Inilah 5 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Lengkuas sering digunakan sebagai bumbu masakan Indonesia dan Asia. Tidak hanya mampu meningkatkan cita rasa makanan, lengkuas juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Inilah sebabnya mengapa ramuan kuliner seperti jahe ini sering digunakan sebagai bahan dalam pengobatan tradisional.

ffdffdafdedfb

Lengkuas. (123RF/kittikornphongok)

Selama berabad-abad, lengkuas telah digunakan sebagai tanaman obat untuk mengobati atau mencegah berbagai penyakit. Manfaat lengkuas sebagai obat tradisional tidak dapat disangkal lagi karena tanaman ini diketahui mengandung banyak senyawa penting yang bermanfaat bagi kesehatan seperti galangin, asam fenolat, polifenol dan flavonoid.

Ini dia manfaat lengkuas

Ada beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan, di antaranya:

  1. Meredakan Nyeri Sendi

Lengkuas dipercaya dapat meredakan nyeri sendi, misalnya pada kasus osteoarthritis atau rheumatoid arthritis. Seperti jahe dan kunyit, lengkuas juga mengandung senyawa kimia anti inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan yang menyebabkan nyeri sendi.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien osteoarthritis lutut juga menunjukkan bahwa ekstrak jahe dan lengkuas dapat meredakan nyeri lutut yang terjadi saat berdiri, jika dikonsumsi setiap hari. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui efektivitas lengkuas sebagai obat anti nyeri.

  1. Meningkatkan Kesuburan Pria

Konsumsi lengkuas juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 3 bulan pada pria dengan kualitas sperma yang buruk menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung lengkuas dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

Namun penelitian ini tidak menggunakan lengkuas secara murni, melainkan juga menggunakan bahan lain yaitu buah delima. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat lengkuas ini.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah dan Kolesterol

Konsumsi lengkuas juga dipercaya dapat mencegah diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Manfaat tersebut bisa didapatkan karena kandungan antioksidan polifenol yang dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Membunuh dan menghambat perkembangan virus dan bakteri

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan lengkuas dalam lengkuas berpotensi menghambat perkembangan virus Corona. Selain itu, ekstrak lengkuas juga dikatakan memiliki kandungan antimikroba yang terbukti dapat membunuh bakteri penyebab berbagai penyakit. Namun, berbagai manfaat lengkuas juga perlu diteliti lebih lanjut.

  1. Mengurangi risiko terkena kanker

Selain beberapa manfaat di atas, lengkuas juga diduga dapat membantu mengobati dan mencegah penyebaran sel kanker, seperti kanker usus besar, kanker serviks, dan kanker payudara. Tentunya masih diperlukan bukti dan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat lengkuas yang satu ini.

Lengkuas memiliki rasa yang sedikit pedas, namun tidak sepedas jahe. Untuk mendapatkan berbagai manfaat lengkuas, Anda bisa menambahkan ramuan ini ke dalam makanan, membuatnya menjadi teh dengan cara direbus atau dicampurkan ke dalam campuran bumbu.

Meski dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati dan mencegah sejumlah penyakit, namun sebaiknya Anda tidak hanya mengandalkan lengkuas saja untuk mengobati penyakit yang Anda derita tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Selain manfaat lengkuas yang belum terbukti, ramuan ini juga diduga menimbulkan beberapa efek samping, seperti kehilangan nafsu makan, buang air kecil berlebihan, atau diare, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Jadi, sebelum mengkonsumsi lengkuas sebagai pengobatan alternatif, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis khusus. Dokter dapat memberikan pengobatan dan saran tentang cara mengkonsumsi lengkuas berdasarkan kondisi Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*