Ini Dia Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran

Cara cepat hamil setelah keguguran.  Keguguran adalah satu hal yang paling ditauti oleh ibu hamil. keguguran akan membuyarkan impian seorang wanita dan pasangan menikah untuk mempunyai anak, apalagi jika pasangan tersebut sebelumnya sudah bersusah payah untuk bisa hamil, tentu saja keguguran akan sangat menyakitkan dan kadang menimbulkan rasa trauma.

Setelah anda mengalami keguguran, anda mungkin menangis tanpa alasan, susah tidur dan mimpi buruk, terganggu pola makan anda, dan kebingungan mental. Untuk beberapa wanita efek emosional dan fisik ini dapat membuat sulit baginya untuk mengurus dirinya sendiri setelah keguguran, dan sepertinya hampir mustahil agar cepat hamil setelah keguguran.

Penyebab paling umum dari keguguran adalah masalah kromosom yang membuat tidak mungkin bagi bayi untuk tumbuh dan berkembang di dalam rahim. Namun, dalam kebanyakan kasus masalah ini tidak ada hubungannya dengan ibu atau gen ayah.

Seorang wanita hamil yang mengalami dengan keguguran mungkin akan mengalami perdarahan pada misvi nya, nyeri perut, dan kram. Ketika terjadi pendarahan dengan rasa sakit dan kram itu adalah tanda bahwa kemungkinan besar terjadi keguguran. Nyeri dan kram terlokalisir di perut bagian bawah dan dapat terjadi hanya pada satu sisi, kedua sisi atau di tengah. Rasa sakit dapat menyebar ke punggung bawah, bok0ng, dan alat k3lam1n.

Menurut penelitian para ahli di luar negeri sana, wanita yang hamil dalam waktu enam bulan setelah keguguran memiliki hasil yang lebih baik dan risiko komplikasi yang lebih rendah daripada wanita lain yang memutuskan untuk menunggu lebih lama untuk hamil setelah keguguran.

Ini Dia Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran

Cara cepat hamil setelah keguguran

Keguguran biasanya berlangsung satu kali. Kebanyakan wanita yang mengalami keguguran, dapat memiliki kehamilan yang sehat setelah keguguran, dan kalau semua kondisi tubuhnya sehat biasanya akan cepat hamil setelah keguguran. Kurang dari 5 persen wanita memiliki dua kali keguguran berturut-turut, dan hanya 1 persen memiliki tiga atau lebih keguguran berturut-turut.

Jika anda mengalami lebih dari dua kali keguguran, anda perlu untuk mempertimbangkan melakukan pengujian untuk mengidentifikasi penyebab apapun dari keguguran tersebut sebelum mencoba untuk hamil lagi. Sebagai contoh,anda dapat melakukan tes:

Tes darah. Sampel darah dievaluasi untuk membantu mendeteksi masalah dengan hormon atau sistem kekebalan tubuh Anda.
Tes kromosom. Anda dan pasangan perlu melakukan tes darah untuk menentukan apakah kromosom anda atau pasangan merupakan faktor penyebabnya. Jaringan dari keguguran – jika tersedia – mungkin juga diuji.

Prosedur berikut ini juga dapat dilakukan untuk mendeteksi masalah rahim. Sebagai contoh:

USG. Metode pencitraan ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar yang tepat dari struktur di dalam tubuh. Dokter menempatkan perangkat USG (transduser) diatas perut Anda atau tempat-tempat di dalam misvi Anda untuk mendapatkan gambar rahim Anda.
Histeroskopi. Dokter kandungan anda akan memasukkan sebuah hysteroscope, yaitu sebentuk teleskop kecil yang menyala ke dalam rahim anda. Dokter juga akan menyuntikkan sejenis garam untuk memperluas rahim anda lalu melakukaj pemeriksaan pada dinding rahim dan saluran tuba falopi.
Hysterosalpingography. Teknik ini menggunakan pewarna untuk menyoroti rongga rahim dan saluran tuba gambar X-ray.
Sonohysterogram. USG ini dilakukan setelah cairan yang disuntikkan ke dalam rahim Anda. Hal ini memungkinkan dokter untuk mencari masalah dalam lapisan rahim Anda.

Nah, apabila ternyata sebab dari musibah keguguran ternyata tidak teridentifikasi. Anda harus tetap optimis dan mencoba lagi karena menurut penelitian, sekitar 60-70% wanita yang pernah keguguran berulang tetap dapat hamil sehat lagi.

Anda harus konsultasi dahulu dengan dokter kandungan anda kapan sebaiknya anda merencanakan untuk hamil lagi. Anda harus terus optimis dan semangat serta banyak berdoa agar cepat hamil setelah keguguran dan berdoa yang berikutnya tidak mengalaminya lagi. Kami berharap artikel singkat tentang cara cepat hamil setelah keguguran ini bisa sedikit membantu anda an memberi semangat anda agar bisa segera hamil kembali. cek juga artikel menarik kami lainnya yaitu Sepuluh Ciri-ciri Anda Mungkin Hamil ya.

97 Comments

  1. saya pernah keguguran tapi ga d kiret,,,,setelah saya keguguran dapat 11 bln lalu saya pake KB dapet dua bulan saya behenti karna saya pengen bnget hamil lg tapi sampe sekarang udah hampir 3 bln saya berhenti KB tpi belum ada tanda-tanda hamil la tuuuuu,,,, kata orang kalo habis ke guguran bisa cepet hamil lg<br />

  2. pagi dok… salam kenal… saya wanita brumur 25th nama saya alzahta dan saya sudah menikah 15bln lamanya… saya mauu ty dok… mohon jwabannya ya dok. saya sudah telat mens slma 15hari… hari ini saya coba tespack saat pipis pertama bangun tidur biar hasilnya lebih akurat… itu yg di sarankan byk dokter. tp saat tespek kok hasilnya negatif?

  3. Slamat pagi dok…!!! Salam kenal…. Saya yuz …. Saya mau tanya, saya hamil 6 minggu dan kontraksi tapi yg kluar cuma selaput . Apa penyebab yach dok? Mhon jawabannya

  4. Sore dok…saya pernah melakukan ab0rs1…setelah itu saya menikah,usai pernikahan saya baru berjalan 4 bln…tp hingga kini saya blm hamil,dan saya melakukan ab0rs1 itu karna ada alasan pribadi dok…
    jadi gimana ya dok biar saya cepat hamil…tolong jawabannya ya dok…
    makasi dok

    • Coba diperiksakan kondisi kandungan dan kesuburan anda serta suami. klo nggak ada masalah semua, mungkin anda harus meminta maaf ke pada Tuhan YME, karena sudah melakukan perbuatan yang dibenci oleh-Nya, semoga segera di beri momongan ya, dan jangan melakukan ab0rs1 lagi.

  5. Salam kenal , saya mau nanya dok, saya kmarin keguguran pas masuk bulan ke 3 pernikahan tp cm bertahan 2 minggu kata dokter, setelah itu di sarankan untuk kosong dulu sampai 3 bulan tp gak di kuret, setelah itu boleh direncanakan lagi . Tapi sampai sekarang saya belom hamil lagi setelah 5 bulanan pasca keguguran, tp bulan ini saya udah telat beberapa hari , coba testpack dengan beberapa merek dan ada satu merek yg hasilnya 2 strip tapi masih burem. Masih ragu hamil ato cm telat karena gejala hamilnya gak seperti hamil pertama , apa setiap hamil gejala yg dirasakan sama ato beda2 ya dok? Belom ke dokter karena takut kecewa , mohon penjelasannya ya dok , salamm

    • coba tespek lagi beberapa hari lagi kalau memang belum datang tamu bulanannya, dan tesnya waktu bangun pagi sehingga kadar hCG dalam urinnya masih banyak

  6. selamat sore dok saya mau tanya dok saya habis operasi 5 bulan yang lalu, karna hamil di luar kandungan , dan sampai sekarang saya belum ada tanda2 hamil lagi padahal saya udah nyidam bangett pengen punya anak tlng kasih solusi dok trimakasih sebelum nya

    • ya, yang sabar ya mom, terus berusaha terutama saat masa subur, makan makanan yang sehat dan kurangi stres, dan selalu berdoa pada Tuhan agar segera hamil lagi, dan hamilnya tidak bermasalah sampai melahirkan nantinya. Amiin

  7. selamat mlam,,,,saya mau tanya satu bulan yang lalu saya oprasi kista sekaligus hamil diluar kandungan,,,,saya ingin sekali segera punya momongan,,,,,tolong kasih solusi dan saran dong dok

    • kalau sudah diambil kistanya harusnya tidak ada masalah lagi ya, karena kista memang sangat menganggu proses kehamilan. terus berusaha dan berdoa, semoga cepat hamil dan bukan hamil di luar kandungan lagi yaa..

  8. pg dok q hbs kuret bulan pebruari 2014.sampai skrng blm ad tanda2 hml lg…trus men juga tidak tertur mintk sulusi matur suwun

    • setelah kuret memang biasanya kondisi hormonal masih belum teratur, ditunggu saja sampai teratur mensnya, semoga dapat segera hamil lagi.

  9. dok yang saya mau tanyakan, 3 bulan yg lalu sy habis dikuret,kenapa dikuret karena katanya janin saya tdk berkembang,sedangkan usia kandungan sy sdh 3 bulan 2 minggu,yg sy mau tanya dok apakah saya bisa hami lg atau tidak dok,tp akhir2 ini dok sy mengalami pilih2 makanan n pengenya makan asam2 terus,mhn dok jwbnx …………

    • saya ikut prihatin karena janinnya yang dikuret bunda, kalau tidak ada masalah dengan rahimnya, kemungkinan hamil masih ada, ya mungkin tidak semudah kalau yang normal dan sehat dan tidak pernah mengalami keguguran sebelumnya. terus berusaha dan berdoa ya.

  10. Mlm dok saya mau tanya saya keguguran pas ma suk 2bln tp gak dikuret ,sudah 1th belum hamil lagi,terus sekrang saya sudah tlat 2 minggu ,kemarin saya keluar darah saya kira saya mens tapi cuma hari itu jg.itu darah apa ya dok ?sy takut masih trauma kalo keguguran

    • #wiwin
      kalau sudah mengalami keguguran harus dicek kesehatan organ reproduksi dan kekuatan rahimnya. kalau selama 1 tahun terakhir setelah keguguran haidnya lancar, dan sekarang telat 2 minggu, sebaiknya ditespek atau periksa ke dokter kandungan untuk memastikan sedang hamil atau tidak, kalau positif hamil, harus segera konsultasikan ke dokter kandungan dan ceritakan riwayat keguguran anda 1 tahun yang lalu, agar dokter dapat memeriksa lebih detil kandungan anda saat ini.

  11. salam kenal dok, saya mamazico usia saya 29 th saya sudah mempunyai anak 1 trus melakukan kb selama 6th trus 7th kemudian saya hamil, tp saya keguguran dok, ini udah hampir 11 bln kok belum bisa hamil lg ya dok? gimana ya dok agar saya secepatnya dapet momongan lg, terimakasih dokter saya tunggu jawaban dokter.

    • #salam kenal juga mamazico
      Kalau anda mengalami keguguran sebaiknya diperiksakan organ reproduksi dan kekuatan rahim anda, kalau ada masalah, konsultasikan ke dokter apa treatment yang terbaiknya, kalau memang tidak ada masalah pada diri anda, sebaiknya periksakan organ reproduksi suami juga, kalau ada masalah di suami, segera konsultasikan untuk treatment terbaiknya, kalau dua2nya ok, banyak2lah berusaha di masa subur dan banyak2 berdoa agar dikaruniai momongan lagi.

  12. Sore bu…. sy mau tanya. Pada kehamilan pertama, ke-2 dan ke-3 sy mengalami keguguran. Semuanya tidak pernah lebih dari usia 2 bln. Kehamilan ke-4 alhamdulillah berhasil meskipun diusia 7 bln sy masuk RS krn muntah yg berlebihan, preeklamsia, & kekurangan kalium. Dan pd hari ke 25 di RS bayinya dikeluarkan lewat cesar. Alhamdulillah sekarang anak sy tsb sdh 3 thn. Setelah melahirkan sampai anak sy 1,5thn saya kb p1l. Tp sampai sekarang kok sy blm hamil lg ya. Pdhal sy pingin pnya satu lg. Apakah msh bisa bu? Apalagi sekarang usia sy 40thn. Klau msh bs bgamana caranya ya biar cepet hamil lg? Thx a lot ya bu atas jwbannya. Maaf ceritanya panjang bgt. 🙂

    • #Diana Maniso
      kalau melihat riwayat anda yang sudah sampai 3 kali keguguran dan umur anda sudah 40 tahun, akan sangat beresiko baik untuk anda maupun janin bayi anda kalau mau hamil lagi. Anda bisa baca ulasan kami tentang resiko kehamilan diatas umur 35 tahun disini.

  13. Dok …3 hari yang lalu saya habis dikuret kandungan saya usia 3 bulan diusg ternyata kosong akhirnya dikuret,sampek 3hari ini saya msh ngeluarin darah sisa kuret,saya pengen cepat hamil lagi kalo jarak 2 bulan itu apa sudah mungkin untuk hamil lagi? Apa yang harus saya lakukan sebelum program hamil lagi?

  14. salam kenal Dok, maaf saya mau tanya, sebelumnya saya pakai kb p1l 2 tahunan, bulan akhir juni saya berhenti kb haid tgl 24, bulan july tgl 30, saya baru berhubgn tgl 29 agustus, tapi sampai sekarang belum haid lagi, apa saya hamil Dok, saya merasa p4yud4ra saya sakit bila kesentuh,saya tes garis merah nya satu, tapi ada sedikit sekali di bagian satu lagi, apa saya hamil Dokter? terimakasih Dok.

    • kalau anda memang melihat ada garis 2 yang samar, coba tes kehamilan lagi beberapa hari lagi pakai urin waktu bangun pagi, mungkin saja kandungan hCGnya belum tinggi, jadi belum kentara garisnya, semoga saja memang hamil..

  15. Mlm..
    slm knl
    Waktu hamil yg ke 2 sy keguguran dan dikuret,umur kandungn waktu itu 8 minggu.pasca kuret saran dokter tdk boleh hamil selama 6 bln,jd sya KB suntik.lwt 6 saya tdk KB lg karena pengen hamil lg vi udh hampir 1 thun blum isi”,apa kuret pengaruh ya pd kehamilam berikutx?

    • kalau setahu saya kuret tidak mempengaruhi kehamilan, mungkin anda perlu periksakan lagi kesehatan organ reproduksi anda, karena anda ada sejarah keguguran sebelumnya.

  16. Salam kenal dok,saya mau tanya apa masih bisa hamil di usia 36.thn.soalnya. saya bingunng haid saya. Tidak teratur tgl nya. Terkadanng. Maju 1 harri kadang. Mundur 1 hari
    terus kpn masa. Subur saya,padahal ssy pingin punya momongan lagi dok

    • usia diatas 35 tahun termasuk usia dengan resiko kehamilan yang tinggi. sebaiknya anda konsultasikan ke dokter kandungan anda, sekaligus konsultasi atau periksakan organ reproduksi anda.

  17. Dok. Haid sy datang selalu nggak tepat tglnya selisih 1 hari tapi. Haidnya lancar sampai. 7 hari. Apa masih ada kemungkinan bisa hamil. Walau sy tdk muda lagi .seperti kakak sy bisa hamil di usia 38. thn. Apa ada. Vitaminnya dok yg harus dikonsumsi

    • klo kemungkinan hamil tetap ada, kalau memang anda dan suami subur, dan tidak ada masalah pada sistem reproduksi anda. cuman memang klo sudah diatas 35 tahun itu termasuk kehamilan resiko tinggi baik anda maupun bayinya nanti, jadi anda harus konsultasika bersama suami dan dokter kandungan sebelum program hamil.

  18. Apa. Ada vitamin yg khusus untuk dikonsummsi. Agar cepat hamil diusia seperti sy. Ini. dok
    Trus apa saja. yg harus di lakukaan. Agar cepat hamil

  19. dok saya mau tanya folic acid itu guna. Apa saja dan osfit DHA itu sebaikx di minum kapan ya dok
    Trus apa ada obaat yg mampu mempertahanann kandduungan jikka saya mengendarai. Sepeda motor agaaaar terhindar dari goncangan. tolong ya. Dok trim

  20. Maaf dok,maksud saya lepas 6 bln KB saya sdh tdk KB lagi,sekarang saya baru punya anak 1 dan hampir 1 tahun pasca keguguran saya blm hamil juga.

    • sebaiknya periksakan kondisi rahim dan organ reproduksi anda ke dokter, kalau tidak ada masalah, coba lebih banyak berusaha waktu masa subur anda, berdoa dan bersedekah.

  21. Dok follic acid sama osfit dha apa bolehh di. Konsumsi bersama? Apa ada oobatt yyg buat kandungan daari goncanngan sepeda motor dok?sebabb sy anntaar jemput anak pkai sepeda motor

    • seharusnya ndak masalah yah, itu vitamin dan suplemen untuk ibu hamil saja. Sebaiknya anda hindari banyak goncangan kalau sedang hamil muda, untuk jaga2 saja. jangan minum 0bat macam2, harus konsultasikan ke dokter kandungan anda

  22. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Saya mau tanya: saya sudah 4.5 tahun operasi caesar hamil di luar kandungan anak yang ke-2, dan hampir 1 tahunan saya juga sudah membeli buku dr rosdiana, tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda apapun untuk segera hamil. apa yang sebenarnya terjadi setelah sy melakukan operasi tsb.trmakasih atas jawabannya

    Wass.Wr.Wb

    • apa sudah diperiksakan ke dokter kandungan organ reproduksi anda termasuk rahim anda? sebaiknya diperiksakan untuk mengetahui apa ada masalah.

  23. Malam dok..saya juga abis kuret tgl 10 kmrn krn janin gak berkembang uk 12w sbelumnya saya kb 3bln slm 8th seusia ankq cowok yg pertama selepas kb 5bln kmudian saya hamil dan kuret setelah kluar flek trs lanjut pendarahan tanpa rasa sakit ato nyeripun ..tp sampe skrg sy lom ad tanda2 haid yg pertama dan terkadang perut sy kok terasa panas kepala sering pusing put1ng(maaf)sy seperti bumil ap itu tanda2 hamil jg sering kencing (maaf)..tp wkt sy TP bergaris 1…mohon petunjuknya dok…trims

  24. Malam dok,,sya mau tanya saya udh positif hamil 5-6minggu tp 1minggu blakangan ini misvi sya sring mengeluarkan bercak drah…sy udh konsultasi k dkter tp kta dkter tdk ap”. Apakah itu berarti saya sudah keguguran?
    makasih dok sblm na

  25. siang dok,,saya kan abis keguguran berumur 9 minggu,tp sayaa tdak di kuret pertanyaan
    apa tdk dampak negatip krn saya tdk d kuret tapi haid sayaa lancar dok?

    • anda bisa melakukan second opinion ke dokter kandungan lainnya untuk periksa usg, apa masih ada jaringan janin yg masih ada di kandungan anda

  26. Malam dok maaf mau tanya saya kan hbs keguguran tgl 15 oktober kmrin tp saya blm jg mens ,,kalau seumppama hamil gt,,ada resiko nggak ya sama sikecil,,tlg jawab ya trmaksh

    • kalau habis keguguran memang perlu waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan hormonalnya, jadi tidak langsung haid, kondisinya mirip2 dengan sewaktu melahirkan normal.

  27. Ass.wbr
    Malam dokter,sy habis kuret tgl 9 sep,umur kehamilan sy 10 mgg,haid tgl 7 okt,berhenti tgl 16 okt,tp 3 hari berikutnya keluar ƪäǥȉ flek coklat kehitam sampai tgl 23 kontrol ke dr.obgyn katanya msh ad sisanya trus di ksi obat seminggu ƪäǥȉ kontrol usg udh bersih,in haid ƪäǥȉ tgl 12 nop sampai 7 hari,tgl 24 nop brhub kok keluar drh lg sampai skrg knpyaa dok?

  28. Sore dok, saya pernah hamil 2 kali tp dua2 nya ga bisa bertahan dan saya keguguran yg pertama usia 5 minggu yg kedua 6 minggu.knp ya bisa terjadi keguguran berulang seperti ini???
    Yg pertama saya ga dikuret yg kedua di kuret dan yg kedua dianjurkan sama dokter untuk kb selama 3 bulan,ga boleh hamil.
    sekarang udah masuk 3 bulan pasca kuret , saya di anjurkan untuk cek tokso , apa itu tokso saya juga belom tau…..
    Mohon info nya dok,supaya saya bisa program lagi..

    • ya itu berarti ada masalah pada sistem reproduksi anda, entah rahim yang rapuh, atau karena yang lainnya, anda disarankan untuk kb dulu agar rahim anda lebih siap untuk kehamilan berikutnya. dan menurut penelitian 40% ibu hamil itu rawan terkena toksoplasma, sejenis penyakit/virus yang bisa menyebabkan keguguran spontan, makanya disarankan untuk cek toksoplasma dilab, untuk memastikan ibu terkena virus ini atau karena yang lainnya.

  29. haloo dok, saya mau tanya, saya haid kemarin tgl 16 desember 2014 dan skrg masuk januari 2015 apakah saya hamil krna berapa hari ini saya mual dan pusing – pusing tapi tidak sampe muntah dok.. tolong beri saranya dok. trimkasi…

    • kalau haidnya sudah normal kembali harusnya tidak ada masalah ya untuk segera hamil, dengan catatan memang rahimnya sehat dan alat reproduksi lainnya tidak ada masalah

  30. Dok saya menikah 9october 2014. Dan desember tanggal 24 saya testpec positif . Namun tanggal 31 desember saya mengalami keguguran spontan umur janin sekitar 2-3w, stelah di usg ke dokter, beliau bilang kalau janinnya bersih. Mungkin keguguran karna saya kecapekan dok. Apa itu bisa disebut kandungan saya lemah? Dan untuk bisa hamil lagi kira2 harus nunggu jeda nerapa lama ya dok?
    Terimakasih dok

  31. Dok, saya baru selesai dikuret pada tanggal 14 bulan januari 2015. Kemudian saya berhbgn kemarin dan kami tidak memakai pengaman sementara itu saya masih takut hamil lagi.
    Apakah ada kemungkinan untuk saya hamil dok ?

  32. dok…saya udah telat mens 4 hari terus pas mau Tp keburu keluar bercak darah dan keluar gumpalan darah…apkh sya sdang hamil&mngalami keguguran??

  33. ass..dok…. gini dok kemarin wktu tgl 26 des 2014 sya kguguran …tpi sdh haid normal seperti biasa …sya pngen bngt pnya ank… nah
    skrng sya mrasakan tnda” sring ngntuk.lemas.mual”.perut sring skit .sering pusing. sring kencing … maaf…tpi sya belum telat haid ..apa kemungkinan sya hamil ataw tidak…???? jwb ia penting dok…
    terima ksih

    • kemungkinan bisa ada, namun kalau lancar haidnya, sebaiknya tunggu sampai telat seminggu haidnya untuk memastikan, tapi klo mo coba tespek sekarang juga ga apa2, tapi klo hasilnya negatif ya jangan kecewa 🙂

  34. Dok saya mau tnay nie…saya kmren kan hbs kgugurn…stlah itu buln prtma stlah sya kgguran saya mens spt biasa….tp bulan skrg saya malah telat dok..sdangkan saya dgn suami saya tdk brhubungn bdan krnr suami saya lg d tugaskan d luar…..ada ap dok ya…..

    • ya mungkin sedang telat saja mensnya bu, memang kalau habis keguguran itu siklus mensnya jadi tidak teratur, butuh waktu

  35. bu sy br usia 35 thn bln februari kemarin keguguran dn di kuret sampai skrg sy blm br hbgn sm suami, apakah setelah haid pertama sy sudah bisa program lagi,,krn usia sy sudah 35 tahun?

    • sebaiknya anda konsultasikan langsung ke dokter kandungan anda, kerena usia diatas 35 tahun memang beresiko, apalagi baru keguguran.

  36. Malam doc. Saya mau tanya.. tgl 23 februari kmren sya keguguran dan harus kuret. Di hamil 2wek sya keguguran karna kecapean dan makan buah durian.saya sedang ingin sekali hamil karna ini anak yang ke 2. Untuk hamil kembali kira2 sebaiknya saya harus menunggu berpa bln baru boleh hamil lagi. Dan apa kah saya sudh boleh berhbgn dengn suami karna 3 hari dri kuret darah sudh tdak keluar lagi.tramakasih .di jwb ya doc.

    • ya dicoba saja bu, kita tidak tahu kapan dikasihnya sama Tuhan. walau umumnya dokter akan menyarankan setelah 1-3 bulan agar kondisi pulih benar dan memperbanyak makan2 bernutrisi tinggi dan sehat untuk kehamilan berikutnya.

  37. Siang dok,
    Tanggal 8 Februari yg lalu say dikuret, usia kandungan saya jalan 7 minggu dok,, tp ini hamil yg kedua,,anak pertama saya usia 13 bulan. setelah kure dalam waktu 4 hari darah saya sudah ga keluar,,setelah seminggu setelah kuret saya di usg hasilnya kata dokter sudah bersih, dan boleh program hami langsung dan saya dikasi vitamin, yg saya mau tanyakan setelah seminggu kuret dan sudah bersih sya melakukan hbgn dengan suami tp setelah itu keluar lendir berwarna pink beberapa hari tp tidak banyak,,dan sedikit agak nyeri didareah v sya, sampai saat ini saya belum haid juga tp keluar keputihan sudah 3 hari, apakah ada kemungkinan saya hamil dan kira2 kapan biasanya haid pertama setealh kuret? terima kasih dok

    • kalau masih ada keluar darah, mungkin belum benar2 bersih, sebaiknya beri jeda agak lama , bisa 1 s,d 3 bulan paling nggak beri kesempatan tubuh untuk memulihkan kondisinya untuk kesiapan kehamilan berikutnya

  38. Siang dok
    Blan sep yng lalu sya d kuret uk9 minggu,,setlah kuret slma 2 blan siklus haid sya cma 20 hri n dlm 1 blan dtangny 2x,,blan brkut msih snma tp lma haid sya brkrang mnjdi 5 hri dr yng biasa 7 hri,,stlah sya periksa k dokter kandungan d nyatakan rahim sya shat n normal tdk da mslah,,dokter bilang hirmon sya trllu aktif n sya d beri obat lanturol,,1 blan lagi sya d sruh cek,,dah 6 blan stlah kuret tp sya blum hamil yga dok,,sya sangat brhrap skli,,mhon solusiny dok trma kasih

    • kalau setelah keguguran biasanya menimbulkan akibat yang lebih mengarah ke psikis, apalagi dokter sudah memeriksa kalau kandungan sudah sehat tidak ada masalah, dan haid sudah lancar kembali. anda harus lebih banyak berusaha dan berdoa, dan lebih bersabar, serta menghilangkan bayang2 karena pernah keguguran, kurangi stres dan banyak konsumsi makan2 dan bergizi dan sehat.

  39. ass.. dok,saya mau nanya tgl 22 jan- kmeren saya kguguran n di kuret.sesudah d kuret saya nipas sampai tgl 19 feb-. tgl 23 feb- saya mens normal(7hari).. skarang tgl 27 mart- sya belon mens jga..apa saya lagi hamil dok? soalNya saya tdk Kb tpi setiap berhbungan slalu dkluarin dluar.tlong penjelasanNya dok..trimsksh

    • coba seminggu lagi kalau belum mens ditespek, soalnya biasanya butuh waktu untuk normal lagi mensnya setelah keguguran

  40. Selamat sore dok sy nia usai 24 thun 6 tahun lalu sy pernah hamil dan sy gugrkan .. Dan setahun yg lalu sy menikah tpi belum dikarunia bayi .. Tpat di bulan nov kmren sempet flek sy test positif tapi di usg ga ada janinnya .. Stlah 2 nnggu sy DB dok setalh itu sy test lg positif dok sy usg gak ada janinnya / tanda2 hamil .. Kt dokte rahim sy bagua gak mslah .. Tpi knapa sy blm jg hamil dok

  41. berapa jarak yang baik agar hamil aku nanti sehat setelah 2 kali kuret.kuret 1 bln nov th 2013 usia kndng 3 bln krn BO.dan ke 2 dok.tgl 9 maret lalu habis kuret krn plsenta lengket dgn usia kandgn 8 bln.dan dede nya meninggal didlm kndgn.suruh dktr nunggu min 3 bln ato 6 bln u/hmil.

  42. dok saya pernah keguguran sekali, tapi setelah keguguran siklus haid saya tidak normal. bahkan skrg saya belum haid juga sejak haid terakhir bulab april lalu. sudah usg, rahim saya baik2 saja. kata dokter yg menangani saya, saya terlalu stress, tpi justru karena saya tidak haid2 saya jadi tambah stress dok. sebaiknya saya harus bagaimana dok? mohon penjelasannya.
    terimakasih.

  43. Dok, saya baru saja keguguran ke 2, keguguran pertama tahun 2011 dikirek,, apakah saya bisa hamil dengan sehat??

    • kalau kegugurannya karena organ kandungannya lemah, atau ada masalah pada organ reproduksi, kemungkinan akan susah lagi, namun semua atas kehenadah Tuhan YME, jadi tetap ikhtiar (berusaha) dan berdoa

  44. Ass wr wb
    Dok ,sya risma usia sya baru 19 th, kmarin blan april sy kggugurn ank pertama usia kdngannya bru 8 minggu, dan harus di kuret , tapi smpe skarang belum ada tanda’ hamil lagi padahal siklus haid saya udah normal, mohon sarannya dok makasih

  45. Sore dok saya pernah di kuret 2 kali karna keguguran itupun kuret nya tahun 2011 dan sampe skrng saya belum hamil juga dok. Apakah saya masih bisa hamil dok saya belom pernah ikut kb juga terimakasih dok

  46. Pagi dok,, saya mau nanya saya sdah telat haid 10 hari dan sdah merasakan tanda2 kehamilan seprti mual,muntah2 pusing, ditest pack ada 2 garis tapi masih samar. Mungkin karena kecapean atau gendong2 anak pertama langsung kluar flek dan darah seperti haid dan terjadi kram bagian bawah perut secara berulang2. Apa itu tandanya saya sdah hamil dan keguguran? Mohon penjelasannya

  47. Saya dian.. usia sy 27 tahun,, mei 2015 sy di curretage. alhamdulillah 2 bulan stlh dicurretage sya hamil lg.. usia kandungan sy skrrg 7 week.. ayo semanget temen”.. positif thngking, berusaha n berdoa.. Semoga Allah memberi kebahagiaan buat kalian semua,, aamiin.

  48. Dok, saya baru saya keguguran anak ke2, usia kehamilan 19 minggu dikarenakan ketuban pecah dan habis, saya usia 36 tahun, bisakah saya program hamil lg setelah 2 bln dikuret?

  49. HaLLo dok.sy mau tnya. sya wanita 23th. 8bLn prnikahan sy positif hamil. tapi tdk ada tnda2 hamil sprti mual muntah. hnya srg ngantuk saja.stelah usg usia 5mggu dkter blg sprti ada tnda2 pndarahan.LLu dKasih pnguat.1mggu knsumsi pnguat sya malah ngflek bhkan merah wrnanya.llu sya cek kdkter usg lg. ktanya janin tdk brkembang.dkter mnyuruh kuret.tp sblm kuret malah sudh kluar sndri.usg lg sdh brsih.tp knpa pasca kgguran haid jd agk sdkit yaak dok?sya kgguran bln maret lalu dok.smpe skrg blm hmil lg. normalkah haid sdkit itu dok?trmksh.

    • Malem dok,saya dulu pernah ke guguran,tapi ke guguranx karna di pijet ke dukun terus habis itu langsung keluar darah,pas setelah dua hari di pijet lagi sama dukunx sambil di kasik obat aborsi,trus sekarang aku kok ngak hamil” lagi ya dok udah hampir 1tahun..mohon penjelasanx..trims

  50. Dok,saya pernah keguguran.udh hampir 2 tahun saya blm hamil lgi.haid saya maju terus.apakah stres ngaruh sama siklus haid ya

  51. dok, saya mau tanya, saya habis keguguran uda mau dua minggu, tips cara cepat hamil lagi gmna yh dok, soalx aku sama suami ku pengen cepet” dapat momongan dok, mohon bantuannya dok. terima kasih sebelumnya.

  52. pagi dok.. saya 38thn. haid terakhir 15sept tgl 20okt saya tespek positif tp kemarin saya jatuh trus kram perut.sakitnya luar biasa lalu mens apakah sy keguguran. terimakasih dok

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*