5 Cara Memakai Masker Madu Yang Benar

Cara memakai masker madu yang benar harus Anda ketahui agar hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan. Menggunakan masker madu memang menjadi salah satu pilihan alternatif yang cukup menjanjikan untuk mengatasi berbagai permasalahan di kulit wajah. Pasalnya madu memiliki banyak sekali kandungan zat yang berkhasiat untuk kulit.

Beberapa manfaat madu untuk wajah di antaranya seperti:

  1. Sebagai pelembap alami
  2. Kaya akan kandungan antioksidan
  3. Memberikan nutrisi yang menyehatkan kulit
  4. Menyamarkan bekas jerawat
  5. Mencerahkan kulit secara alami
  6. Mencegah penuaan dini
  7. Menyamarkan keriput dan flek hitam
  8. Mencegah kanker kulit
  9. Mengatasi jerawat secara alami
  10. Mengobati luka dan infeksi

Cara memakai masker madu yang benar

Cara memakai masker madu yang benar 1

Berikut ini adalah tips memakai madu yang benar:

Advertisement

1. Gunakan madu asli

Cara memakai masker madu yang benar sangat ditentukan oleh jenis madu yang digunakan. Manfaat madu akan berkurang jika dicampur dengan bahan-bahan kimia atau diproses pada suhu tinggi.

Untuk memastikan Anda mendapatkan semua khasiat yang ada pada madu, maka Anda harus menggunakan madu murni asli, bukan yang palsu atau oplosan.

Madu asli yang belum dicampur dengan bahan-bahan lain dan belum melewati proses pabrikan tentu saja memiliki khasiat yang masih terjaga. Jadi pastikan Anda menggunakan madu asli yang masih murni agar bisa mendapatkan semua khasiat yang dijanjikan oleh madu.

2. Bersihkan sisa-sisa kosmetik sebelum memakai masker madu

Cara memakai masker madu yang benar berikutnya adalah membersihkan muda dari sisa-sisa kosmetik sebelum mengaplikasikan madu pada wajah.

Advertisement

Sisa-sisa kosmetik yang masih melekat di permukaan kulit bisa menutupi pori-pori sehingga madu sulit untuk meresap ke dalam. Selain itu iritasi wajah karena kosmetik dan munculnya jerawat juga bisa terjadi jika sisa-sisa kosmetik ini terlalu lama dibiarkan.

BACA JUGA  10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Menakjubkan

Untuk itu sebelum menggunakan masker madu pastikan Anda sudah membersihkan sisa-sisa kosmetik dengan tuntas menggunakan toner pembersih.

3. Cuci muka dengan air hangat sebelum menggunakan masker

Sebelum memakai masker madu, Anda juga sebaiknya mencuci muka dengan air hangat. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori agar manfaat madu untuk wajah lebih mudah meresap.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa memasukkan air panas ke dalam baskom kemudian dekatkan wajah Anda ke permukaannya untuk mendapatkan uapnya. Tutupi bagian kepala dengan handuk agar uap bisa fokus mengarah ke wajah. Cara ini juga bisa bekerja untuk membuka pori-pori dan membuat kulit wajah lebih rileks.

4. Jangan sembarangan mencampurkan madu dengan bahan-bahan lain

Mencampur madu dengan bahan-bahan lain memang bisa memberikan khasiat ekstra. Setiap bahan memiliki khasiat yang berbeda-beda, contohnya seperti mencampur madu dengan kayu manis untuk mengatasi jerawat yang meradang, mencampur madu dengan susu untuk masker memutihkan wajah, atau mencampur madu dan lemon untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Tapi sebaiknya Anda tidak mencampur madu dengan sembarang bahan yang belum Anda pahami efeknya.

Untuk memudahkan Anda, berikut ini adalah beberapa resep masker madu yang bisa Anda coba:

Masker Madu Untuk Memutihkan Wajah

Masker Madu Untuk Jerawat dan Bekasnya

5. Setelah selesai menggunakan masker, bilas wajah dengan air dingin

Cara memakai masker madu yang benar terakhir yakni membilas wajah dengan air dingin setelah selesai menggunakan masker. Hal ini bertujuan untuk merapatkan kembali pori-pori dan menstabilkan kulit.

Selain itu saat mengeringkan wajah sebaiknya Anda menggunakan handuk berbahan lembut dan tidak mengeringkannya dengan cara digosok tapi cukup ditepuk-tepuk saja. Menggosok wajah dengan handuk yang kasar bisa menyebabkan luka mikro yang menyebabkan wajah terlihat kusam.

BACA JUGA  5 Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah Dengan Madu
Advertisement
About Annisa Aprilia 147 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*