Kehamilan Minggu Keempat dalam Kalender Kehamilan

Kehamilan Minggu Keempat dalam Kalender Kehamilan.Pada minggu ke-4 ini, sel telur yang telah dibuahi akhirnya sukses menyelesaikan perjalananya dari tuba falopi sampai ke dinding rahim sang ibu hamil, yang akan berkembang menjadi janin bayi. Sel telur yang telah dibuahi ini akan terbagi menjadi dua bagian, setengah akan menjadi bayi Anda (atau embrio), sementara separuh lainnya membentuk plasenta, yang menghubungkan ibu dengan sang bayi sampai nanti melahirkan. Embrio berlapis-lapis kemudian mulai tumbuh menjadi bagian khusus dari tubuh bayi Anda. Lapisan dalam, Dikenal sebagai endoderm, akan berkembang jadi sistem pencernaan bayi Anda, seperti hati, dan paru-paru. Lapisan tengah, yang disebut mesoderm, yang akan berkembang jadi jantung bayi anda, organ reproduksi, tulang, ginjal, dan otot. Lapisan luar, atau ektoderm, akan membentuk sistem syaraf, rambut, kulit, dan mata.

Perubahan Tubuh Anda pada Minggu Keempat Kehamilan

kehamilan minggu keempat kalender kehamilan

Ketika sel telur anda sudah menempel pada rahim anda dan mulai berkembang menjadi embrio, mungkin Anda mulai menunjukkan gejala awal kehamilan seperti kembung, kram, dan perubahan suasana hati yang mirip dengan premenstruasi.. Anda mungkin juga mengalami pendarahan implantasi, bercak darah yang tidak berbahaya bisa muncul ketika sel telur mulai menempel pada dinding rahim. Anda Mungkin juga merasakan sedikit tekanan di perut Anda. Dan Anda akan mulai merasakan buah d4da anda mulai membesar.

Tips Pada Kehamilan Minggu Keempat

Jika Anda telah melakukan tes kehamilan di rumah sebelumnya, saatnya untuk periksakan kehamilan anda ke dokter kandungan. Anda perlu melakukan cek rutin. Biasanya pada awal cek up, anda akan ditimbang dan mulai di rekam medis untuk mencatat riwayat dan perkembangan kehamilan anda.Beberapa dokter ada juga yang mengambil sampel urin untuk memeriksa ada tidaknya infeksi saluran kemih serta hal lainnya yaang dikhawatirkan dapat mempengaruhi kehamilan Anda. Pada pemeriksaan awal ini seharusnya dokter anda akan menjelaskan tentang perawatan, gaya hidup dan nasihat gizi selama kehamilan anda.

Jika Anda tidak mengonsumsi suplemen,sebaiknya anda mulai mengonsumsi asam folat setiap hari karena suplemen ini membantu melindungi bayi Anda dari cacat sumsum tulang belakang.Biasanya dokter akan meresepkan suplemen ini pada waktu anda cek up awal tadi.

Advertisement

Sampai disini dulu ulasan kita tentang kehamilan minggu keempat pada seri kalender kehamilan, jika anda belum membaca tentang kehamilan minggu ketiga, bisa anda baca disini.Untuk selanjutnya kita akan mengulas tentang kehamilan minggu kelima pada artikel selanjutnya. Jangan lupa bookmark (CTRL+D) blog ini ya. Dan kalau di rasa bermanfaat, bantu share ke facebook, twitter atau google plus +1 anda yah..

About Bu Rosa M

Check Also

Tips Usia Kehamilan 36 Minggu

Tips Usia Kehamilan 36 Minggu – caramanjur.com,  Usia kehamilan 36 minggu, mungkin bisa jadi waktu …