5 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan Tubuh

“Mengkonsumsi kopi setiap hari bukan hanya sekedar ritual, tapi juga baik untuk kesehatan. Ini karena manfaat kopi hitam yang sangat baik, terutama berkat kandungan kafeinnya.”

 

CaraManjur – Banyak orang mengonsumsi kopi hitam untuk mencegah kantuk di tengah kesibukan. Minuman yang satu ini memang mengandung kafein yang dikenal bisa membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat. Namun, tahukah Anda, ternyata mengonsumsi segelas kopi hitam juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun, bukan berarti kopi hitam atau jenis kopi lainnya harus dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, ada efek samping yang bisa timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi kopi, antara lain sulit tidur di malam hari dan mengalami dada berdebar-debar. Ada baiknya mengkonsumsi kopi hitam secukupnya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari minuman ini.

Manfaat Kopi Hitam Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk melihat dan membuktikan manfaat kopi hitam, terutama untuk kesehatan tubuh. Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kopi hitam dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

Advertisement
  • Menjaga Fungsi Otak

Salah satu manfaat minum kopi hitam secara rutin adalah mencegah penurunan fungsi otak. Kabarnya, minuman jenis ini bisa membantu mengurangi risiko alzheimer hingga demensia. Kandungan kopi hitam juga dikatakan mampu memperlambat penurunan fungsi otak akibat usia.

  • Tingkatkan Memori

Kandungan kafein dalam kopi hitam dikatakan dapat membantu meningkatkan daya ingat. Sebab, kafein dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menyimpan memori jangka panjang.

  • Mencegah Diabetes

Kandungan kafein tidak hanya baik untuk otak, tetapi juga dapat menurunkan risiko penyakit. Konsumsi kopi hitam dikatakan dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 karena kafein dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

  • Menghindari Depresi

Depresi dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Namun, ada cara unik untuk mengurangi risiko penyakit mental ini, yaitu dengan rutin mengonsumsi kopi hitam. Hal ini karena kopi hitam dikatakan mengandung antidepresan yang dapat mengurangi risiko depresi.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, mengkonsumsi kopi hitam setiap hari mungkin bisa membantu. Sebab, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kandungan kafein dalam kopi hitam dapat meningkatkan sistem metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Alhasil, penurunan berat badan bisa terjadi lebih cepat sehingga akan membantu diet.

About admin

Check Also

Ciri-ciri Orang Hamil Pada Umumnya – Apa Saja Itu?

Tanda-tanda kehamilan yang umum antara lain mual-mual, cepat merasa lelah dan yang paling umum adalah …