Apa itu diabetes gestasional?

Apa itu diabetes gestasional?

Pernah mendengar tentang diabetes gestasional? Ini adalah bentuk diabetes yang dapat terjadi selama kehamilan, terutama pada paruh kedua kehamilan. Diabetes gestasional dapat mempengaruhi kehamilan dan kesehatan ibu hamil dan bayi.

Diabetes gestasional disebabkan oleh peningkatan kadar berbagai hormon dalam tubuh selama kehamilan. Meningkatkan jumlah hormon kehamilan ini dapat menghambat efek insulin.

 

Apa itu diabetes gestasional?  - Alodokter

Hal ini menyebabkan gula darah naik dan disimpan sebagai lemak di tubuh ibu. Kadar gula darah yang tinggi secara terus-menerus juga dapat menyebabkan berat badan bayi meningkat di atas rata-rata.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk tidak sering mengonsumsi makanan yang terlalu manis, seperti es krim , buah kering, atau buah-buahan tinggi gula seperti lengkeng dan durian.

Faktor risiko diabetes gestasional

Selain kehamilan, wanita hamil memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes gestasional jika memiliki faktor-faktor berikut:

Memiliki riwayat diabetes gestasional

Risiko terkena diabetes gestasional lebih tinggi jika Anda pernah mengalami kondisi tersebut pada kehamilan sebelumnya. Oleh karena itu, pemeriksaan dini dan rutin diperlukan jika ibu hamil telah didiagnosis sebelumnya dengan kondisi ini.

Lebih dari 25 tahun

Wanita hamil di atas usia 25 lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes gestasional.

riwayat keluarga diabetes

Wanita hamil berada pada peningkatan risiko terkena diabetes gestasional jika mereka memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes atau jika mereka telah melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4,1 kg.

Mengalami obesitas saat hamil

Ibu hamil perlu mengontrol berat badannya dengan mengetahui indeks massa tubuh (IMT). Jika indeks massa tubuh lebih dari 30, ibu hamil tergolong obesitas. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional.

Apakah Anda memiliki riwayat penyakit tertentu?

Seorang wanita berisiko lebih tinggi terkena diabetes gestasional jika dia sebelumnya pernah menderita kondisi medis tertentu, seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung, dan PCOS.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah suatu kondisi yang mempengaruhi kadar hormon pada wanita. Wanita hamil berada pada peningkatan risiko diabetes gestasional jika mereka memiliki PCOS.

Bahaya diabetes gestasional bagi ibu dan anak

Diabetes gestasional dapat mempengaruhi kondisi ibu hamil dan janin. Pada wanita hamil, diabetes gestasional dapat menyebabkan:

  • Kelahiran prematur atau persalinan kurang dari 37 minggu.
  • Preeklamsia, suatu kondisi yang menyebabkan tekanan darah tinggi selama kehamilan dan
  • hipertensi pascapersalinan dan dapat menyebabkan komplikasi jika tidak ditangani.
    keguguran.
  • tepat saat persalinan untuk meminta induksi atau sesar karena bayi lebih berat dari rata-rata.
  • Polihidramnion, atau kelebihan cairan ketuban.
  • Peningkatan risiko perdarahan postpartum.

Jika diabetes gestasional dirawat dan dipantau secara teratur, bayi dapat lahir dengan sehat. Namun, diabetes gestasional tetap dapat mempengaruhi kondisi bayi, antara lain sebagai berikut:

  • Berat bayi lahir besar (lebih dari 4 kg).
  • Cedera saat lahir karena ukuran tubuhnya.
  • Niedriger Blutzuckerspiegel im Körper bei der Geburt.
  • penyakit pernapasan.
  • Bayi Kuning .
  • Lahir terlalu dini .
  • Terkena obesitas dan diabetes saat remaja.

Untuk mencegah kadar gula darah naik secara berlebihan, ibu hamil dengan diabetes gestasional harus membatasi konsumsi makanan tinggi gula seperti es krim atau buah-buahan manis seperti durian . Ibu hamil juga disarankan untuk berolahraga secara teratur untuk mencegah komplikasi kehamilan ini.

Perawatan dan pemantauan secara teratur dapat mencegah komplikasi diabetes gestasional. Setelah melahirkan, gula darah ibu hamil biasanya kembali normal. Namun, wanita hamil yang mengalami kondisi ini memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari atau terkena diabetes gestasional lagi di kemudian hari.

Jadi, mulailah lebih memperhatikan kesehatan Anda selama kehamilan. Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda jika Anda menderita diabetes gestasional pada kehamilan sebelumnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*