Tips Memilih Kain Bedong Bayi Yang Bagus & Nyaman

Cara memilih kain bedong yang bagus dan nyaman merupakan pengetahuan yang wajib Bunda miliki saat menyambut kedatangan si kecil.

Membedong bayi adalah aktivitas yang dilakukan oleh para ibu untuk membungkus bayinya agar nyaman dan tidak kedinginan. Biasanya dilakukan pada bayi yang baru lahir hingga berusia 3 bulan.

Di Indonesia, kain bedong adalah salah satu perlengkapan bayi yang wajib dimiliki dan telah dipakai secara turun temurun.

Membedong bayi memang bisa memberikan beberapa manfaat, terutama untuk menjaga bayi tetap nyaman saat tidur. Oleh karena itu membedong bayi harus dilakukan dengan menggunakan jenis dan model kain bedong yang tepat.

tips memilih kain bedong bayi baru lahir yang bagus dan nyaman

Berikut ini adalah tips untuk memilih kain bedong bayi yang bagus dan nyaman:

1. Pilih jenis kain bedong yang lembut dan tidak terlalu kaku

Salah satu tujuan membedong bayi adalah menjaganya agar tidak terbangun karena refleks terkejut (moro reflex). Refleks semacam ini normal terjadi pada tiap bayi yang baru lahir hingga menginjak usia 3-4 bulan.

Karena itulah bayi yang baru lahir perlu dibedong. Namun Bunda juga harus tetap memperhatikan jenis kain bedong yang dipilih.

Kain bedong sebaiknya dipilih yang lembut dan agak lentur. Jadi meskipun bayi dibungkus dengan bedong, namun mereka masih bisa menggerakkan anggota badannya.

Jika Bunda memiilh membeli kain bedong bayi meteran, maka sebaiknya menggunakan yang berbahan katun karena lebih lembut dan lentur. Namun jika ingin menggunakan kain flanel, maka saat membedong harus sedikit dilonggarkan karena kain flanel sifatnya lebih kaku.

2. Sesuaikan model bedong

Setiap ibu muda yang melahirkan anak pertama mereka akan diajari bagaimana caranya membedong bayi dengan kain bedong standar rumah sakit (kain bedong tradisional).

Namun lambat laun Bunda akan menyadari jika setiap bayi memiliki karakter yang berbeda-beda. Beberapa bayi lebih “lasak” dari yang lain sehingga mereka tidak merasa nyaman dengan kain bedong tradisional.

Karena itu, seiring berjalannya waktu Bunda akan segera mengetahui bagaimana karakter bayi Bunda, maka sebaiknya segera menyesuaikan kain bedong yang digunakan.

Berikut ini beberapa jenis kain bedong yang bisa dipilih untuk bayi yang merasa tidak nyaman dengan kain bedong tradisional:

Bedong sleepbag berlengan

jenis kain bedong bayi baru lahir model sleep bag berlengan

Model ini adalah jenis kain bedong yang bagus dan nyaman digunakan pada bayi yang tidak suka dengan kain bedong biasa.

Bedong dengan model yang ada lengannya mampu membuat bayi lebih leluasa menggerakkan tangannya, sehingga mereka tetap merasa nyaman.

Bedong sleepbag berlengan juga biasanya dilengkapi dengan resleting sehingga sangat mudah digunakan. Upayakan untuk memilih yang terbuat dari bahan katun yang lembut dan hangat.

Harga kain bedong bayi yang satu ini memang cukup lumayan, namun sesuai dengan kualitas yang ditawarkannya.

Bedong instan model woompie

jenis kain bedong bayi baru lahir model woompie instan

Jenis kain bedong yang bagus dan nyaman selanjutnya adalah bedong instan model woompie.

Bedong model ini juga berbentuk kantung tidur (sleepbag) namun tidak berlengan. Desainnya dibuat seperti kantung embrio sehingga bayi tetap merasa nyaman seolah sedang berada dalam perut ibunya.

Bedong ini cocok digunakan untuk bayi new born yang baru lahir.

Didesain dengan bentuk yang mengikuti kontur tubuh bayi, bagian bawahnya lebih longgar sehingga kaki bayi lebih leluasa untuk bergerak.

Bedong model blanket

jenis kain bedong bayi baru lahir model blanket warna putih

jenis kain bedong bayi baru lahir model instan blanket

jenis kain bedong instan bayi baru lahir model blanket

Model bedong bayi baru lahir yang bagus dan nyaman selanjutnya yaitu model blanket.

Bedong model blanket ini paling banyak variasinya, Bunda bisa memilih corak warna dan desain yang paling imut dan lucu yang disukai.

Bedong ini bersifat instan, jadi tidak perlu ribet melilit kain saat menggunakannya karena sudah dilengkapi dengan velcroyang dalam bahasa lokal sering disebut dengan serepetan atau krekan (karena saat dibuka bunyinya “krek”).

Ukuran bedong model blanket ini bervariasi, jika bayi Bunda tergolong besar maka bisa menyesuaikan untuk memilih ukuran bedong bayi jumbo.

Bedong model polong

jenis kain bedong bayi baru lahir model polong instan

Jenis bedong paling nyaman untuk bayi baru lahir yang terakhir adalah model polong.

Bedong ini mirip dengan bedong model woompie, didesain sebagai kantung tidur yang dapat menjaga bayi tetap nyaman dan tidak terbangun karena refleks terkejut.

Bedong model polong menggunakan resleting sehingga bisa digunakan dengan mudah tanpa ribet.

3. Pastikan masih ada sisa ruang gerak agar bayi tidak tersiksa

Saat membedong bayi pastikan kain bedong tidak membungkus bayi terlalu rapat. Sisakan sedikit ruang gerak agar bayi tidak merasa tersiksa.

Kain bedong yang dililit terlalu rapat justru tidak baik untuk pertumbuhan bayi. Selain itu juga dapat menyebabkan bayi menjadi rewel dan tidak nyaman.

Nah Bunda, itulah tadi beberapa tips dalam memilih kain bedong yang bagus dan nyaman untuk bayi. Semoga bermanfaat ya.