10 Cara Menghitamkan Rambut dan Menebalkannya Secara Alami dan Cepat

Semua orang tentu ingin memiliki rambut yang hitam, tebal, dan subur. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips bagaimana caranya menghitamkan rambut dan membuatnya tebal secara alami.

Faktor yang mempengaruhi kesuburan rambut

Rambut manusia sebagian besar tersusun atas protein, setidaknya 95% berat rambut merupakan protein. Sehingga salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap kesuburan rambut adalah asupan nutrisi.

Makanan kaya protein seperti telur, ikan salmon, dan daging merupakan makanan yang bisa menunjang kesuburan rambut. Untuk membuatnya lebih berkilau, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc seperti kacang-kacangan. Zinc inilah yang akan membantu menjaga rambut tetap hitam dan berkilau.

Selain faktor nutrisi, faktor keturunan (genetik) dan hormon juga mempengaruhi kesuburan rambut.

Advertisement

Apakah rambut yang sehat dan subur harus berwarna hitam?

Warna rambut pada manusia bisa berbeda-beda, yang dipengaruhi oleh zat bernama pigmen.

Sel melanin adalah sel-sel pada tubuh yang membawa pigmen, memberikan variasi warna pada kulit dan juga rambut.

Pigmen pada rambut secara garis besar terbagi menjadi 2 yakni:

  1. Eumelanin yang akan memberikan warna hitam atau warna gelap coklat pada rambut.
  2. Phaeomelanin yang memberikan warna merah pada rambut.

Campuran kedua pigmen inilah yang nantinya akan memberikan warna rambut yang berbeda-beda pada tiap orang.

Cara menghitamkan rambut dan menebalkannya secara alami dan cepat

Selain dengan mencukupi nutrisi yang diperlukan rambut, Anda juga bisa melakukan perawatan dari luar guna menunjang kesuburan rambut.

Berikut ini adalah 11 cara menghitamkan rambut dan menebalkannya secara alami:

1. Gunakan Lidah Buaya

lidah buaya

Anda bisa menggunakan lidah buaya sebelum keramas dan menunggunya kering. Lidah buaya memiliki kandungan yang mirip keratin dengan manfaatnya membuat rambut bertekstur elastis, tidak kaku sehingga rambut tidak mudah patah.

BACA JUGA  10 Cara Alami Mengatasi Wajah Iritasi Karena Kosmetik

Kandungan yang ada pada lidah buaya juga akan merangsang pertumbuhan rambut dan juga meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala.

2. Memakai masker alpukat

masker alpukat

Penggunaan masker alpukat sangat membantu menebalkan rambut Anda. Kandungan nutrisi yang dimiliki buah ini akan memperkuat akar rambut karena mengandung protein.

Selain mencegah kerontokan, alpukat juga bermanfaat dalam pertumbuhan rambut baru. Anda bisa menggunakan masker yang terbuat dari alpukat ini sebanyak sekali sebulan.

3. Lembapkan rambut dengan cuka apel

lembabkan rambut dengan cuka apel

Cuka apel dapat Anda gunakan setelah pemakaian sampo atau rambut dalam keadaan bersih. Caranya dengan mengoleskan cuka apel pada rambut dan diamkan beberapa menit sebelum membilasnya.  Larutan cuka diencerkan terlebih dahulu dengan cara mencampurkan ½ sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air hangat seperti pemakaian kondisioner rambut.

Anda bisa menggunakan cuka apel untuk mendapatkan rambut yang hitam dan tebal. Kandungan pada cuka apel yang bermanfaat pada rambut adalah asam asetat.

Kandungan nutrisi vitamin A, B, C, E yang dimilikinya, kandungan natrium, kalium, tembaga, magnesium, kalsium, fosfor, klorida dan pektin akan membuat rambut menjadi hitam berkilau. Nutrisi yang dimiliki cuka apel akan merangsang folikel rambut sehingga membuat rambut Anda menjadi cepat tumbuh.

4. Menggunakan putih telur

masker putih telur

Putih telur dapat membantu menyehatkan rambut Anda karena memiliki kandungan  protein yang tinggi. Kandungan ini akan membuat pertumbuhan rambut menjadi cepat, sebaliknya kekurangan protein bisa menyebabkan rambut rontok dan berketombe.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan putih telur yang dicampurkan dengan yogurt dalam jumlah yang sama. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan rambut sampai merata.

Diamkan selama dua puluh menit lalu bilas dengan air dingin atau sampo. Lakukan cara ini minimal sekali seminggu untuk bisa segera menstimulasi pertumbuhan rambut Anda. Anda bisa juga menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti yogurt.

BACA JUGA  Cara Meluruskan Rambut Secara Alami dan Efektif
Advertisement

Selain menjadi sampo, telur juga bagus untuk dimakan secara rutin karena mengandung biotin. Kandungan yang dimiliki telur ini dapat memicu pembelahan sel rambut dan membantu melindungi batang rambut.

5. Menggunakan minyak zaitun (olive oil)

minyak zaitun

Cara menghitamkan rambut dan menebalkannya secara alami yang selanjutnya bisa juga dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun.

Cara ini tidak memiliki efek samping apa pun pada rambut Anda. Minyak zaitun akan memberikan kelembapan pada rambut Anda sehingga rambut menjadi hitam berkilau. Fungsi ini merupakan manfaat dari kandungan vitamin E, K, dan A serta antioksidan yang dimilikinya.

Kandungan ini juga akan melindungi keratin pada rambut dan menahan kelembapan rambut, sehingga bisa mengatasi masalah rambut kering dan bercabang. Minyak zaitun akan membuat rambut Anda tebal dengan manfaatnya menghilangkan penumpukan sebum yang akan menghambat pertumbuhan folikel rambut baru.

6. Mengonsumsi kacang-kacangan

kacang kacangan untuk rambut tebal dan hitam

Salah satu contoh kacang-kacangan yang bisa Anda gunakan adalah kenari. Kenari memiliki kandungan biotin dan vitamin B. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk memelihara kulit kepala, meningkatkan pertumbuhan rambut, memperkuat folikel rambut sehingga tidak mudah rontok.

Kacang-kacangan lainnya juga bisa Anda gunakan karena kacang kaya akan protein yang bermanfaat untuk membantu pembelahan sel rambut. Selain itu juga bermanfaat untuk membantu memberikan oksigen ke folikel sehingga menciptakan rambut yang sehat dan kuat.

7. Makan sayur bayam secara rutin

sayur bayam untuk menghitamkan dan menebalkan rambut

Rambut akan menjadi rontok saat Anda kekurangan zat besi terutama bagi wanita yang telah memasuki masa menjelang menopause.

Anda membutuhkan bayam dengan kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi yang cukup pada tubuh Anda akan mencegah kerontokan dan tetap menjaga ketebalan rambut dengan sehat.

BACA JUGA  Tips Mudah Cara Membedakan Kosmetik Asli dan Palsu

8. Minum jus wortel

wortel

Wortel memiliki kandungan beta karoten dan vitamin A yang tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut dan juga memperkuat folikel pada rambut. Anda bisa mengonsumsi jus wartel secara rutin satu minggu sekali.

9. Perhatikan kandungan sampo 

Cara menghitamkan rambut selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan memperhatikan kandungan sampo yang dibeli.

Pastikan sampo tersebut bebas sulfat karena zat ini dapat merusak rambut dengan menghilangkan kelembaban alami dari kuit kepala Anda.

10. Rawat kulit kepala

Perawatan kulit kepala merupakan langkah penting yang perlu Anda lakukan. Anda bisa memijat kulit kepada setiap hari dengan menggunakan sisir kayu. Cara ini berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan pertumbuhan rambut Anda.

Kemudian, saat akan tidur pastikan rambut Anda sudah tidak diikat atau dikepang. Cara ini bermanfaat untuk mencegah rambut kusut, patah-patah dan juga rontok sehingga rambut Anda tetap tebal.

Anda juga harus mengeringkan rambut sebelum tidur karena membawa rambut yang basah ketika tidur akan menyebabkan rambut menjadi rontok. Anda juga tidak disarankan menyisir rambut ketika masih basah karena dapat melemahkan serat-serat pada rambut dan menyebabkan rambut mudah patah.

Perawatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan ujung rambut secara rutin. Jika rambut telah pecah-pecah atau bercabang pada bagian ujungnya, maka Anda harus memotongnya agar rambut tidak menjadi rusak. Cara ini bisa Anda lakukan setiap 8 minggu sekali.

11. Relaksasi

Relaksasi merupakan sebuah cara untuk menurunkan tingkat stres yang Anda miliki. Stres akan mempengaruhi pertumbuhan rambut Anda. Tidak hanya rambut tetapi juga bagian lain pada tubuh. Anda perlu melakukan relaksasi sekali satu bulan seperti yoga atau pun refreshing.

Advertisement
About Annisa Aprilia 122 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*