7 Gambar Radang Tenggorokan Yang Berbahaya

Gambar radang tenggorokan berikut ini akan memudahkan Anda mengenali mana sakit tenggorokan biasa dan sakit tenggorokan yang berbahaya.

Perlu diketahui bahwa radang tenggorokan itu berbeda-beda penyebabnya. Ada yang disebabkan karena bakteri, virus, atau ia muncul sebagai gejala awal dari suatu penyakit yang berbahaya.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengenali dengan cepat perbedaan radang tenggorokan yang sedang dialami itu apakah berbahaya atau tidak.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai apa saja yang bisa menyebabkan radang tenggorokan, bagaimana cara mengobatinya, dan seperti apa sakit tenggorokan berbahaya yang harus diwaspadai.

Hal ini sangat penting untuk dipahamai terlebih dahulu agar Anda bisa melakukan penanganan dengan tepat sesuai dengan jenis radang tenggorokan apa yang dialami.

Jika Anda belum membacanya, maka silahkan buka artikel berikut ini:

Radang Tenggorokan: Penyebab & Cara Menyembuhkannya

Gambar Perbedaan Radang Tenggorokan Biasa Dan Yang Berbahaya

1. Gambar radang tenggorokan biasa

gambar radang tenggorokan biasa 2

gambar radang tenggorokan biasa

Jika dilihat dari gambar diatas, radang tenggorokan biasa hanya terlihat seperti tenggorokan yang memerah.

Hal ini terjadi karena tenggorokan mengalami peradangan akibat iritasi atau bahkan luka.

Jika daya tahan tubuh kita kuat, maka radang tenggorokan ini bisa sembuh dengan sendirinya. Yang jadi masalah adalah ketika radang tenggorokan biasa ini kemudian diinfeksi oleh bakteri maka keadaannya bisa menjadi lebih parah.

Untuk mengobati radang tenggorokan biasa ini bisa dilakukan dengan perawatan tradisional seperti berkumur air hangat yang dicampur garam, perbanyak mengonsumsi air putih dan buah, serta memenuhi kebutuhan vitamin C.

Radang tenggorokan biasa ini umumnya akan sembuh dalam waktu 1-3 hari. Jika lebih dari itu maka sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter.

2. Gambar radang tenggorokan karena infeksi bakteri dan jamur

radang tenggorokan infeksi staphylococcus
Radang tenggorokan karena infeksi bakteri Staphylococcus
gambar radang tenggorokan strep throat
Radang tenggorokan karena infeksi bakteri Streptococcus (strep throat)

Gambar diatas adalah contoh tenggorokan yang sakit karena infeksi bakteri.

Infeksi bakteri pada radang tenggorokan bisa saja terjadi saat daya tahan tubuh kita melemah.

Jenis bakteri yang paling sering menginfeksi tenggorokan adalah bakteri dari kelompok Streptococcus tipe A dan Staphylococcus aureus.

Radang tenggorokan yang disebabkan karena bakteri ini bisa disembuhkan dengan bantuan antibiotik. Beberapa antibiotik yang biasa digunakan oleh dokter adalah penicillin atau amoxillin.

Untuk mendapatkan resepnya, Anda harus mengunjungi dokter karena antibiotik tidak boleh dikonsumsi sembarangan tanpa ada dosis dan aturan pakai dari dokter.

Antibiotik yang digunakan tidak sesuai dengan resep dokter justru bisa berakibat tidak baik dan menyebabkan resistensi bakteri (bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik).

Saat ini ada kebiasaan yang berkembang di masyarakat jika sakit tenggorokan sedikit langsung membeli FG Troches di apotik dan dikonsumsi sesukanya. Padahal FG Troches ini adalah jenis antibiotik yang harus dikonsumsi sesuai resep.

Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi FG Troches sesukanya, ada aturan pakai yang harus dipatuhi. Baca dulu artikel berikut ini untuk memahaminya:

Dosis FG Troches, Autran Pakai, & Efek Sampingnya

Selain bakteri, tenggorokan juga bisa mengalami sakit karena infeksi jamur. Salah satu jamur yang sering menginfeksi mulut dan tenggorokan adalah jamur Candida. Nama sakit tenggorokan karena jamur ini disebut dengan candidiasis atau kandidiasis.

Lihat contoh gambar berikut:

gambar radang tenggorokan jamur candidiasis
Radang tenggorokan karena infeksi jamur Candida

Infeksi jamur pada mulut dan tenggorokan ini sebenarnya bisa dicegah dengan cara yang alami dan sederhana yakni dengan menjaga kebersihan dan higienitas.

Namun apabila sudah terkena, penyakit ini harus diobati dengan obat anti jamur yang digunakan secara topikal.

3. Gambar radang tenggorokan karena infeksi virus

gambar radang tenggorokan mononucleosis 2
Radang tenggorokan karena infeksi virus
gambar radang tenggorokan mononucleosis
Tenggrokan yang terkena mononucleosis

Gambar di atas adalah contoh orang yang terkena radang tenggorokan karena infeksi virus.

Salah satu yang cukup berbahaya bernama mononucleosis, yang disebabkan oleh Eipstein Barr Virus (EBV).

Mononucleosis disebut juga dengan nama demam kelenjar (glandular fever), karena penderitanya akan mengalami demam, sakit tenggorokan, dan peradangan pada kelenjar getah bening yang ada di leher.

Virus EBV ini bisa ditularkan melalui air liur, baik kontak secara langsung maupun tak langsung.

Selain virus EBV, virus penyebab flu pada umumnya juga bisa menyebabkan munculnya radang tenggorokan. Itulah alasan mengapa saat sedang flu terkadang tenggorokan kita terasa kering dan sakit.

4. Gambar radang amandel (tonsilitis)

gambar radang tenggorokan tonsilitis
Gambar radang amandel (tonsilitis)
gambar radang tenggorokan tonsilitis yang parah
Gambar radang tenggorokan karena tonsilitis yang parah

Sakit tenggorokan juga bisa disebabkan karena peradangan pada amandel yang dinamakan dengan tonsilitis.

Tonsilitis umumnya menyerang anak-anak, namun orang dewasa juga tetap bisa terkena.

Bagian yang diserang adalah kelenjar amandel (tonsil) yang ada di tenggorokan, penyebabnya bisa karena infeksi virus ataupun bakteri.

Khusus pada anak-anak tonsilitis biasanya disebabkan oleh bakteri dari jenis Streptococcus sp.

5. Gambar radang tenggorokan karena campak

gambar radang tenggorokan karena campak measles
Radang tenggorokan karena campak (measles)

Gambar radang tenggorokan karena campak di atas merupakan contoh sakit tenggorokan sebagai gejala dari penyakit lain.

Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, penyakit ini sangat menular pada orang yang tidak memliki kekebalan terhadapnya.

Campak umumnya terjadi pada anak usia 5-9 tahun, setelah terkena sekali maka selanjutnya orang tersebut akan memiliki kekebalan seumur hidup.

6. Gambar radang tenggorokan sebagai gejala difteri

gambar penyakit difteri pada anak contoh tenggorokan orang yang terkena penyakit difteri

Gambar di atas adalah contoh gambar tenggorokan yang terkena difteri.

Difteri merupakan penyakit infeksi menular berbahaya yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae.

Penyakit ini umumnya menyerang anak-anak juga orang dewasa yang tidak memiliki imunitas, yakni mereka yang tidak mendapat imunisasi difteri.

Radang tenggorokan karena difteri pada awalnya terasa seperti sakit tenggorokan biasa, namun ia dalam beberapa hari ia akan menunjukkan gejala yang khas yakni munculnya selaput tipis berwarna putih atau abu-abu yang dinamakan pseudomembran.

Penyakit ini bisa menyebabkan sesak napas hingga gagal jantung yang berujung pada kematian, oleh karena itu wajib hukumnya untuk mendapatkan pengobatan sedini mungkin.

Untuk memudahkan Anda dalam membedakan mana sakit tenggorokan biasa dan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh difteri, artikel berikut ini akan membantu Anda:

Cara Membedakan Sakit Tenggorokan Biasa Dan Difteri

7. Gambar radang tenggorokan karena meningitis

Gambar tenggorokan karena meningitis
Gambar tenggorokan karena meningitis

Sakit tenggorokan disertai dengan leher yang menjadi kaku merupakan salah satu tanda seseorang terkena penyakit meningitis.

Meningitis merupakan penyakit infeksi pada selaput yang melindungi saraf tulang belakang dan otak (meninges), yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur,dan parasit.

Sama dengan difteri, penyakit ini juga bisa menular melalui droplet pernapasan (ludah atau ingus) saat penderitanya batuk atau bersin.

Jika tidak segera mendapat pengobatan, meningitis bisa menyebabkan penderitanya kejang-kejang hingga berujung pada kematian.