Tips Mudah Cara Membedakan Kosmetik Asli dan Palsu

Saat ini peredaran kosmetik palsu di pasaran sudah merajalela. Kita sebagai konsumen harus lebih berhati-hati. Kosmetik palsu biasanya terbuat dari bahan berbahaya. Misalnya mengandung zat merkuri yang bisa menyebabkan kanker kulit.

Oleh karena itu sebagai pengguna yang cerdas harus lebih teliti dan berhati-hati. Untuk orang awam memang sulit membedakan kosmetik asli dan palsu. Jika dilihat dari bagian luarnya memang sama.

cara membedakan kosmetik asli dan palsu

Jadi kamu harus melihat dengan lebih teliti. Penggunaan kosmetik palsu terus menerus akan merusak kulit dan membuat iritasi pada kulit kamu.

Advertisement

Cara Membedakan Kosmetik Asli dan Palsu

Ketika mempelajari cara berbisnis kosmetik impor, kamu harus tahu cara membedakan kosmetik asli dan kosmetik palsu.

Berikut ini beberapa cara untuk membedakan kosmetik asli dan kosmetik palsu:

1. Harga Kosmetik

Ketika memulai cara berbisnis kosmetik impor, kamu pasti sangat memperhatikan harga produknya. Begitu juga ketika membedakan kosmetik asli dan kosmetik palsu. Harga sangatlah membedakan. Untuk kosmetik palsu biasanya mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan kosmetik asli. Terutama untuk kosmetik-kosmetik impor.

Kosmetik impor asli mempunyai harga yang mahal. kamu bisa cek di website resmi merek kosmetik tersebut. Misalnya lipstik merek mac asli mempunyai harga 250 ribu rupiah. Untuk harga kosmetik yang palsu biasanya hanya 100 ribu rupiah saja.

Perbedaan harganya terkadang bisa lebih dari separo harga. Jadi jika kamu mendapatkan harga kosmetik yang sangat murah, kamu harus berhati-hati. Jangan langsung percaya dengan toko yang mengatakan bahwa barang tersebut merupakan produk asli,

2. Ada Nomor BPOM

Cara membedakan kosmetik asli dan palsu yang kedua adalah memperhatikan nomor registrasi BPOM-nya.

Advertisement
BACA JUGA  Daftar Nama Zat Berbahaya Pada Kosmetik Yang Harus Anda Tahu

Dalam berbisnis kosmetik impor, kamu harus mempunyai nomor BPOM. Nomor BPOM (badan pengawas obat dan makanan) harus ada dalam setiap produk kosmetik yang asli. Ini menandakan produk tersebut aman untuk digunakan. Pastikan kosmetik yang kamu beli terdapat nomor BPOM resmi. Tetapi juga jangan langsung dipercaya, karena saat ini ada banyak sekali nomor BPOM yang di palsukan.

Untuk kosmetik asli yang mempunyai nomor BPOM asli, kamu bisa mengecek nomor tersebut di website resmi BPOM. Jika nomor tersebut ada di website bpom berarti kosmetik tersebut asli. Selain itu nomor BPOM resmi lebih rapi dibandingkan nomor yang palsu.

3. Customer Service

Menurut pemberitahuan dari BPOM semua produk kosmetik yang beredar di Indonesia harus mempunyai nomor customer service. Nomor customer service biasanya tertulis di bungkus kosmetik bagian luar. Dengan adanya nomor customer service, kita bisa melakukan komplain jika ada keluhan.

Pada cara berbisnis kosmetik impor, sedikit orang yang memperhatikan kontak customer service ini. Terutama pada cara berbisnis kosmetik online. Nomor contact service harus selalu ada. Jadi jika ada pelanggan yang komplain, bisa langsung menghubungi nomor tersebut. Pada saat membeli produk kosmetik asli, perhatikan nomor customer service dengan teliti.

4. Packaging

Jika dilihat secara seksama packaging produk kosmetik yang asli dan palsu sedikit ada perbedaan. Pertama kamu bisa melihat dari segelnya. Segel kosmetik asli biasanya lebih rapi dibandingkan kosmetik yang palsu. Ada beberapa produk kosmetik asli yang menggunakan segel hologram, sedangkan kosmetik yang palsu hanya menggunakan segel kertas saja. Selain itu kamu bisa melihat pada bagian barcodenya.

Untuk kosmetik asli mempunyai barcode yang rapi sedangkan kosmetik palsu mempunyai barcode yang berantakan. Semua pebisnis ketika menggunakan cara berbisnis kosmetik impor memang jarang memperhatikan hal tersebut,

BACA JUGA  Cara Alami Merawat dan Menjaga Kehalusan Kulit Wajah

Sebenarnya dari tekstur dan wanginya juga agak berbeda. Untuk kosmetik yang asli biasanya mempunyai tekstur yang lebih halus dan wangi yang enak. Sedangkan kosmetik palsu memiliki tekstur yang lebih kasar dan wanginya agak aneh.

Dalam membedakan kosmetik asli dan kosmetik palsu memang harus hati-hati dan teliti. Jangan asal saja, supaya kamu bisa mendapatkan manfaat dari kosmetik tersebut. Buat para pengusaha kosmetik, kamu harus mengetahui cara berbisnis kosmetik impor. Supaya tidak tertipu dengan supplier yang menjual kosmetik palsu.

Advertisement
About Alvina 11 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan memasak. Suka dengan semua yang serba minimalis, nggak perlu cantik-cantik amat yang penting sehat. Yap! kesehatan adalah prioritas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*