Tips Usia Kehamilan 32 Minggu

Tips Usia Kehamilan 32 Minggu by Ciri2oranghamil.com – Usia kehamilan 32 minggu adalah masa di mana anda akan mempersiapkan diri menunggu waktu kelahiran bayi yang sudah semakin dekat. Perut anda mungkin kini akan semakin membesar dan terasa lebih berat dari minggu-minggu sebelumnya. Beberapa masalah mungkin juga akan anda alami. Seperti sakit punggung, sembelit, mulas, dan gangguan pencernaan. Keadaan bayi dalam kandungan anda kini sudah menhadapi pada fase sempurna.

Banyak gerakan janin dalam perut anda yang akan anda rasakan, bayi anda akan lebih aktif dan terasa bergerak lebih kuat. Kulitnya kini sudah mulai menebal, kerutan di wajah sudah mulai hilang, kuku sudah muali terbentuk, rambutnya terus tumbuh, dan seluruh panca indera bayi anda sudah muali aktif secara sempurna. Berat bayi anda kini mungkin kira-kira sudah 3,75 poun, atau 1,7 kg dengan panjang kira-kira 42 cm. bayi anda pada usia kehamilan 32 minggu akan menghabiskan 90 sampai 95 persen waktunya dalam sehari untuk tidur.

Dalam masa kehamilan 32 minggu ini, mungkin anda harus mulai menyiapkan diri untuk menghadapi masa persalinan. Selain menjaga kesehatan, tenaga, danstamina anda, anda juga harus lebih memperhatikan kesehatan calon buah hati anda. Mungkin, anda butuh beberapa tips untuk usia kehamilan 32 minggu. Dan beberapa tips di bawah ini mungkin dapat sedikit membantu anda. Adapun tips kehamilan 32 minggu, adalah sebagai berikut.

Mengatasi sakit punggung

Advertisement

Janin yang mulai berkembang sempurna membuat perut anda kini semakin membesar. Efeknya, anda harus bersusah payah menopang berat perut anda dengan menarik punggung anda ke belakang. Tentu memang ini akan menjadi beban yang harus di alami oleh para ibu hamil. Tapi jika anda adalah calon ibu baru, mungkin hal ini akan sedikit membuat anda kurang nyaman. Biasanya efek yang di timbulkan adalah mengalami sakit di bagian punggung. Maka untuk mengatasinya, anda harus lebih memeprbanyak waktu istirahat anda. Tapi bukan berarti anda tak bergerak sama sekali. Untuk tetap menjaga kesehatan dan stamina anda, anda juga dapat melakukan olah raga utuk ibu hamil.

tips kehamilan 32 minggu

Sedangkan untuk dapat mengatasi sakit punggung yang anda alami, anda dapat mencoba melakukan pijat ataupun melakukan peregangan dan relaksasi.usahakan jangan mengkonsumsi obat apapun tanpa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan anda. Ini akan membuat tubuh serta fikiran anda lebih nyaman. Dan tentunya akan member efek yang baik bagi anda dan bayi anda. Mungkin tips ini tidak dapat menghilangkan beban anda 100%, tapi paling tidak dapat membantu anda untuk mengurangi keluhan dan kertidak nyamanan yang sedang anda alami.

Mulas dan sembelit

Pada usia kehamilan 32 minggu, janin anda kini berada sekitar 12 cm di atas pusar anda. Hal ini akan mendorong semua organ dalam perut anda di karenakan janin yang mulai tumbuh. Efek yang anda rasakan, mungkin adalah sembelit, merasa mulas, atau mengalami gangguan pencernaan dan mengalami sesak nafas. Tak usah hawatir, itu hal yang cukup wajar. Ada beberapa tips yang mungkin dapat anda lakukan untuk meringankan gejala ini. Salah satunya adalah minum banyak-banyak air putih. Hal ini akan dapat membantu anda mengurangi terjadinya sembelit. Efek yang mungkin timbul adalah anda akan sering ingin buang air kecil, tapi itu tetap masih dalam batas wajar.

Sedangkan untuk mengurangi terjadinya mulas dan gangguan pencernaan, anda dapat mulai mengemil makanan kecil lebih sering. Tentunya anda harus memilih jenis cemilan yang sehat. Pada masa ini, anda mungkin juga sudah mengalami kontraksi Broxton hicks. Gejala Broxton hick ini sangat tidak nyaman di rasakan. Maka, anda dapat meringankan gejala ini dengan menjaga kandung kemih tetap kososng, minum banyak air putih, dan menghindari konsumsi kafein. Masa kedatangan kontraksi Braxton hicks ini juga memiliki manfa’af untuk anda. Karena anda dapat melatih pernafasan ketika kontraksi ini datang untuk mempersiapkan diri di kala persalinan.

Ok, mungkin hanya beberapa tips itu yang bisa saya share untuk anda. Semoga info singkat tentang tips kehamilan 32 minggu ini dapat berguna dan sedikit memiliki manfa’at dalam mempersiapkan diri untuk menjaga kesehatan anda dan calon bayi anda, serta dapat membantu anda dalam menghadapi hari persalinan.

About Bu Rosa M

Check Also

jus untuk mengobati diare secara alami, cara mengobati diare dengan cepat

Kalender Kehamilan – Minggu Kelima Kehamilan

Kalender Kehamilan – Minggu Kelima Kehamilan. Sebelum kita membahas lebih detil pada minggu kelima kehamilan …