FG Troches Meiji: Dosis, Aturan Pakai, & Efek Sampingnya

FG Troches Meiji adalah obat yang biasa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokkan, sariawan, amandel, radang tenggorokkan, infeksi gusi, serta gangguan pada mulut dan tenggorokan lainnya.

Obat ini termasuk ke dalam jenis obat hisap yang komposisinya terdiri dari dua jenis zat antibiotik yang utama yaitu Gramicidin dan Fradiomycin.

Bentuk FG Troches Meiji

Sekilas FG Troches Meiji Fradiomycin Gramicidin ini memang terlihat seperti permen, dari rasanya pun mirip dengan permen rasa jeruk.

Tapi FG Troches Meiji ini tidak boleh di konsumsi sembarangan tanpa dosis dan takaran yang tepat karena justru akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tenggorokkan dan mulut Anda.

FG Troches Meiji Untuk Obat Apa Saja?

Masih sering terdengar pertanyaan mengenai FG Troches ini bisa digunakan untuk obat apa saja? FG Troches Meiji merupakan jenis obat antibiotik khusus untuk mengobati gangguan di sekitar mulut dan tenggorokkan.

Namun dalam penggunaannya Anda harus mendapat resep dari dokter.

FG Troches Antibiotik atau bukan?

Ya, FG Troches adalah jenis obat antibiotik. Bukan permen pelega tenggogorkan.

FG Troches Untuk Ibu Hamil?

Apakah aman mengonsumsi FG Troches Meiji bagi Ibu hamil?

Sebenarnya obat ini tidak boleh di konsumsi sembarangan terlebih bagi Ibu hamil. Ada dosis, aturan pakai, dan efek samping yang benar-benar harus dipahami terlebih dahulu.

Khusus untuk penggunaan pada ibu hamil haruslah berada di bawah pengawasan dokter. Dalam penggunaannya Anda harus mendapatkan resep dosis yang tepat.

Sama halnya dengan penggunaan FG Troches untuk ibu menyusui, Anda juga harus melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Aturan Pakai FG Troches Meiji, Dosis, Komposisi, Indikasi, Dan Kontraindikasi

Simak penjelasan berikut ini tentang dosis dan cara pemakaian FG Troches:

Komposisi FG Troches Meiji

Adapun komposisi dari obat FG Troches Meiji adalah sebagai berikut:

  • Fradiomisin Sulfat 2,5 mg
  • Gramisidin-S HCl 1 mg

Keterangan:

Fradiomisin atau Fradiomycin adalah salah satu varian dari antibiotik yang bereaksi terhadap bakteri dari jenis spektrum luas. Fradiomycin berfungsi untuk membunuh bakteri yang berasal dari jenis bakteri gram negatif.

Sedangkan Gramicidin adalah antibiotik yang berfungsi untuk membunuh bakteri dari jenis bakteri gram positif.

Beberapa jenis bakteri yang dapat di matikan dengan menggunakan Fradiomycin dan Gramicidin yaitu bakteri dari jenis Streptococci dan Staphylococci yang sering menjadi penyebab terjadinya gangguan dan radang pada mulut dan tenggorokkan.

Dosis Dan Cara Penggunaan FG Troches Meiji

FG Troches Meiji

Berikut ini dosis dan cara penggunaan obat FG Troches Meiji

Dosis:

  1. Dosis FG Troches Meiji untuk orang dewasa: 1 – 2 tablet di konsumsi 4 – 5 kali/hari
  2. Dosis FG Troches Meiji untuk anak-anak: 1 tablet di konsumsi 4 – 5 kali/hari

Cara Penggunaan:

FG Troches berbentuk tablet yang sifatnya mudah larut dalam saluran lendir. FG Troches Meiji di gunakan dengan cara di hisap, bukan di telan.

Penting !

FG Troches harus dikonsumsi habis sesuai dengan dosis yang telah di berikan oleh dokter.

Hal ini di sebabkan karena FG Troches Meiji adalah obat antibiotik yang apabila digunakan tidak sesuai dengan dosis justru dapat menyebabkan resistensi (kekebalan) pada bakteri.

Indikasi

FG Troches Meiji adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati masalah infeksi pada mulut dan tenggorokkan. Tugas utama dari obat ini adalah untuk membunuh bakteri yang menginfeksi dan menyebabkan sakit/peradangan.

FG Troches Meiji juga bisa di gunakan untuk:

  1. Radang Tenggorokkan atau Faring atau Tekak (Faringitis)
  2. Radang Rongga Mulut (Stomatis)
  3. Radang Gusi (Gingivitis)
  4. Radang Amandel (Tonsilitis)
  5. Radang Bronkhus (Bronkhitis)
  6. Radang Selaput Lendir Mulut (Angina Vincent)
  7. Sariawan

Kontraindikasi

Dalam penggunaan obat FG Troches Meiji tidak ada kontraindikasi secara khusus, namun waspadai penggunaan pada:

Pasien dengan riwayat alergi terhadap obat yang berasal dari golongan aminoglikosida (Streptomisin, Gentamisin, dan Kanamisin) – Di anjurkan untuk tidak menggunakan FG Troches

Penggunaan pada lansia harus di bawah pengawasan tenaga medis karena berisiko menimbulkan terjadinya gangguan akibat avitaminosis.

Efek Samping FG Troches Meiji

Efek samping obat FG Troches Meiji yang serius bisa di katakana jarang terjadi.

FG Troches Meiji biasanya menimbulkan gejala efek samping ringan seperti muncul kemerahan pada bagian rongga mulut, nafsu makan menurun, lidah berubah menjadi kehitaman, gangguan pada pencernaan, mual.

Penggunaan pada lansia dan mereka yang mengalami malnutrisi (kekurangan gizi) dapat menyebabkan terjadinya gangguan akibat kekurangan vitamin B seperti radang pada lidah, sariawan, dan peradangan pada sel saraf.

Hal ini harus segera di tanggulangi karena dalam jangka panjang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel saraf, ginjal, dan pendengaran.

FG Troches Meiji juga dapat menyebabkan gejala defisiensi vitamin K yang mengakibatkan meningkatnya risiko pendarahan.

Harga FG Troches Terbaru 2018

Harga FG Troches Meiji terbaru: Rp. 15.000/10 tablet

Sp Troches Meiji: Rp. 9.700/pcs

Meskipun FG Troches Meiji tersedia di apotik dan bisa di beli secara bebas namun dalam penggunaannya Anda dianjurkan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Hal ini mengingat karena FG Troches merupakan antibiotik yang tidak boleh di gunakan secara sembarangan, ada dosis dan aturan pakai yang harus patuhi.

Semoga bermanfaat.