Apakah Bercak Darah Tanda Kehamilan?

Apakah bercak darah tanda Hamil? – Bagi anda yang tengah menanti-nanti datangnya buah hati, tentu sudah menyiapkan berbagai hal yang di perlukan. Masa menunggu adalah masa yang paling membosankan, pasti anda juga setuju akan hal ini. Biasanya, para wanita yang sudah tak sabar menanti di beri momongan, akan melakukan berbagai usaha agar segera di karunia buah hati. Baik lewat terapi, konsultasi, atau metode tertentu. Dan tak lupa, anda pasti juga sering mengecek apakah anda sudah positif hamil atau belum. Berbagai cara di gunakan untuk mengetahui ciri-ciri hamil dan tanda awal kehamilan. Salah satunya hal yang paling mudah adalah dengan alat tes kehamilan. Tapi ada juga beberapa orang yang berusaha mengenali tanda awal kehamilan dengan mengamati berbagai gejala yang ada, salah satunya adalah timbulnya bercak darah, mual-mual, dlsb. Jadi apakah timbulnya bercak darah tanda kehamilan?

bercak darah tanda kehamilan

Salah satu tanda kemungkinan terjadinya kehamilan adalah rasa mual, perubahan mood yang tak menentu, kram perut, sembelit, dan beberapa tanda lainnya. Salah satu tanda yang jarang di sadari oleh para wanita adalah timbulnya bercak darah. Kenapa demikian? Apakah bercak darah tanda kehamilan? Nah, pertanyaan ini butuh sebuah penjelasan yang cukup panjang. Karena tak semua tanda-tanda kehamilan yang muncul itu dapat memastikan bahwa anda sedang hamil. Anda tahu alasannya? Karena, kebanyakan tanda awal kehamilan yang terjadi, itu hampir sama seperti yang anda alami ketika akan memasuki masa haid (Baca: Perbedaan tanda kehamilan dan Tanda mau PMS). Jadi, tak bisa di jadikan rujukan secara pasti jika adanya bercak darah adalah tanda kehamilan. Karena hal ini juga kemungkinan yang sering terjadi pada orang yang memasuki siklus haid.

Apakah Timbulnya Bercak darah Tanda kehamilan atau Bukan?

Tapi, apakah timbulnya bercak darah tanda kehamilan dan darah menstruasi dapat di bedakan? Mungkin saja. Ada beberapa teori menjelaskan perbedaan antara bercak darah tanda kehamilan dengan darah haid. Biasanya, darah yang keluar sebelum siklus haid akan di barengi dengan gejala tertentu, seperti kram dan sakit pada bagian perut. Sedangkan bercak darah yang keluar karena tanda awal kehamilan biasanya tidak di iringi rasa sakit dan darah yang keluar juga cukup sedikit. Jika anda mengalaminya, bisa jadi bercak darah ini adalah tanda awal yang menyatakan kehamilan anda. Lalu mengenai warna darah yang keluar juga memiliki dua kemungkinan, warna merah cerah atau darah warna coklat kemerahan. Jika darah yang keluar berwarna merah cerah, bisa jadi itu tanda terjadinya pendarahan dan harus segera di periksakan ke dokter. Tapi jika darah yang keluar berwarna coklat kemerahan, maka bisa jadi itu adalah bercak darah tanda kehamilan.

bercak darah tanda kehamilan

Lalu, sebenarnya apa yang jadi sebab keluarnya bercak darah tanda kehamilan ini? Apakah sebuah penyakit? Tentu saja bukan. Penjelasan singkatnya begini.. ketika embrio yang sudah terbentuk telah menempel pada dinding rahim, maka rahim akan memberi reaksi dengan meluruhkan sedikit dari bagian dindingnya, dan hal inilah yang menjadi penyebab keluarnya bercak darah pada masa kehamilan. Pendarahan kecil yang terjadi ini, juga sebagai tanda bahwa janin anda sudah mulai tumbuh di dalam rahim. Biasanya bercak ini akan terus muncul hingga ahir masa kehamilan. Dan darah yang keluar ini juga dapat anda jadikan tanda untuk memantau kondisi sang buah hati. Apakah pendarahan yang terjadi terlalu banyak, telat, atau lancar seperti biasa. Biasanya, masa tri smester pertama adalah masa-masa yang paling rentan. Maka jika pada masa ini ada yang janggal dengan bercak darah yang keluar seperti telat atau keluar terlalu banyak, maka anda harus memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter kandungan anda. Meski bercak darah yang keluar umum di alami mayoritas wanita ketika masa kehamilan, tapi perbedaan ketahanan tubuh tiap wanita yang berbeda, juga dapat memiliki dampak yang berbeda pula. Maka anda harus rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan anda, demi kesehatan anda dan keselamatan calon buah hati anda. Semoga saja sedikit ulasan tentang bercak darah tanda hamil ini bisa memberi pencerahan pada anda, intinya kalau ragu dan takut kalau memang hamil dan takut terjadi apa2, sebaiknya konsultasikan segera ke dokter kandungan.

40 Comments

    • siklus haid tiap wanita beda2, ada yg siklusnya setiap 24 hari, 28 hari, 29 hari, 30 hari bahkan 35 hari, jadi anda sensiri yang harus memperhatikannya.

  1. Sya biasa haid tgl 5, tgl 5 emang datang tp sdikit cma 2hri, sya tp hsilnya 2gris yg satuny samar, tp sya usg kta doktr kosong, apakah sya hamil atau tidak ?

    • coba tespek lagi beberapa hari lagi sambil cermati gejala2 yang anda rasakan, kalau masih 2 garis, tunggu seminggu lagi baru periksa usg. kerena untuk USG, biasanya umur sekitar 6 minggu

  2. dok…sy mau nanya,sethn yg lalu sy sdh dikuret kt dokter ada darah kotor yg mnempel didinding rahim,stlh sthun sy sdh sdh dikuret & dinyatakn rahimx sdh bersih,stlh itu haid sy sdh normal.buln 9 kmrin sy tdk haid 5 minggu sdh dites pec tp hslx negatif,stlh msuk buln 10 tgl 8 sy haid kluar drh gumpaln besar,sy periksa kdokter ktx sy hamil anggur & dokter mnta sy dikuret lg,tp sy tdk mau dikuret hx minum 0bat sj & prtengahan bln 11 sy haid lg selama sminggu & drh gumpalan” kluar banyak skli tp selama ini sy tdk prnh kontrol lg kdokter.awal buln 12 sy haid kluar darah merah pekat & drh gumpalan sebsr biji jagung tp haidx cm hri itu sj,stlh itu tdk ada lg smpai skrg.apakh sy ada gangguan dirahim atau tanda” kehamilan?.mhn pnjelasanx.trimh ksi..

    • kalau melihat sejarahnya, memang sepertinya ada permasalahan pada organ reproduksi anda, sebaiknya anda kontrol lagi, anda bisa cari second opinion ke dokter yang lain kalau nggak mau balik ke dokter sebelumnya.

      • ass dok saya mau tanya nih…
        saya sering pusing..sering buang air kecil..mudah lelah p4yud4ra sakit trus tadi keluar bercak merah dan coklqt dok apakah saya hamil dok trims

  3. ass dok…?awal bulan ini sy haid kluar darah merah gelap brcampur gumpalan sebesar biji jagung tp stelah itu tdk ada lgi yg kluar,besokx sy tdk haid lgi smpai skrg.apakah itu prtanda klau ada gangguan dirahim atau darah mau tinggal.mhon penjelasanx.trimh ksih…

  4. Dok saya mau tanya ni…kemaren saya sudah mengalami tanda2 kehamilan pagi2 saya mual,terkadang kram diperut,sensitif dg bauh,mengantuk dipagi hari,dan perubahan yg terlihat jelas pd p4yud4ra,p4yud4ra sakit klo disentuh, p4yud4ra jauh lebih membesar,arteri dip4yud4ra juga jelas men pun sudah telat 1 minggu tpi dihari ke-9 tlat haid saya malah keluar darah biasanya klo haidkan pertama keluar darah merah segar tpi ini yg keluar darah berwarna agak kecoklatan terus berlendir,ini gimana ya dok?mohon penjelasannya…

    • ya mungkin memang hanya telat mens saja, soalnya tanda2 PMS itu memang sebagian besar mirip dengan ciri2 hamil

  5. ASS dok..
    Dok saya mau tya
    Kn saya udh nkH 6’thn
    Tp smpe skrg blom pya ank
    Nichh saya telat mens 2’hari
    Tp skrg prut sakit..p4yud4ra sakit bengkak
    Apkah itu tnda2 hamil app dateng bln dok?

    • biasanya apa mensnya selalu tepat waktu, coba tunggu beberapa hari lagi, kalau belum mens juga, silakan coba tespek

  6. ass dok
    saya mau nanya saya kan dinyatakan hamil .. dan sudah menginjak 3 minggu .. nah pas saya melakukan hbgn suami istri .. suami saya kaluarin di dlm. pas diliat ada keluar darah sedikit dok ga bnyak keluar dr punya organ int1m saya . apa itu tidak apa2 dok ? sebaiknya saya harus bgaimana ya dok ?

  7. selamat pagi dok… stlh kirimn pket smp ke sy, sy lngsung konsumsi folic acid, hitungny masa subur pas konsumsi ny.. tdak lma stlh itu, sy mrsakn kdar asam air ludah agak tinggi, perut jg mual.. tp gk muntah. hri ni ad keluar darah, sedikit sedikit, tp hitungn haid jg dimulai kmrn, bisa jd prtnyaan, drah yg kluar apkh darh haid atw tanda khmilan ya dok? trims

  8. saya mau nanya, saya kan mentruasinya gak nentu nih. kadang lancar, kadang juga enggak. terakhir menstruasi, 9 hari (bulan februari). darahnya juga sedikit yang keluar. itu kenapa ya? kok bisa gitu?

  9. Pagi dok…saya men rutin 28hr,bln ini telat 10hr saya tes garis merah 2 berarti positip,tp 2hr kmudian terjadi kram sgt hebat,sakit banget perut bwh,2hr kmudian terjadi pendarahan coklat kehitaman,apakah sy telah hamil lalu keguguran,atau memang telat mens dok??

  10. Ass
    dok saya mau tanya,bulan januari kemaren saya mens cumak kluar flek kecoklatan itupun sedikit sedikit sampe 8 hari,,setelah itu bulan februari sama belum mens dok sampe saat ini,sebelum keluar flek saya rasain kram di perut bagian kiri,,tapi setelah saya tespeck 2 kali di hari yg sama hasil nya negatif,,apahkan itu tanda” kehamilan atau ada masalah sama rahim saya dok,,mohon di jawab dok
    terimakasih
    wasallamualaikum

    • kemungkinan ada masalah pada organ reproduksi anda, kalau masih terus berlanjut sebaiknya konsultasikan ke dokter.

  11. Dok sya mau tanya,saya kan sudah telat haid 1 minggu saya merasakan yang beda pda diri saya sperti,mual2,muntah2 dan ciri2 hamil lainnya tapi tiba2 sya keluar darah sperti darah haid, apakah itu termasuk darah haid atau darah apa ya dok?

  12. selamat sore dok,
    saya mau Tanya ni dok,bulan kemarin saya mens tgl 18 februari,pas sekitar tgl 5 maret saya merasa perut saya tidak enak seperti mual dan pusing sampai tgl 10,pas tgl 10 saya kluar flak coklat kemerahan dok smpe skrg dok,

    apa itu tanda saya hamil dok?

  13. Selamat malam saya mau tanya, saya terakhir haid pada 25 desember 2014 dan haid nya cuma 2 hari saja itupun sedikit darah yang keluar. Sampai hari ini saya tidak haid lagi sudah hampir 3 bulan. Minggu2 lalu saya tes dengan tespek hasilnya negatif terus.
    Bisa tolong di beri penjelasan kah ??

    Trimakasih

  14. Salam kenal dok .. sy mw tanya sy terakhir mens tgl 28 feb 2015 .. sktr tgl 17 maret sy mengalami mual .. pusing,put1ng susu terasa sakit dan cepet lelah kl melakukan pekerjaan .. tp tgl 26 maret sy kram perut dan timbul flex coklat kemerahan tp dibarengin dgn mual .. apakah sy hamil dok???

  15. Dok saya dah telat jln 4 bulan pas bulan 2 atau bulan 3 saya keluar bercak darah..apakah saya ni hamil atau tdak ya dok
    Dan saya jga udah tespek pas telat 2 bulan tp jwban nya negatif dok itu gmn ya dok??????

  16. slm knl dok…sy mau tanya
    kmren bln maret tgl 19 , aq tes pek di bidan hasily positif… 1 minggu kmudian aq ngeflek kecoklatn ampe kluar darah…
    kmdian aq langsung usg, hasily kosong…
    itu gmn dok….?

  17. Dok
    Saya mau tanya
    Kalau 2 minggu pernikahan trus d hri yg k 15 muncul bercak darah d clana dalam
    Apa itu tanda kehamilan dok
    Makasiii

  18. dok saya mau tanya,q haid dikit bng cuma 3 hr .trus kok keluar keputihan tpi bentuknya kayak jel panjang.saya berhubgn kok keluar smua kayak gitu,e? sp3rm4nya keluar campur kaya cairan kuning2.itu kenapa ya dok trima kasih

  19. Ass doc,
    Aqw dtang bulan dah telat 2 minggu, truz aq test hasilx negatif, truz dpet 2 hari muncul bercak coklat, dan tidak berbau, biasanya klo qw dtang bulan gk kyak gni doc, skrng si blum tk test lgie, truz sblumx datang bulanku maju 2 hari, apa itu gejala hamil?
    Tpi mlemx udah gk kluar lgie..
    Tlong saran.nya

  20. askom…saya nak tanya..bulan lepas saya datang bulan..tapi saya datang 2 hari lebih awal..dan saya datang bulan hanya 2 hari sahaja..saya tidak pernah ada masalah period.datang period cukup time..

    hari pertama ; darah + berlendir
    hari kedua ; darah
    hari ketiga ; tiada darah
    hari keempat ; darah secalit shj

    dan hari 5 & 6 ; tiada darah…..

    boleh saya tahu dakah ini tanda awal kehamilan ?

  21. ass dok.saya ibu dari 1 orang anak…..dok saya mau tanya haid pertama saya tgl 2 agustus dan haid terahir tgl 7 agustus……tapi dari kemarinn tgl 18 sampe hari ini ada darah keluar sedikit berwarna merah tua…..dan badan terasa agak meriang pilek juga….apakah saya hamil dok???????

  22. pg dok…sy mau tny donk.blun jli sy haid tgl 9 tu cm 2hri.trz bln agusts haid 2 hri tu yg hri prtm cm klwr becak drah n hr 2 klwr darah tp tu g bnyk dok g kyk bln2 kmrn’y.trz pas tu di barengi kpl pusing.mual…trz slm 1mgg sy ngrsa p4yud4ra low tersenth skt.put1ng gatal.kdg mual.kpl jg kdg skt.trz prt bgian bwah klwr gris hitm kdg kram kenceng gt dok.tp sya tespeck negatif.tu knp ya dok…apkh saya hamil ap gk…..????mksh ya dok sbmlny.

  23. salam kenal dok….
    saya positif hamil tp keluar gumpalan darah terus saya usg k dok kandungan saya d nyatakn kguguran…hr ke 11 wktu kguguRan sy coba tes pek hasilnya positif….kira kira sy msh dlm keadaan hmil g ya dok mkasih

  24. Selamat pagi dok!
    saya mau tanya dok,
    tgl 16 saya haid dan berakhir tgl 21 terus tgl 22. Saya melakukan hbgn dgn suami. Pagi setelah berhbgn saya baru minum pil kb, tapi seminggu ini saya selalu merasa pusing dan lemes terus bau sm makanan dok,2 hari ini saya tidak minum pil kb lgi. Tapi keluar bercak coklat seperti mens coklat agak pink tua dok, apa itu awal awal saya hamil dok tpi pagi ini saya tespek hasilnya negatif dok, itu kenapa ya dok,?
    terima kasih

  25. Aslmk,dok sya tnggal 12 okt kluar haid,trus tnggal 17 nov sya kluar darah warna coklat 2hari hari pertama coklat hari kdua darh merah segar,perut sya mules dan pusing,d tespek stelah kluar darah 3 hari hsilnya negatif,it knpa y dok apakah sya hamil atw it drh haid??mhon pnjelasan nya y dok

  26. Siang dok, saya telat 2 minggu saya TP negativ saya TP sampe 4x dengan rentan berjauhan, setelah 2 minggu saya haid cuma 4 hari darah banyak keluar, cuma berhenti sampe hari ke 4. Saya tidak merasakan gejala hamil, lalu saya Tp setelah itu masih negativ. Cuma saya merasa stress akhir2 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*