Peningkatan berat badan janin yang stabil pada 6 bulan adalah tanda kehamilan yang sehat. Oleh karena itu, penting bagi setiap ibu hamil untuk selalu memantau kenaikan berat badan janin untuk memastikan pertumbuhan yang normal.

Usia janin adalah 6 bulan berdasarkan perhitungan minggu ke 25-28 kehamilan. Secara umum, janin berusia 6 bulan memiliki berat antara 660 gram hingga 1 kilogram dan panjangnya sekitar 34-38 cm.

Cari tahu berat badan normal janin 6 bulan di sini - Alodokter

Pada usia ini, indera penglihatan dan penciuman janin sudah mulai berfungsi, dan paru-paru juga sudah terbentuk, meski belum berfungsi penuh.

Perhitungan kenaikan berat badan janin pada 6 bulan

Berikut perkembangan berat janin 6 bulan setiap minggu yang perlu diketahui ibu hamil:

minggu ke-25

Pada usia kehamilan 25 minggu, janin umumnya memiliki berat sekitar 660-700 gram dan panjang sekitar 34 cm. Pada usia kehamilan ini, total pertambahan berat badan ibu hamil sejak awal kehamilan adalah sekitar 6-8 kilogram, namun bisa lebih pada kehamilan kembar.

Tendangan janin akan lebih kuat dan lebih terasa. Selain itu, janin juga mengalami perkembangan lain, antara lain:

  • Janin memiliki lebih banyak lemak dan rambut
  • Sumsum tulang belakang telah bertindak sebagai tempat produksi sel darah merah di tubuh janin
  • Indera penciuman mulai bekerja
  • Janin mungkin merespons suara dengan gerakan atau cegukan
  • Paru-paru sudah terbentuk tapi belum berfungsi penuh
  • Kulit janin yang keriput menjadi lebih halus

minggu ke 26

Berat janin pada kehamilan minggu ke-26 adalah sekitar 700-900 gram dengan panjang 35 cm. Sedangkan total pertambahan berat badan ibu hamil pada minggu ke 26 adalah 7-10 kilogram. Lingkar perut juga bertambah sekitar 1 cm setiap minggu selama kehamilan.

Pada usia ini, janin mulai membuka matanya dan merespons sentuhan, suara, dan cahaya. Selain itu, janin juga menunjukkan beberapa perkembangan sebagai berikut:

  • Semua bagian mata dan alis sudah berkembang sempurna
  • Jika mengandung janin laki-laki, testis mulai turun ke skrotum
  • Usus terus tumbuh dan berkembang untuk menyerap lebih banyak nutrisi dari cairan ketuban
  • Janin dapat mendengar suara pada jarak yang sangat jauh

minggu ke 27

Berat janin mencapai sekitar 900-1.000 gram dengan panjang sekitar 36 cm. Pertambahan berat badan ibu hamil di usia kehamilan 27 minggu bisa mencapai 13 kilogram.

Pada usia kehamilan ini, janin sudah bisa membuka dan menutup matanya. Bagian otaknya juga mulai bekerja sangat aktif. Sementara itu, paru-paru janin terus berkembang dan menghasilkan sejumlah kecil surfaktan, zat yang membantu paru-paru mengembang dan menjalankan fungsinya.

Dengan otak dan paru-paru aktif, janin mulai memahami cara belajar bertahan hidup di luar kandungan dengan berlatih menghirup dan menghembuskan napas.

minggu ke-28

Pada minggu ke-28 kehamilan, berat janin akan meningkat menjadi sekitar 1,1 kilogram, dan panjangnya bisa mencapai 37 cm.

Pada minggu ini, otak bayi sudah memiliki sekitar miliaran neuron baru. Paru-paru janin juga terbentuk tetapi tidak dapat mengembang sepenuhnya. Indra pendengaran dan penciuman juga berfungsi dan berkembang dengan baik.

Janin juga bisa menoleh ketika melihat cahaya dan menjadi terbiasa berkedip dan bernafas.

Seiring pertumbuhan janin yang semakin meningkat di usia 6 bulan, ibu hamil terkadang mengalami sesak napas , sulit tidur, dan sering pegal-pegal. Überwindenberbagai ketidaknyamanan ini selama kehamilan, machen Sie regelmäßig Sport wie Yoga, Schwimmen oder Spazierengehen.

Selain itu, untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi serta mengonsumsi suplemen kehamilan tambahan sesuai petunjuk dokter.

Penting juga untuk diketahui bahwa pertumbuhan panjang dan berat janin dapat bervariasi. Jadi ibu hamil tidak perlu khawatir jika hasil pemeriksaan janin kleiner oder größer drinUSG scan.

Oleh karena itu, pastikan ibu hamil selalu memeriksakan diri ke dokter secara rutin apakah berat janin 6 bulan sudah sesuai, dan tentunya juga memastikan ibu hamil dan janin dalam keadaan sehat.