Cara dan Manfaat Memberikan Pelajaran Hidup Pada Remaja

Penting bagi para orang tua untuk menerapkan cara dan metode memberikan pelajaran hidup yang baik untuk anak di usia remaja agar tidak nakal dan tidak mudah terjerumus di kemudian hari, serta agar anak menjadi penurut atau berbakti kepada orang tua.

Peran kita sebagai orang tua dibutuhkan untuk memberikan pelajaran hidup pada remaja, karena pada masa remaja akan mengalami banyak perubahan. Mereka belajar menemukan identitas unik pada diri mereka, mencoba menyesuaikan diri sendiri.

Manfaat Memberikan Pembelajaran Hidup Pada Remaja

Masa di mana hormonnya menjadi labil saat mereka menghadapi keseimbangan hidup antara orang tua dan teman-temannya. Mereka membutuhkan seseorang untuk di ajak bicara atau komunikasi untuk itu sebagai orang tua berusaha mengarahkan dengan memberi nasehat tentang kehidupan nyata. 

Advertisement

Pelajaran Masa Remaja

Pelatih hidup dapat membantu orang tua untuk melakukan pencegahan terhadap suatu hal yang akan berdampak buruk di kemudian hari, Jangan menunggu sampai remaja mulai menjadi pemberontak, atau hingga menjadi depresi dan mengirimnya ke psikiater.

Solusinya adalah dengan mengenali bahwa ini adalah masa sulit dalam kehidupan anak remaja memang karena dinamika yang berubah secara fisik, emosionalnya dan sosial dilingkungan, hal ini terkadang mendorong mereka untuk mulai berani atau jadi pemberontak jika Anda tidak tepat mengarahkan anak Anda.

Untuk itu sebagai orang tua di harapkan mampu memberi nasehat dengan mengenali masalah hidup anak usia remaja dengan membicarakan tujuannya, teman-temannya dan membantu menjalankan gagasan anak jika memang akan berdampak baik bagi anak, jangan terlalu egois kepada anak sesekali dukunglah gagasan anak Anda agar tidak menjadi pemberontak di kemudian hari.

Mengajarkan Remaja Untuk Menetapkan Tujuan

Sebagai orang tua tentu lebih berpengalaman tentang hidup untuk itu usahakan memberikan arahan kepada anak tentang cara menetapkan tujuan dan visualisasi tentang masa depan yang akan mereka hadapi di kemudian hari agar mereka dapat memberdayakan nasehat Anda selama masa hidupnya kelak hal ini penting

BACA JUGA  Kiat Dalam Menghadapi Pertengkaran Antara Kakak Dan Adik

Di lakukan karena mereka dapat dengan mudah kehilangan fokus dan mudah terganggu dengan hal-hal baru yang belum tentu bermanfaat. Masa remaja memang bisa sangat egois mereka sering lebih fokus kepada teman-temannya daripada orang tua.

Advertisement

Untuk itu maklumi dan tetap berusaha mengajarkan tentang bagaimana menetapkan tujuan hidup mengajarkan bagaimana agar fokus dengan hal yang bermanfaat dan cara menumbuhkan identitas diri yang baik serta mengajari kehidupan bersosial, pastikan mereka juga harus bisa memahami pentingnya masa depan.

Meluangkan waktu setiap minggu untuk membahas tujuan, rencana kerja / sekolah dan impian remaja di masa depan. Dengan tujuan  agar mereka tidak mudah kehilangan fokus dalam menuju kesuksesan tentang tujuan mereka ajari mereka langkah-langkah tepat untuk mencapai tujuannya hal ini dapat membantu remaja agar tidak stres memikirkan caranya, menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai/realistis serta terikat tanggung jawab dengan rencana dan tujuannya.

Mengajarkan Tanggung Jawab Remaja

Penting sebagai orang tua untuk mengajarkan remaja tentang pentingnya tanggung jawab di dunia nyata, dengan bertanggung jawab akan mengajarkan integritas pada remaja, atau melakukan apa yang seharusnya lebih penting untuk dikerjakan.

Bertanggung jawab atas tindakannya dan memiliki integritas dapat membuka pikiran pada remaja, hal ini menumbuhkan minat remaja agar lebih giat belajar, menambah ketrampilan dan wawasan anak tentang bagaimana menjalani kehidupan dimasa depan.

Menanamkan Keyakinan

Selama masa remaja, kepercayaan diri sedang dibangun dan berada pada tahap yang sangat rapuh. Seorang remaja yang terus-menerus mengalami hal kurang baik secara emosional di tahap ini di dalam kehidupan mereka, hal ini mungkin dapat terbawa sampai masa dewasa mereka sehingga memiliki kepercayaan diri yang buruk. Ingatkan selalu tentang pentingnya kekuatan percaya diri agar mereka terdorong dan tertantang untuk mencapai tujuannya.

BACA JUGA  Tips Memilih Kain Bedong Bayi Yang Bagus & Nyaman

Berikan pujian tentang ketrampilan mereka agar mereka bisa melihat ‘kekuatan’ dalam dirinya agar percaya diri dengan kemampuannya, dengan tumbuhnya kepercayaan dan keyakinan diri mereka akan berdampak pada saat mereka menentukan pilihan hidup yang baik seperti saat memilih tempat kuliah yang bagus atau lingkungan dan teman-teman yang mereka pilih serta memiliki hubungan baik kepada orang tua saat mereka dewasa

Remaja juga wajib diajarkan bagaimana membangun kepercayaan diri tanpa merugikan orang lain mengajarkan agar tidak mengintimidasi orang lain. Serta mendidik remaja tentang bagaimana menjadi percaya diri dan memilih hal penting dan tidaknya sesuai dengan visi dan tujuan mereka.

Membangun kepercayaan diri remaja bisa dimulai dari memanajemen waktu, meningkatkan minat dengan hal yang positif serta mengajarkan bagaimana memiliki pola pikir terbuka dan positif agar saat dewasa memiliki citra diri yang baik dan santun.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini manfaat penting memberikan pelajaran hidup pada remaja. Semoga dapat memberikan referensi yang bermanfaat dalam memberikan bimbingan yang terbaik untuk anak-anak kita.

Advertisement
About Arief 21 Articles
Seorang mahasiswa yang sedang berjuang menamatkan kuliah. Penulis, weekend photographer, dan gamer musiman. Punya cita-cita traveling ke Spanyol tapi belum kesampaian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*