Faktor Faktor Penyebab Sulit Hamil

Faktor Faktor Penyebab Sulit Hamil. Mempunyai anak adalah salah satu tujuan orang menikah. Dan kehamilan adalah jalan utama untuk mendapatkan anak karunia dari Tuhan YME. Rasanya ada yang kurang kalau tidak ada suara bayi di rumah, apalagi seorang mertua. Mereka biasanya suah merindukan untuk menimang cucu. Ada yang baru saja menikah tidak lama langsung hamil muda. Namun ada yang sudah bertahun-tahun menikah belum juga hamil. Mereka sudah mencoba berbagai macam cara agar cepat hamil, namun akhirnya tetap susah hamil juga. Apa penyebab wanita sulit hamil? Nah disini akan kita coba ulas beberapa macam hal yang menyebabkan seorang wanita itu susah hamil.

Buat anda yang sangat menginginkan dan memimpikan untuk dapat cepat hamil dan sudah lama mencoba macam-macam cara namun tetap tidak hamil juga, maka anda janganlah menyerah, pasti ada jalan kalau anda mau untuk terus berusaha dan ikhtiar serta berdoa, selain itu anda perlu untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan wanita susah hamil. Jadi sebenarnya apa penyebab wanita sulit hamil? Silahkan simak terus ulasan kami dibawah ini yah…

Ini dia faktor-faktor Penyebab Sulit hamil

Faktor Penyebab Sulit Hamil

 

Faktor Usia

Ya, umur seseorang ketika merencanakan hamil yang sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya untuk hamil. perempuan yang sudah berumur, katakanlah diatas 40 tahun, menurut penelitian mereka susah hamil karena ternyata sel telur mereka itu sudah sedikit dan sel telur yang diproduksi itu sudah kurang sehat dibanding yang masih dibawah 30 tahun. Sehingga kemungkinan untuk dibuahi lebih kecil dan kalaupun bisa dibuahi rentan untuk keguguran.

– Ada Kerusakan Pada Jaringan Ovarium

Selain Faktor umur/usia tadi, jikalau terjadi masalah misalnya jaringan ovariumnya rusak, maka akan menyebabkan wanita sulit hamil juga. Kerusakanyang terjadi pada jaringan ovarium ini umumnya karena ada kista, dan kadang ketika operasi mengangkat kista, ovarium ikut rusak. Nah, bila ovarium rusak, tentu saja proses ovulasi akan menjadi berjalan tidak normal seperti orang sehat.

Endometriosis

Apa itu Endometriosis? Ini penjelasan wikipedia tentang endometriosis:

– Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) 

Salah satu faktor penyebab sulit hamil adalah karena terkena Sindrom PCOS, Apa itu? Sindrom PCOS  ini merupakan salah satu penyebab utama infertilistas atau ketidaksuburan pada seorang perempuan.  Wanita yang menderita Sindrom Ovarium Polikistik, maka produksi hormon androgen dalam tubuhnya berlebihan, dan akan menimbulkan masalah ovulasi dan juga menyebabkan siklus mens tidak lancar.

Menopause dini
Kalau seorang wanita tiba-tiba berhenti menstruasinya sebelum umur 40 tahun maka wanita tersebut sudah terkena sindrom menopause dini. Sel telur wanita yang sudah menopause itu sudah tidak diproduksi lagi dan kalau tidak ada sel telur, maka tidak akan ada juga  proses pembuahan, dan kalau tidak ada proses ini tentu saja tidak akan bisa hamil. 

Sementara sampai disini dulu yang dapat kita ulas tentang 5 faktor penyebab wanita sulit hamil  di artikel ini, semoga dapat menjawab pertanyaan anda:Apa penyebab wanita tidak bisa / susah hamil?, dan kiranya kalau ada tambahan akan penulis tambah daftarnya diatas, atau dituangkan pada artikel yang lain. Atau jika anda punya masukan silakan tulis di kolom komentar, nanti kita akan update disini. Terakhir, kalau berkenana tolong dishare artikel Faktor Penyebab Sulit Hamil ini ke facebook, twitter, atau google plus one (+1) anda yah.

64 Comments

    • Wah kalau mensnya sampai 3 bulan, itu brarti ada permasalahan pada tubuh anda, bisa psikis atau pada organ reproduksi anda, sebaiknya periksakan ke dokter sekaligus konsultasi tentang kehamilan.

  1. Tapi.dari awal pertama kali mens saya sudah gitu dok..kadang teratur tiap bulannya.dan kadang kembali tidak teratur lagi..obat dan jamu udah saya minum dok.. Tapi nihil..

    • oleh karena itu anda harus periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab dari haid anda yang tidak teratur itu. banyak penyebab haid bisa sampai berbulan2, antara lain :Fungsi Hormon Terganggu, Kelainan Sistemik metabolisme tubuh, stres, gangguna fungsi Kelenjar Gondok, adanya Hormon Prolaktin Berlebihan, dll. nah itu diketahui jika anda periksakan ke dokter. sehingga bisa dilakukan penanganan lebih lanjut. Apabila haid anda sudah normal kembali, silakan fokus untuk merencanakan kehamilan.

  2. Gitu ya dok..kalo boleh tanya..makanan apa aja ya yg bisa membantu melancarkan haid saya yg tidak teratur ini..dan apakah boleh saya minum jamu kiranti?

    • kalau jamu2 seperti kiranti itu kalau nggak salah untuk melancarkan haid yang terasa sakit, bukan haid yang tidak teratur. harus diketahui dahulu apa penyebabnya, apakah masalah hormonal atau masalah lainnya.

  3. Mlm dok,saya didiagnosa pcos. Sblm hamil anak pertama saya dikasih m3tform1n dari apr’10-okt’10 saya diminta minum dr haid ke haid berikutnya. Tapi krn dr april sampe oktober tak kunjung mens sy stop minum. Efek sampingnya mual muntah pusing panas dingin. November sy haid dan kembali ke dokter lalu dikasih obat penyubur.Alhamdulillah pertengahan jan saya hamil 6 minggu. Tapi skrg saya ingin hamil anak kedua tak kunjung datang. Saya tdk dikb dr anak pertama lahir.haid saya teratur dr anak pertama saya 14 bln. Namun 2 siklus terakhir tlt 1-2 bln. HPHT sy 12juli. Adakah cara lain spy sy bs hml? Tanpa hrs mengkonsumsi obat?terima kasih

  4. Tambahan dok, tgl.16,18&23 agustus ada flek pink tipis kluar sehari skali. Kalau nggak subuh,magrib ada fleknya. Tg 24 agustus sy test negative (tes siang hr bkn saat bgn tdr) tgl.29 agust & 10 sept kembali sy tes negative jg. P4yud4ra kiri bbrp hr ini sering celetat celetut panas. Tp hanya bbrp kali terasanya. Apakah saya hamil dok? Ato ada masalah lainkah? Terima kasih

    • sepertinya memang masih ada masalah pada organ reproduksi anda, entah itu secara fisik atau hormonal sehingga haid anda masih tidak lancar. sebaiknya anda cek kesehatan reproduksi anda untuk mengetahui apa masalahnya, setelah haid anda normal dan tidak ada masalah kesehatan reproduksi anda, InsyaAllah peluang anda untuk hamil lagi akan jadi lebih besar.

  5. Ass ww dokter selamat pagi,saya sudah 18 tahun menikah blm pernah hamil,udah pernah inseminasi tapi gagal menurut diagnosa dokter suami astenosspermia. Yg ingin saya tanyakan langkah apalagi. Yg tepat untuk cepat hamil usia saya sekarang 37 tahun suami 38 tahun mens saya teratur dokter, terimakasih

    • #dahna mahrani
      kalau suami terkena Asthenozoospermia, maka sebaiknya konsulatasi ke dokter dan melakukan terpai yang disarankan oleh dokter agar sp3rma suami anda manejadi sehat dan geraknya cepat kembali. selain itu hindari memakai celana yang ketat, jangan minum2an beralk0hol, merokok,dan kalau ada varikokel juga harus dioperasi. selain itu anda sendiri juga harus memeriksakan kondisi organ reproduksi dan kesuburan anda, agar peluang untuk hamil jadi lebih besar. jadi sama2 berusaha untuk menyehatkan dan meningkatkan kesuburan masing2. Dan yang paling utama adalah Doa diperbanyak, karena kalau Tuhan berkehendak, maka apapun bisa terjadi.

  6. bu aku mau nanya ,,,,aku mens juli 23 ,,agustus,26 okw bisa apa sebabnya ya bu kalo menghitung telat ke hamilan maksudnya tgl terakhir mens pa waktu mens contoh aku mens tgl 23 sampe tgl 28 yg mulai awal dihtng tgl yg mana .mksh sebelum nya bu tlng dibales,,

  7. bu aku mens nya teratur ,,kadang okw terasa sakit banget pa sebab nya ya bu ,,aku takut melakukan tes kehamilan ,takut hasil nya negatif , kalo awal hamil ma da sedikit kayak kram ,dasekarang aku cepet capek bu, mksh.

    • kalau memang telat, dan nggak datang2 haidnya, coba saja lakukan tes kehamilan, siapa tahu memang sedang hamil.

  8. saya baru nikah 5 bulan yang lalu dan slma 5 bulan saya sntik kb dan saya brfkr untuk punya anak ,bulan agsts dan sptembr kluar drah sdkt tp hnya 2 hri dan pada tanggal yg sama dan sampai sekrang saya blum hamil jg knpa ya dok trma ksh

    • apakah haidnya sudah lancar dan teratur setelah kb? karena biasanya setelah kb butuh waktu untuk tertaur kembali

    • mens tidak teratur itu banyak sebabnya yah, bisa faktor psikis atau faktor fisik, jadi sebaiknya periksakan ke dokter untuk periksa apa ada faktor fisik, kalau nggak ada mungkin memang faktor psikis yang lebih berpengaruh

  9. Dok saya mau tanya, sebelum nikah biasanya haid lancar tiap bulan tapi tanggalnya selalu ga sama. pas mau nikah 2 bulan saya ga haid,priksa ke dr katanya pco.. N ada infeksi juga gra2 keputihan.. Alhmdllh uda smbuh infksinya. Kmren sya suda telat 3hri tpi selama semingguan lebih saya sakitt maag , mual, bdan meriang sempat dikira hamil . Tapi kadang ada keram juga. Apa haid sekarang itu gara2 infeksinya kambuh lagi? Soalnya sakit punggung..

  10. Dok…saya udah 1 tahun lbh menikah tapi belum jg hamil….tiap bln haid gak teratur n tiap bln psti telat..pernah tlt 10hr tp msh ngtf..klau lg haid prt srg trsa skit….ad yg nyaranin minum p1l kb tp tdk rutin utk mmncing kehamilan…mnrut pndpt dokter bgmn? Mhon pnjlsan n sarannya dok..trims….

  11. Dok saya mau nanya…..saya udah menikah 1 thn lbh tapi belum hamil…tiap bln haid gk tratur n slalu telat…n kadang terasa nyeri perut saat haid…
    Kemaren saya konsumsi p1l kb utk memancing kehamilan sekitar 6 btr…(sy jarakkn minumnya ) skrg sy lg dpt (stl mnum pil kb) bln kmrin jdwal haid tgl 17…skrg mlh tgl 6…apakah saya harus minum p1l kb slm 1 bln atau stop dlu?

    • ajaran siapa ya minum p1l kb bisa untuk memancing kehamilan?sebaiknya periksakan ke dokter jika ada masalah pada haid yang tidak teratur, agar tahu masalahnya ada dimana. kalau mau hamil ya jangan kb

  12. Dok saya pernah mengalami keguguran tanpa kiret, setelah itu saya tdk mens hingga 4bln. Konsul doter ktx ada gangguan. Setelah mnum ob4t saya mens slma 5 hari, kemudian bln dpnx telat 1bln lbh 1minggu dan keluar darah+daging kecil. Apa itu janin juga yg keluar?

    kemudian sat ini sy merasakn sakit dibagian bawah perut dan sering kembung, apa mungkin setelah keluarx darah+daging tsb bs terjd pembuahan setelah 2minggu?

    • Mlm dok,, saya mau konsultasi sedikit knp ya setelah menikah saya haid tidak teratur dan berkepanjangan,,sampai pernah sebulah penuh dan deras,, saya pernah USG syukur tdk ada yg berbahaya,, saya menikah sudah mau 1 thn bln 4 ini,, apa saya bisa cepat hamil dok?? Bagaimana solusinya 🙂 terimakasih

  13. dok, saya baru umur 17th.. saya sudah menikah.. siklus haid selalu teratur.. usia pernikahan saya sudah 3 bulan pada tggl 3 november kmarin.. tapi kira2 apa yang mnyebabkan saya sampai saat ini blm hamil ya?

    • yang sabar saja, banyak berdoa dan berusaha, lakukan waktu masa subur anda, untuk tahu masa subur bisa pakai kalkulator masa subur di web ini.

  14. Aslkum, saya bu wili usia 27 th, dah nikah krng lbh 2 th, mens nya tgl 23 cuman 1 hari dok, tpi wktu saya tes negatif,, penyebabnya apa ya dok.?

    • penyebabnya tiap individu itu berbeda2 bu, ada yang bermasalah dengan haid yg namanya PCOS, dia bisa tidak haid sampai berbulan2 padahal tidak hamil

      • Sore dok saya bu sri, saya mau tanya, saya pernah hamil pertama tapi ke guguran trs saya kuret dok..,setlah saya kuret saya pasang KB spiral dok, sekang kb nya sudah saya lepas, apa saya bisa hamil lgi ya dok?

        • ya bisa, kalau memang kandungan, organ reproduksi anda dan suami sehat harusnya bisa, tinggal terus berusaha dan berdoa saja, karena kita nggak tahu kapan Tuhan akan kasih kita titipan anak.

  15. sore dok,saya mau tanya neh,apakah terserang penyakit polip rahim bisa hamil??saya sudah konsultasi kedokter katanya tidak apa2.apakah nanti ada masalah jika sudah hamil???thanks

    • ya bisa namun mungkin peluangnya sedikit lebih kecil dibanding yang rahimnya bersih, terus berusaha dan banyak berdoa

  16. Assalamu’alaikum siang dok..
    saya mau tanya, bulan kmren saya haid tgl 8 januari,pernah tgl 3 february klo g salah saya testpack v hasil’y negatif v skrg udah tgl 10 saya belum haid,..
    itu knpa y dok??
    mksh sblum’y..
    wassalamu’alaikum wr.wb

  17. Bu, haid saya normal. Tp saya pelihara kucing. Kta org kucing itu virus yg ngakibatkan mandul. Apa benar bu ? Tp saya ngg pernah ngg haid. Normal haisx jg 3 hari haid deras slanjutx ngflek. Bgaimna bu ?? Trimakasih…

  18. Dok saya sudah 4 tahun menjanda
    saya punya anak umur 7 tahun
    jadi selama kurang lebih 3 tahun saya KB selama blum menjanda
    tapi saat ini saya baru nikah 5 bulan
    saya sangat menginginkan kehadiran anak
    tapi kenapa ea dok kok saya belum hamil2
    apa karena dulunya saya pernah KB itu
    berbagai cara telah kami jalani dok
    kami gak sabar pengen segera dapat momongan

    • apa siklus mensnya sudah teratur setelah lepas KBnya? klo belum coba ditunggu sampai normal kembali dan teratur mensnya, dan kemudian program lagi dengan memperhatikan masa2 paling subur anda.

  19. dokter saya mau nanya bulan januarii kemarin saya haid tgl 29 smpe skrng blum haid juga, gejala2 hamil blum ad cuman sering sakit perut aja.
    Mksih sblum.y 🙂

  20. Dok..sya baru menikah 3 bln ini,dan bru dtg bln 2x,wkt msh sendiri haid nya tdk lancar,sktr 3-5hri,stlh menikah smpe 15 hri lbh,apa itu msh normal dok?

    • coba kurangi stres berlebih, agar haidnya bisa lebh lancar, kalau selalu terlambat dan makin lama terlambatnya namun tidak hamil, sebaiknya konsultasikan ke dokter

  21. dok sya nkah dah 2 thun tp blm hmil jg .
    haid sya lncar?d priksa ke dkter rahim bgus.
    tp d perut suka ada getaran2 gtu dok. sya tkut itu kista atau hanya dr lmbung soal ny pnya magh.
    mkzh d tunggu jwban ny ya..

  22. mbk tgl 25 january kmren aaqw kuret maret mens tgl 2dan april tgl 3 trus masa subur nya tgl brapa mbk… mksih

  23. Dokter,sya menikh sdh 4 bln.
    Bln kmrin sy haid tgl 10 april dn skrg sdh lewat.biasnya siklus haid sya 25 hri gtu.
    Dn skrg sdh tlt 2 hr.sya sering mual di akhir2 mnggu terakhir bln april kmrin smpai skrg.
    Sya mau tes dn periksa tp tkut kecewa dok.Memurt dokter apakah ada maslh dengn hid sya atau saya hamil? Trmkash

  24. Dok, sy mau bertanya sy menikah d umur 22 tahun, usia pernikahan sy sdah 4 bulan, sbelum sy menikah kemaren, haid sy tdak tratur, N dsertai nyeri, tp stelah menikah haid sy sdah lancar kembali, sy sdah brusaha hamil. Tp tak kunjung hamil jg. . Tlong sarannxa agar bs cepat hamil. Makasi

  25. Aslm…aq mw tny nih aq dh nikh 1,5 thn.mnjk nikh mens telat terus.nah trus telat 1,5 buln.d tes blom positif.trus flek trus setiap bulan.penyebabny apa ea??dan berbahaya tidak??

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*