Cara Mengatasi Komedo dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengatasi Komedo dengan Cepat dan MudahCaramanjur.COM, Kemunculan komedo, flek hitam, maupun bekas jerawat sangat sering jadi pengganggu penampilan wajah Kamu. Kamu juga ingin sekali cepat menghilangkan komedo tesebut supaya kulit wajah tetap bersih dan cantik. Sebelum kami mengulas cara mengatasi komedo sebaiknya Kamu ketahui dulu penyebab komedo.

Penyebab Komedo

Komedo yakni benjolan mungil dan termasuk tipe jerawat ringan yang umumnya muncul di wajah, terutama sekitar hidung, tapi kadang muncul pula di bagian punggung, dada, lengan, bahu, dan leher.

Penyebab komedo yaitu penyumbatan pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan minyak / sebum. Warna komedo ini ada yang putih sebab tertutup kulit, tetapi ada pun yang hitam dikarenakan terbuka.

Penyebab komedo tesebut rata rata disebabkan beberapa hal pemicu yang barangkali berbeda bagi setiap penderita. Elemen pemicu ini akan menyebabkan seorang lebih rentan mengalami komedo.

Advertisement

Berikut ini merupakan beberapa hal pemicu penyebab komedo :

  • Produksi minyak yang berlebihan terhadap tubuh
  • Terdapat penumpukan bakteri propionibacterium acnes yang merupakan penyebab jerawat pada kulit
  • Iritasi terhadap folikel rambut dikarenakan terhambatnya pelepasan sel kulit mati
  • Mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan litium, androgen, dan kortikosteroid
  • Produk kosmetik yang tak sesuai dan menyebabkan penyumbatan pori-pori
  • Hal genetika
  • Perubahan hormonal contohnya berlangsung waktu masa remaja, diwaktu menstruasi, atau pada perempuan yang mengonsumsi pil KB

Cara Mencegah Komedo

Sekian Banyak cara dapat kamu lakukan untuk mencegah timbulnya komedo pada wajah, caranya adalah sebagai berikut :

  • Hindarilah hal pemicu atau penyebab komedo
  • Jagalah kebersihan kulit, cucilah muka dengan cara rutin setidaknya 2 kali sehari.
  • Memilih produk kosmetik yang berlabel “noncomedogenic”. Noncomedogenic artinya tak menyebabkan komedo.
  • Seandainya keadaan rambut Kamu berminyak, cucilah tiap hari dikarenakan minyak dari rambut sanggup mempengaruhi keadaan kulit wajah.
  • Pakai masker dan scrub wajah alami buat membersihkan sel kulit mati dan kotoran lainnya yang susah dibersihkan dengan pembersihan biasa.
BACA JUGA  Kulit Putih Bersih Secara Alami dengan Lulur Tradisional

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

cara mengatasi komedo dengan cepat

Advertisement

Berikut ini yaitu beberapa cara menghilangkan komedo yang sering dimanfaatkan dan bisa jadi pilihan Kamu. Sebelum jalankan cara perawatan mengatasi komedo di bawah ini, sebaiknya kamu konsultasikan lah terlebih daulu dengan dokter akan keluhan yang Kamu alami dan mengecek apakah Kamu mempunyai alergi kepada suatu terapi. Atau coba dulu cara alami mengatasi komedo kalau kamu mau lebih sabar dalam proses perawatannya, karena tanpa efek samping.

  • Perawatan Sendiri Memakai Produk Bebas

Tidak Sedikit produk penghilang komedo yang diklaim bisa menghilangkan komedo dan dipasarkan dengan cara bebas. Produk tsb ada yang berbentuk krim, gel, atau juga dalam bentuk plester yang langsung ditempelkan kepada kulit. Pada kebanyakan cara kerja produk tersebut ialah mengurangi kelebihan minyak, membunuh bakteri, dan mendorong kulit buat melepaskan sel kulit mati.

Disaat Kamu memanfaatkan produk bebas ini buat menghilangkan komedo, pastikan Kamu mengikuti tata cara penggunaan, dan seandainya tak memberikan hasil membaik sesudah 3 bulan, sebaiknya cepat konsultasikan kepada dokter.

  • Memakai Obat-Obatan dengan Pengawasan Dokter

Dengan cara memeriksakan diri ke dokter kulit kamu akan memperoleh resep obat yang bisa menghilangkan komedo. Obat tsb tergolong kuat di bandingkan produk bebas, dapat mencegah terjadinya sumbatan serta dapat mempercepat proses pergantian sel kulit. Dalam sekian banyak kasus komedo yang diiringi jerawat sehingga dokter bisa jadi bakal memberikan kombinasi antibiotik.

  • Memanfaatkan Komedo Ekstraktor

Komedo ekstraktor yaitu satu buah alat yang ditekankan ke pori-pori kulit buat mengelurkan isi sumbatan komedo. Apabila Kamu mau memanfaatkan cara menghilangkan komedo dengan cara ini, sebaiknya hubungi dokter spesialis kulit atau dermatologis, tetapi ada beberapa risiko yang mesti dipertimbangkan seperti proses ekstraksi yang tak tuntas, kerusakan jaringan, munculnya jaringan parut, serta kembali munculnya komedo.

  • Pengelupasan Kulit

Pengelupasan pada kulit terluar dapat bermanfaat untuk menghilangkan komedo dengan cara melepas sumbatan yang menjadi penyebab komedo dan juga menghilangkan sel kulit mati. Kamu bisa memanfaatkan scrub wajah atau exfoliator.

BACA JUGA  Ladies! Ini Dia 5 Tips Memilih Lipstik Agar Bisa Tampil Sempurna

Kamu juga mampu memakai teknik mikrodermabrasi yaitu proses pengelupasan kulit dengan alat yang khusus yang harus dilakukan oleh seseorang dokter spesialis yang memanglah ahlinya.

  • Terapi Laser

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan komedo yaitu terapi laser dan cahaya (light and laser therapy). Teknik ini sanggup menyingkirkan komedo dan jerawat tidak dengan merusak lapisan atas kulit serta dapat sekaligus membunuh bakteri dan juga bisa menurunkan produksi minyak.

Itulah info yang perlu diketahui seputar penyebab, cara mencegah dan cara menghilangkan komedo. Memiliki komedo di wajah memanglah benar-benar bisa mengganggu penampilan, tapi sebaiknya Kamu berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum jalankan perawatan kulit dikarenakan bisa saja menyebabkan alergi atau risiko yang lain.

Advertisement
About Annisa Aprilia 146 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*