10 Cara Alami Mengatasi Wajah Iritasi Karena Kosmetik

Rasa gatal dan perih pada wajah bisa saja terjadi saat Anda mengalami iritasi akibat kosmetik. Biasanya iritasi muncul akibat penggunaan kosmetik wajah yang berlebihan atau karena tidak cocok dengan kandungan dalam kosmetik tersebut.

Berikut ini adalah 10 cara mengatasi wajah iritasi karena kosmetik secara alami:

1. Cuci bersih wajah

cuci muka

Cara atasi kulit wajah iritasi karena kosmetik yang pertama adalah mencuci muka dengan air bersih.

Advertisement

Kulit Anda mungkin mengalami iritasi karena bersentuhan dengan bahan kosmetik yang tidak cocok, nah cara paling mudah untuk menghilangkannya adalah dengan membasuhnya.

Anda bisa menggunakan sabun pembersih yang cocok dengan kulit Anda, namun tidak disarankan mencuci muka dengan sabun yang mengandung alkohol.

Berikut ini cara mencuci muka yang benar saat terjadi Iritasi pada kulit wajah:

  1. Pertama silakan basahi wajah Anda dengan air dingin.
  2. Kemudian gunakan sabun pencuci wajah khusus kulit sensitif dengan gerakan memutar sambil dipijat secara lembut.
  3. Setelah itu silakan bilas dengan air dingin.
  4. Terakhir silakan keringkan wajah Anda dengan handuk atau tisu dengan cara ditepuk – tepuk secara perlahan, sanga dilarang menggosok atau mengusap wajah Anda saat mengeringkan, karena hal tersebut bisa membuat kulit semakin teriritasi.

Anda juga dapat mencoba pembersih wajah yang mengandung sulfat, karena sulfat dapat meredakan peradangan pada kulit. Atau Anda juga dapat mencoba pembersih yang mengandung zat benzoil peroksida jika kulit Anda tidak sensitif atau terdapat jerawat pada kulit yang mengalami iritasi.

2. Gunakan pelembab

gunakan pelembab untuk mengatasi iritasi karena kosmetik

Setelah mencuci wajah Anda dengan air bersih, maka sebaiknya segera oleskan krim pelembap wajah yang tidak mengandung alkohol.

Hal ini bertujuan untuk mengunci kelembapan yang ada pada kulit wajah Anda.

Berikut ini adalah tips memilih pelembab yang baik dan juga menggunakan pelembab dengan cara yang benar:

BACA JUGA  Cara Meluruskan Rambut Secara Alami dan Efektif

Pertama, simpan pelembab di dalam lemari es untuk menjaga khasiatnya dan silakan oleskan pelembab ke wajah Anda dalam keadaan masih dingin.

Pelembab yang masih dingin berfungsi untuk mempersempit pembuluh darah yang ada di wajah Anda sehingga akan dapat memudarkan warna kemerahan yang ada di wajah.

Kedua, lebih baik hindari menggunakan produk pelembab yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Selain alkohol ada beberapa bahan yang dilarang untuk digunakan saat terjadi iritasi kulit yaitu minyak cengkih, pepermin, pewangi, witch hazel, atau eukaliptus. Bahan – bahan tersebut dapat membuat iritasi kulit wajah semakin parah.

3. Minyak kelapa

minyak kelapa

Cara alami mengatasi wajah iritasi karena kosmetik yang berikutnya bisa dilakukan dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan salah satu bahan pelembut alami yang dapat mengunci kelembapan kulit.

Namun perlu diperhatikan saat mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang rentan terjadinya jerawat, karena minyak kelapa dapat membuat timbulnya jerawat jika digunakan terlalu berlebihan, apalagi pada area kulit wajah yang biasa muncul jerawat.

Gunakan atau oleskan minyak kelapa pada wajah Anda yang terkena iritasi karena minyak kelapa dapat membuat wajah Anda selalu lembap. Selian itu minyak kelapa juga memiliki kandungan asam laurat yang mana zat tersebut memiliki sifat antijamur, antiviral, dan antimikroba.

Oleskan minyak kelapa setiap malam sebelum tidur ke wajah yang terkena iritasi. Lalu biarkan sampai pagi dan bilas cuci muka seperti cara nomor satu agar hasilnya lebih maksimal.

4. Minyak zaitun

minyak zaitun

Bahan alami selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kulit wajah iritasi adalah minyak zaitun. Di mana bahan alami yang satu ini merupakan moisturizer alami kulit yang sangat berperan sebagai anti peradangan dan juga anti inflamasi.

BACA JUGA  10 Cara Mengatasi Kulit Wajah Merah Akibat Iritasi Secara Alami

Kandungan vitamin E yang ada pada minyak zaitun yang cukup tinggi sangat bermanfaat untuk membantu regenerasi sel kulit Anda.

Penggunaan vitamin E pada kulit yang terjadi iritasi memang sangat diperlukan untuk memperbarui sel – sel kulit yang mati. Dengan begitu proses regenerasi sel kulit wajah Anda akan berjalan semakin cepat dan tentunya maslah iritasi juga akan cepat hilang. Selain itu minyak zaitun juga sangat berguna untuk kulit kering dan bersisik karena dapat menjaga kelembapannya.

Advertisement

5. Sari apel

cuka apel

Cara mengatasi kulit wajah iritasi karena kosmetik secara alami yang selanjutnya adalah menggunakan sari Apel. Sari apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit terutama masalah iritasi.

Cara menggunakan sari apel untuk mengatasi kulit wajah iritasi adalah sebagai berikut:

  1. Sediakan sari apel secukupnya saja.
  2. Kemudian celupkan kapas pada sari apel tersebut.
  3. Lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena iritasi.
  4. Lalukan setiap hari secara rutin sampai sembuh.

6. Madu dan kayu manis

madu dan kayu manis

Campuran antara madu dan kayu manis juga sangat bagus jika digunakan untuk mengatasi kulit wajah iritasi. Karena kedua bahan tersebut sudah sejak lama digunakan sebagai bahan untuk merawat kulit.

Khasiat anti inflamasi pada madu dan kayu manis diyakini bisa membantu meredakan iritasi yang terjadi pada wajah.

Berikut ini cara menggunakannya:

  1. Sediakan 2 sendok makan madu murni dan juga 2 sendok makan bubuk kayu manis.
  2. Campur kedua bahan tersebut dan tambahkan sedikit air, lalu aduk hingga rata sampai membentuk pasta.
  3. Oleskan pasta dari campuran bahan tersebut pada bagian kulit wajah yang terkena iritasi.
  4. Diamkan sampai kering dengan sendirinya, lalu bilas dengan air hingga bersih.

7. Madu dan telur

madu dan telur

Selain campuran madu dan kayu manis, Anda juga dapat mencampur madu dengan telur untuk atasi iritasi kulit wajah.

BACA JUGA  Tips Mudah Cara Membedakan Kosmetik Asli dan Palsu

Cara membuat masker madu dan telur untuk menghilangkan iritasi wajah adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan madu secukupnya dan juga 1 butir telur.
  2. Campur kedua bahan tersebut, dan aduk terus hingga menjadi pasta.
  3. Gunakan campuran madu dan telur tersebut sebagai masker wajah.
  4. Diamkan kurang lebih selama 15 menit, lalu cuci dengan air sampai bersih.

Lakukan cara di atas secara rutin setiap hari sampai iritasi kulit wajah berkurang atau sampai sembuh.

8. Lidah buaya

lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit. Bahan alami yang satu ini sering digunakan sebagai obat luka bakar ringan karena memiliki khasiat anti inflamasi.

Untuk masalah iritasi wajah akibat kosmetik yang biasanya membuat kulit wajah merah, lidah buaya juga bisa digunakan.

Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area wajah yang iritasi.

Setelah itu diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Lalukan proses tersebut secara rutin setiap hari sampai iritasi kulit berkurang atau sampai sembuh.

9. Masker oatmeal

masker oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu bahan yang berkhasiat untuk meredakan iritasi kulit. Cara menggunakan oatmeal tersebut sangat mudah yaitu campur oatmeal dengan air bersih secukupnya dan biarkan oatmeal tersebut menyerap air. Setelah itu oleskan oatmeal tersebut sebagai masker, dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

10. Masker mentimun

mentimun

Cara mengatasi kulit wajah iritasi karena kosmetik dengan bahan alami yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah menggunakan masker mentimun.

Mentimun dapat memberikan efek dingin pada kulit sehingga bisa meringankan iritasi pada kulit wajah.

Cara menggunakannya cukup mudah. Anda bisa memblender mentimun secukupnya lalu gunakan sebagai masker pada bagian yang mengalami iritasi. Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.

Advertisement
About Annisa Aprilia 138 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*