Daftar Nama Zat Berbahaya Pada Kosmetik Yang Harus Anda Tahu

Dalam menggunakan kosmetik Anda harus hati-hati karena di dalamnya mungkin saja terkandung zat-zat berbahaya yang bisa merugikan Anda. Beberapa zat berbahaya dalam kosmetik bahkan bisa menimbulkan risiko munculnya penyakit yang berbahaya seperti kanker atau minimal menimbulkan iritasi pada kulit.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan bahas apa saja nama-nama zat berbahaya pada kosmetik yang harus Anda ketahui dan apa efeknya bagi kesehatan kulit.

Daftar Nama Zat Berbahaya Pada Kosmetik Yang Harus Anda Tahu

Berikut ini adalah 5 nama zat berbahaya pada kosmetik yang harus Anda waspadai:

1. Phthalates

Phthalates merupakan nama senyawa kimia yang bisa mengganggu kerja sistem endokrin dalam tubuh kita, yang mana sistem ini bertanggungjawab pada produksi hormon. Jika zat ini masuk ke dalam tubuh maka bisa mengganggu fungsi hormon dalam tubuh.

Phthalates merupakan zat yang sering ditambahkan pada kosmetik seperti sampo, cat kuku, sabun, hingga pelembap. Karena bisa memberikan efek buruk bagi tubuh maka Anda disarankan untuk lebih selektif dan berhati-hati dalam memilih kosmetik yang dipakai.

2. Formalin

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan zat yang satu ini. Formalin ternyata juga bisa terkandung dalam kosmetik. Zat ini umumnya digunakan sebagai pengawet mayat. Jika masuk ke dalam tubuh maka bisa bersifat racun yang cukup membahayakan.

Formalin bisa menyebabkan kanker. Jika terpapar zat ini mungkin efeknya bisa berupa gatal, batuk, sakit tenggorokan, mimisan, hingga akhirnya terkena kanker. Terpapar formalin juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan hingga sesak napas.

Baca juga: Tips Membedakan Kosmetik Asli dan Palsu

3. Timbal

Zat berbahaya pada kosmetik yang selanjutnya adalah timbal. Timbal merupakan senyawa logam yang sering dimasukkan sebagai tambahan pada kosmetik. Zat ini bersifat racun jika masuk ke dalam tubuh. Efeknya bisa menyebabkan gangguan pada sistem saraf.

Timbal sering ditemukan pada lipstik. Karena itu dalam memilih produk-produk kosmetik Anda harus hati-hati agar memilih yang bebas dari timbal. Jauhkan juga produk kosmetik yang digunakan dari anak-anak.

4. Merkuri

Merkuri juga bisa terdapat pada kosmetik. Zat ini sering digunakan sebagai pengawet. Zat yang bersifat racun ini mungkin akan ditemukan pada produk-produk kosmetik seperti bedak, perona wajah, hingga eye shadow.

Zat merkuri juga bisa ditemukan pada produk pemutih kulit. Zat ini cukup berbahaya jika masuk ke dalam tubuh atau terserap oleh kulit. Efeknya bisa menyebabkan kerusakan saraf, kerusakan otak, gagal ginjal, penyakit paru-paru, merusak sistem kekebalan tubuh dan mengganggu saluran cerna.

5. Paraben

Zat berbahaya pada kosmetik yang terakhir adalah paraben. Anda mungkin sudah sering mendengar nama zat ini. Paraben merupakan senyawa pengawet pada produk-produk perawatan tubuh dan kulit.

Paraben bisa ditemukan pada pelembab, bedak, hingga parfum. Zat ini sifatnya mudah diserap oleh kulit. Karena sifatnya yang toksik, maka jika masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Paraben bisa menyebabkan gangguan pada fungsi hormon dalam tubuh, bahkan ada yang menyebutkan jika paraben bisa memicu kanker payudara. Karena efeknya yang berbahaya bagi tubuh maka Anda sangat disarankan untuk memilih kosmetik yang bebas dari paraben.

About Alvina 10 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan memasak. Suka dengan semua yang serba minimalis, nggak perlu cantik-cantik amat yang penting sehat. Yap! kesehatan adalah prioritas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*