8 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Kunyit dikenal sebagai bumbu masakan. Meski begitu, manfaat kunyit tidak hanya enak, tetapi juga baik untuk kesehatan, seperti mencegah kanker dan mengurangi risiko penyakit jantung. Disamping itu, masih banyak manfaat kunyit untuk kesehatan.

manfaat kunyit

Selain sebagai bahan masakan, kunyit juga sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin dalam rimpang kunyit. Selain memberi warna pada kunyit, kurkumin juga dipercaya memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Nilai gizi kunyit

Dalam 100 gram kunyit, mengandung nutrisi yang berbeda berikut:

  • 10 gram protein
  • 168 miligram kalsium
  • 208 miligram magnesium
  • 299 miligram fosfor
  • 2 gram kalium
  • 1 miligram vitamin C
  • 55 miligram zat besi

Disamping beberapa nutrisi di atas, kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berbagai manfaat kunyit untuk kesehatan

Berkat nilai gizi yang disebutkan di atas, kunyit memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti:

  1. Mengurangi Rasa Sakit pada Orang Dengan Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah suatu penyakit yang menyebabkan persendian menjadi nyeri, kaku dan kehilangan kelenturan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak kunyit dapat digunakan sebagai obat rematik alami dengan mengurangi rasa sakit, karena kunyit memiliki efek yang mirip dengan ibuprofen dalam mengobati osteoartritis.

Namun, jika Anda ingin menggunakan ekstrak kunyit untuk mengobati penyakit ini, periksakan ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis yang tepat.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di dunia. Kunyit dikenal dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung kurkumin yang dapat meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan efektivitas kunyit dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Meredakan gatal pada kulit

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat meredakan gatal pada kulit yang disebabkan oleh penyakit ginjal kronis.

Anda bisa mengkonsumsi kunyit 3 kali sehari selama 8 minggu, dengan mengkombinasikan produk dengan ekstrak kurkumin dan lada hitam untuk meredakan rasa gatal ini.

  1. Meredakan Gangguan Menstruasi

Studi menunjukkan bahwa suplemen kurkumin dapat meredakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Bukan cuma itu, kunyit juga dikenal dapat meredakan kram yang biasa dialami wanita saat menstruasi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan keefektifannya.

  1. Mengatasi Gangguan Saluran Pencernaan

Kurkumin yang terkandung dalam kunyit telah terbukti efektif dalam mengobati beberapa gangguan saluran pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), dispepsia, sakit maag, dan pankreatitis.

Selain itu, kunyit yang mengandung kurkumin juga biasa digunakan sebagai alternatif obat penambah nafsu makan.

  1. Mencegah kanker

Kurkumin mempunyaii sifat anti-inflamasi yang dikenal dapat menghambat pertumbuhan, perkembangan dan penyebaran sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan efektivitas kunyit dalam mencegah kanker.

  1. Mengurangi Depresi

Studi membuktikan bahwa mengkonsumsi kunyit dapat mengurangi gejala depresi. Hal  tersebut karena kurkumin dalam kunyit dapat membantu antidepresan bekerja lebih baik.

  1. Mengatasi Masalah Kulit

Berkat sifat anti-inflamasi, antimikroba dan antioksidannya, kunyit dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit seperti jerawat, eksim, penuaan dini dan psoriasis.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan, seperti mencegah penyakit alzheimer, menurunkan kolesterol jahat, mencegah diabetes, meredakan gejala asam urat dan menjaga kesehatan mata. Namun, semua itu masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya bagi kesehatan.

Kunyit juga diklaim bisa digunakan sebagai obat radang usus buntu. Namun, klaim ini hanyalah mitos. Sejauh ini, belum ada penelitian ilmiah medis yang mengkonfirmasi hal ini.

Efek Samping Mengkonsumsi Kunyit

Sejauh ini, tidak ada efek samping yang ditemukan dari mengonsumsi kunyit dalam dosis rendah. Studi tersebut juga mencatat bahwa tidak ada efek samping pada orang yang mengonsumsi 490 mg kunyit per hari selama seminggu.

Namun, terlalu banyak mengkonsumsi kunyit juga tidak baik untuk tubuh. Ada beberapa efek samping yang bisa terjadi jika kunyit dikonsumsi secara berlebihan, seperti:

  • Gangguan di pencernaan, seperti perut kembung, penyakit asam lambung, dan diare
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Ruam kulit
  • Beresiko terkena kanker usus besar dan kanker hati

Memang, manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh cukup banyak. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Sebaiknya hindari konsumsi kunyit secara berlebihan, baik dalam bentuk segar maupun suplemen.

Jika ingin mengonsumsi suplemen kunyit, pilih suplemen yang terdaftar di BPOM untuk memastikan keamanannya.

Jika Anda ingin mengonsumsi kunyit sebagai pendamping pengobatan penyakit tertentu, terutama kunyit dalam bentuk suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk menghindari interaksi obat atau efek samping. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaat kunyit yang maksimal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*