet paling utama pada jenis diet ini.

Bahkan, orang lebih sering menyebut diet jenis ini dengan nama diet grapefruit.

Diet grapefruit ini dikatakan dapat menurunkan berat badan hingga 5 kg hanya dalam 12 hari dengan memaksimalkan enzim pembakar lemak. Jenis diet ini sangat bisa Anda jadikan sebagai alternatif untuk menurunkan berat badan 10 kg.

Selain karbohidrat, diet mayo juga membatasi asupan garam selama 13 hari penuh. Artinya, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi garam atau makanan yang mengandung garam.

Dengan cara ini, Anda bisa lebih cepat kehilangan berat badan karena tubuh akan memproses seluruh cadangan garam yang mengikat cairan dalam tubuh.

Namun perlu diingat, bahwa diet mayo harus Anda patuhi selama 13 hari penuh tanpa jeda. Tidak boleh gagal sehari pun. Sekali saja Anda gagal, maka Anda harus mengulanginya lagi dari awal. Jadi, Anda juga harus memperhatikan beberapa pantangan diet yang sebaiknya Anda pelajari lebih jauh.

4. Diet Shake

diet shake untuk menurunkan berat badan 10 kg

Cara menurunkan berat badan 10 Kg dengan cepat juga bisa dilakukan dengan melakukan diet shake.

Inti dari diet shake adalah dengan menjadikan menu shake (susu untuk diet) yang rendah kalori sebagai menu utama.

Mengganti menu sarapan dengan makanan rendah kalori terbukti sukses menurunkan berat badan hingga tingkat keberhasilan mencapai 93%.

Hal ini dipublikasikan melalui sebuah hasil penelitian dari Nutrition Jurnal tahun 2010. Dari 90 orang dewasa yang mengalami obesitas kemudian diatur sedemikian rupa untuk memasuki program diet dengan cara mengganti menu sarapan selama 16 minggu. Hasilnya 93% dari mereka terbukti berhasil menurunkan berat badannya secara signifikan.

Banyak sekali testimoni positif setelah menjalankan diet shake. Penurunan berat badan bisa terjadi 3-4 kg dalam 2 minggu sehingga bisa menjadi alternatif cara menurunkan berat badan 10 kg dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan.

Diet shake banyak digemari oleh mereka yang menyukai kepraktisan. Juga dapat diandalkan ketika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja dan menyiapkan makanan sehat.

5. Diet Raw Food

diet raw food bisa turunkan berat badan 10 kg

Raw food itu artinya bahan mentah atau bahan dasar yang belum dimasak. Jadi diet raw food itu diet yang menunya sebagian besar bahan mentah. Atau jika ingin diolah tidak boleh terkena panas lebih dari 400 Celcius. Angka tersebut menjadi acuan pengolahan agar seluruh nutrisi dalam makanan tidak sampai pecah dan rusak.

Ini mirip seperti pola makan orang zaman dahulu yang terbukti lebih sehat dan lebih memiliki umur yang panjang.

Diet raw food juga banyak membawa kesembuhan dari berbagai penyakit, khususnya penyakit kronis, dan membuat tubuh terasa lebih muda dan bugar. Penurunan berat badan pun disebut sebagai salah satu efek positif dari diet ini. Dalam waktu beberapa bulan, diet ini bisa menjadi cara menurunkan berat badan 10 kg secara alami dan sehat.

Berat badan yang turun drastis dengan cepat ternyata kurang baik untuk kesehatan

Sebenarnya berat badan yang turun drastis lewat diet ketat tidaklah baik untuk kesehatan. Tubuh yang kehilangan berat badan secara cepat, akan mengurangi nilai massa otot dan kehilangan banyak cairan tubuh.

Jadi diet ketat yang menjanjikan hasil cepat dalam waktu singkat tidak pernah disarankan oleh ahli gizi atau pakar kesehatan mana pun.

Penurunan berat badan yang dianjurkan hanya sebesar 0,5-1 kg/minggu.

Sebagai target berat badan yang ingin dicapai dalam diet, Anda bisa menghitungnya dengan Indeks Massa Tubuh / IMT dengan cara berat badan (kg) dibagi dengan tinggi badan kuadrat (m2) atau bisa juga menghitungnya dengan mudah menggunakan tabel berikut:Tabel indeks massa tubuhJika hasil IMT antara 18-24 maka berat badan Anda sudah dalam kategori normal. Jika IMT Anda masih di atas 24 maka Anda masih perlu menurunkan berat badan lagi. Berat badan normal ini perlu diketahui untuk menjadi batasan agar diet ketat tidak dijalani secara paksa sehingga berbahaya bagi kesehatan.

Perhatikan juga alarm tubuh dan ada baiknya juga Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara menurunkan berat badan 10 kg yang tepat.

Penutup

Memiliki berat badan ideal dan proporsional tidak hanya menjadi impian bagi banyak orang, tapi juga bisa menjamin penampilan yang menarik.

Ragam cara diet gencar diperkenalkan untuk menjadi pilihan, mulai dari diet sehat hingga diet ketat. Bagi Anda yang sedang mengharapkan penurunan berat badan yang signifikan, kelima jenis diet di atas bisa menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan 10 kg dalam waktu yang relatif cepat.

Selamat mencoba!