25 Cara Mengatasi Insomnia Akut Secara Alami

Cara Mengatasi Insomnia Akut Secara AlamiCara Manjur,  Jika Anda pernah mengalami sulit tidur, susah tidur pada malam hari, atau lebih dikenal dengan insomnia, Anda tahu betapa stresnya hal itu. Anda sangat ingin tidur, tetapi tubuh atau otak Anda seperti menolaknya. Stres karena mengetahui Anda tidak bisa tidur dapat membuat insomnia semakin buruk. Ada beberapa obat dan resep yang bisa Anda pakai, tetapi ada juga beberapa cara alami untuk insomnia yang bisa Anda coba sendiri.

Banyak dari saran yang ada di halaman ini gratis atau cukup murah, dan pengobatan insomnia secara alami ini tentu saja butuh waktu untuk memperoleh hasilnya tidak bisa cepat seperti obat insomnia resep dokter. Anda mungkin pernah mendengar tentang beberapa pengobatan insomnia ini sebelumnya, tetapi mudah-mudahan ada beberapa yang baru yang dapat Anda tambahkan ke daftar Anda tentang cara-cara tidur lebih mudah. Tidak semua cara mengatasi insomnia ini akan bekerja untuk semua orang, jadi Anda dapat memilih mana yang akan anda coba sampai Anda menemukan satu atau dua yang dapat membantu Anda tidur nyenyak dan sembuh dari insomnia. Simak terus sampai habis yaa…

Cara Mengatasi Insomnia Akut Secara Alami

cara mengatasi insomnia akut

1. Mandi dengan Air Hangat

Air hangat meningkatkan suhu tubuh Anda, dan ketika suhu tubuh turun kembali, itu dapat membantu Anda lebih mudah tertidur. Anda juga dapat mencoba menambahkan garam Epsom ke dalam bak mandi: 1-2 gelas di dalam air akan menenangkan otot-otot Anda dan membantu Anda rileks.

Advertisement

2. Nyalakan Musik Yang menenangkan

Musik yang menenangkan dapat menenangkan dan membantu Anda menghilangkan stres dan kekhawatiran yang mungkin Anda alami pada siang hari. Musik klasik atau musik lembut lainnya tanpa lirik biasanya jadi pilihan paling baik.

3. Aromaterapi

Aroma yang berbeda telah digunakan selama berabad-abad untuk menciptakan suasana hati. Menggunakan lilin atau minyak esensial dengan aroma yang tepat dapat membantu mengendurkan otak Anda. Lavender dan chamomile adalah dua minyak esensial yang digunakan untuk tujuan ini.

4. Gunakan White Noise untuk Terapi Insomnia

Menggunakan kipas atau mesin yang membuat suara ‘bising” buatan atau istilahnya white noise dapat membantu menghalangi suara lain dan anda bisa fokus pada suara tersebut dan  dapat membantu Anda tidur.

5. Minum Segelas Susu Hangat

Susu hangat adalah obat rumah yang telah ada selama berabad abad, karena memang cenderung bekerja. Anda juga dapat menambahkan madu ke susu untuk bonus tambahan.

6. Makan Snack Pengantar Tidur

Makan sesuatu di malam hari, terutama jika Anda makan sesuatu dengan karbohidrat (seperti roti bakar), dapat membuat Anda merasa lelah (seperti setelah makan siang yang sarat karbohidrat), sehingga dapat membantu Anda tertidur.

7. Pijat

Pijat membantu mengendurkan otot dan meredakan ketegangan di tubuh, dan kedua hal itu dapat membantu Anda tidur sedikit lebih mudah. Jika ada seseorang di rumah yang dapat memberi Anda pijatan sebelum tidur, silakan anda coba.

8. Minum Teh Herbal

Teh kamomil atau teh bunga markisa dapat digunakan sebagai obat penenang ringan jika dikonsumsi sekitar 30 menit sebelum tidur.

9. Lebih Banyak Olahraga di Siang Hari

Dengan berolahraga di siang hari (tidak menjelang tidur), tubuh Anda mendapatkan banyak manfaat. Latihan melepaskan ketegangan di tubuh dan juga membantu memastikan bahwa tubuh Anda lelah pada sore menjelang malam hari.

Advertisement

10. Latihan Yoga

Latihan yoga ini sangat cocok untuk relaksasi. Banyak latihan yoga memiliki komponen spiritual yang juga dapat membantu relaksasi dan kesejahteraan.

11. Akupunktur

Akupuntur banyak yang menganggapnya efektif untuk insomnia. Seorang praktisi memasukkan jarum kecil ke area tubuh Anda yang akan memicu respons yang tepat. Perawatan umumnya tidak sakit dan banyak yang merasa santai.

12. Tingkatkan Magnesium

Kekurangan magnesium adalah salah satu penyebab insomnia, jadi makan lebih banyak sayuran hijau, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan atau minum suplemen untuk memastikan Anda mendapatkan cukup mineral penting ini.

13. Persiapkan Kamar Tidur Anda

Tip ini adalah saran yang bagus untuk siapa saja yang ingin mendapatkan istirahat malam yang baik. Anda perlu memastikan tempat tidur Anda nyaman dan Anda hanya menggunakannya untuk tidur. Pastikan juga ruangan Anda cukup gelap, bahwa tidak ada jam menyala di dalam ruangan, dan suhunya sedikit dingin.

14. Feng Shui Kamar Tidur Anda

Feng shui didasarkan pada prinsip bahwa energi dapat bergerak atau stagnan tergantung di mana Anda meletakkan barang-barang di dalam ruangan. Mungkin patut dicoba!

15. Hindari TV dan Media Lainnya Sebelum Tidur

Nonton TV, Internet, atau video game sebelum tidur dapat membangunkan otak Anda, jadi cobalah untuk menghindari media apa pun selama sekitar satu jam sebelum tidur.

16. Meditasi dan Pernafasan Dalam

Meditasi dapat membantu menjernihkan pikiran Anda dan membantu Anda tidur lebih cepat. Teknik pernapasan dalam dapat melakukan hal yang sama.

17. Batasi Kafein

Kafein dapat menyebabkan terjaga di malam hari, jadi yang terbaik adalah membatasi keduanya jika Anda mengalami insomnia.

18. Pertahankan Jadwal Rutinitas Anda

Berpegang teguh pada rutinitas baik untuk tubuh Anda, karena Anda terbiasa tidur pada waktu yang sama setiap hari. Sebagai aturan, jangan tidur larut malam, tidur tepat waktu (dan pada waktu yang sama setiap hari), dan hindari tidur siang jika Anda bisa.

19. Coba Melatonin

Melatonin secara alami dibuat oleh tubuh dan sangat penting untuk tidur. Anda dapat minum suplemen, yang banyak orang katakan sangat efektif untuk insomnia.

20. Kunyah Beberapa Akar Tanaman Valerian

Obat herbal berupa akar tanaman velerian ini menstabilkan siklus tidur, dan bekerja sebagai obat penenang ringan. Mungkin butuh beberapa minggu untuk ramuan untuk berlaku. Apa itu akar Valerian? baca di wikipedia ini ya penjelasannya.

21. Membuat Jural Tidur

Beberapa orang merasa terbantu untuk membuat jurnal tidur sehingga mereka dapat melacak apa yang mereka makan dan lakukan di siang hari dan bagaimana mereka melakukannya setiap malam. Ini membantu mereka menemukan pola atau masalah yang dapat menyebabkan insomnia. Mengobati insomnia bukan satu-satunya alasan Anda harus mulai membuat jurnal tidur, karena jurnal ini bisa memiliki banyak kegunaan sehat lainnya

22. Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan dapat berkontribusi pada gangguan tidur dan juga dapat mengganggu hormon yang penting untuk tidur.

23. Terapi Perilaku Kognitif

Seorang terapis dapat membantu Anda mengubah pola pikir Anda, yang dapat membantu Anda menangani proses pemikiran Anda saat tertidur.

24. Dapatkan Sinar Matahari Siang Hari

Sinar matahari pada kulit membantu tubuh membuat vitamin D dan penting bagi tubuh untuk berfungsi. Mendapatkan sinar matahari di awal hari membantu tubuh mengatur dirinya sendiri.

25. Bangun jika Anda Tidak Dapat Tidur

Jika tidak ada yang berhasil dan Anda tidak bisa tidur, bangun dan lakukan sesuatu selama beberapa menit lalu kembali dan coba lagi.

Hampir setiap orang telah mengalami frustrasi akibat insomnia setidaknya sekali. Jika Anda mengalami insomnia akut, Anda mungkin sudah waktunya harus berkonsultasi dan terapi insomnia anda dengan dokter. Cara mengatasi insomnia akut secara alami diatas bisa digabungkan dengan saran dokter jika anda menderita insomnia akut yang sudah butuh penanganan segera.

Advertisement
About Annisa Aprilia 140 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*