5 Makanan & Minuman Penyebab Sakit Gigi Yang Harus Anda Tahu

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas jenis-jenis makanan apa saja yang dapat menyebabkan sakit gigi.

Pasti Anda sudah sering mendengar jika beberapa makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari adalah makanan yang dapat menyebabkan gigi menjadi rusak dan sakit.

Nah masalahnya terkadang makanan tersebut justru adalah makanan yang dianggap enak, atau bahkan mungkin memang rasanya enak.

Tapi demi menjaga kesehatan Anda tetap harus mengatur dan membatasi dalam mengonsumsinya. Karena mengobati sakit gigi tidak lebih enak dari pada mencegahnya.

Baiklah, apa saja makanan tersebut?

Berikut ini adalah 5 jenis makanan yang dapat menyebabkan sakit gigi:

1. Minuman Yang Bersoda

makanan dan minuman penyebab sakit gigi, minuman bersoda

Jenis makanan dan minuman yang menjadi penyebab sakit gigi yang selanjutnya yaitu minuman bersoda.

Minuman jenis ini biasanya banyak terdapat pada minuman dalam kemasan yang sering di jual di supermarket. Biasanya sering di beli pada saat siang hari karena memang rasanya yang segar.

Minuman bersoda juga dapat membuat gigi menjadi rusak karena kandungan asam yang ada di dalamnya dapat melarutkan lapisan kalsium terluar pada gigi.

Oleh karena itu jika Anda adalah orang yang suka mengonsumsi minuman bersoda ini maka sebaiknya Anda segera menguranginya.

2. Kopi

kopi, makanan dan minuman penyebab sakit gigi, minuman yang menyebabkan gigi rusak

Minuman yang dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang dan rusak adalah kopi. Para pria tentu sudah sangat akrab dengan minuman nikmat yang satu ini.

Kopi sering di konsumsi oleh para pria karena rasanya yang enak, selain itu kopi juga mengandung kafein yang dapat membuat mata tetap terjaga.

Biasanya kopi sering dihidangkan saat sedang bersantai di rumah atau pada saat berkumpul bersama teman-teman di kafe.

Nah tahukan Anda jika ternyata konsumsi kopi yang terlalu sering dan berlebihan dapat berdampak pada gigi Anda?

Kopi mengandung kafein yang dapat mengendap di gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning. Selain itu kopi juga mengandung acid (sejenis senyawa asam) yang dapat mengikis lapisan enamel gigi jika di konsumsi secara terus menerus.

Jika Anda mengonsumsi kopi secara berlebihan namun tidak menggosok gigi secara teratur, maka gigi Anda lama kelamaan akan menjadi keropos dan pada akhirnya berlubang.

Ini adalah awal dari munculnya sakit gigi yang sangat menyiksa.

3. Buah-buahan Dengan Rasa Asam

buah penyebab sakit gigi, buah-buahan rasa asam

Jenis makanan dan minuman yang dapat membuat gigi menjadi rusak selanjutnya yaitu buah-buahan dengan rasa asam yang kuat.

Mungkin terdengar agak berlawanan dengan yang kita pahami selama ini bahwa buah-buahan termasuk dalam makanan yang menyehatkan.

Namun ternyata ada beberapa jenis buah yang tidak dapat di konsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

Buah-buahan dengan rasa asam dapat membuat gigi menjadi terkikis karena kandungan pH yang lebih rendah.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa berkumur-kumur dengan air putih setelah Anda mengonsumsi buah-buahan dengan rasa asam.

Selain itu Anda juga harus meningkatkan konsumsi makanan tinggi kalsium untuk memperbaiki gigi yang mulai keropos.

4. Pemanis Buatan

makanan dan minuman penyebab sakit gigi, makanan berpemanis buatan

Pemanis buatan juga merupakan salah satu bahan yang dapat merusak gigi dengan sangat cepat apabila Anda terlalu sering mengonsumsinya.

Pemanis buatan ini sering kita temukan dalam makanan instan, minuman dalam kemasan, cokelat, es krim, dan makanan yang sering di jual dengan harga murah.

Jika Anda adalah orang yang hobi jajan, maka perhatikan jenis jajanan yang Anda beli, jika mengandung pemanis buatan maka jangan berlebihan dalam mengonsumsinya jika gigi Anda tidak ingin rusak.

Hal ini akan semakin diperparah jika sisa-sisa dari makanan berpemanis buatan tersebut tertinggal di sela-sela gigi Anda, maka hal ini akan membuatnya menjadi berlubang dan sakit.

5. Cuka

makanan dan minuman penyebab sakit gigi, cuka

Makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi menjadi rusak dan sakit yang terakhir adalah cuka.

Cuka adalah senyawa asam yang bisa di gunakan sebagai bahan masakan. Cuka juga sering di jadikan penyedap pada beberapa jenis makanan berkuah.

Cuka bersifat sama dengan asam lain yang sudah di jelaskan pada poin sebelumnya, sifatnya akan merusak dan melarutkan kalsium yang ada pada lapisan terluar gigi. Oleh karena itu Anda tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak.

Kalaupun Anda mengonsumsinya, maka setelahnya Anda dianjurkan berkumur dengan air putih hingga gigi Anda bersih dan tidak ada lagi cuka yang tersisa. Dengan demikian Anda bisa mengurangi dampak buruk yang bisa di sebabkan asam pada cuka di gigi Anda.

Nah itulah 5 jenis makanan yang dapat menyebabkan gigi menjadi rusak dan sakit.

Jika sudah menghindari atau mengurangi konsumsi makanan dan minuman tersebut langkah selanjutnya untuk menjaga agar gigi Anda tetap sehat adalah dengan menggosok gigi secara teratur.

Dengan demikian kita semua akan terhindar dari sakit gigi yang menyebalkan. Bagikan artikel ini ke teman-teman yang masih sering sakit gigi yaa.