Panduan Diet Sehat Yang Tepat Untuk Ibu Menyusui

Hal yang sangat dipermasalahkan oleh seorang ibu setelah melahirkan adalah memiliki badan yang gemuk. Mungkin bagi sebagian orang akan menganggap itu hal yang biasa, tetapi bagi sebagian orang juga memiliki badan yang gemuk setelah melahirkan tentu sangat berpengaruh pada penampilan mereka.

Sebenarnya solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi berat badan yang berlebih, adalah dengan melakukan program diet. Dan program diet yang dijalankan haruslah diet sehat ibu menyusui, sebab diet yang dilakukan tidak boleh membawa dampak buruk pada bayi.

cara diet sehat untuk ibu menyusui

Diet sehat untuk ibu menyusui sangat baik untuk ibu yang ingin menurunkan berat badan, terutama ingin mengecilkan bagian perut. Karena biasanya bagian perut akan lebih besar, dan cukup sulit mengembalikannya ke bentuk semula jika tidak dilakukan dengan cara yang benar.

Advertisement

Berikut ini akan kami sajikan beberapa hal yang bisa ibu lakukan ketika akan melakukan diet sehat ibu menyusui, antara lain :

1. Perbanyak mengonsumsi bayam dan sayuran hijau

Ketika melakukan diet, sebaiknya ibu menyusui memperbanyak konsumsi bayam serta sayuran hijau. Kandungan serat, karbohidrat, protein, dan lemak sehat dalam jenis sayuran tersebut akan membantu menurunkan berat badan secara alami. Selain itu dengan mengonsumsi sayuran tersebut, akan membantu produksi ASI menjadi meningkat dan juga berkualitas.

Advertisement

2. Mengonsumsi gandum dan beras merah

Agar diet ibu menyusui bisa berjalan seperti yang diharapkan, ibu bisa mengganti asupan karbohidrat sempurna dengan karbohidrat kompleks seperti gandum dan beras merah.

Mengonsumsi gandum serta beras merah sebagai pengganti nasi, akan membantu proses penurunan berat badan menjadi lebih cepat serta mengurangi lemak di perut. Selain itu, ibu juga tetap dapat mengonsumsi karbohidrat yang dibutuhkan saat dalam masa menyusui.

BACA JUGA  Cara Mengecilkan Paha Secara Alami

3. Perbanyak konsumsi air putih

Manfaat air putih sangat penting dalam diet, terutama untuk diet sehat ibu menyusui. Dengan mengonsumsi air putih akan membantu meningkatkan metabolisme, di mana metabolisme yang baik sangat diperlukan untuk membantu menurunkan berat badan yang berlebih.

Ibu yang sedang menyusui dan melakukan program diet, tentu membutuhkan asupan air putih yang lebih banyak dari biasanya. Ini untuk menghindari terjadinya dehidrasi yang sering dialami ibu menyusui.

4. Melakukan olahraga teratur

Dalam diet, olahraga juga wajib dilakukan. Lakukanlah olahraga ringan, seperti jalan santai atau pun joging. Selain dapat membakar lemak dalam tubuh, melakukan olahraga secara teratur juga akan membuat ibu merasa rileks dan nyaman saat menyusui bayi.

5. Menghindari stres

Menghindari stres juga wajib dilakukan ketika menjalankan program diet. Stres yang dialami tentu akan sangat berdampak pada bayi, dan tentu saja akan berdampak pada nafsu makan yang tentunya akan meningkat.

Demikian beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjalankan diet sehat ibu menyusui. Ketika menjalankan diet sehat untuk ibu menyusui, yang terpenting ibu tetap harus memperhatikan kualitas dan kuantitas ASI. Karena itu sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan bayi ibu.

Advertisement
About Annisa Aprilia 122 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*