7 Jenis Migrain Dan Gejalanya Yang Harus Diketahui

Migrain adalah nyeri di bagian kepala yang memiliki skala sedang hingga parah, biasanya menimbulkan rasa sakit berdenyut di sebagian kepala.

Terdapat beberapa jenis migrain yang dibedakan berdasarkan gejala dan bagian yang diserangnya. Anda harus memahami jenis-jenis migrain dan gejalanya tersebut untuk mengetahui cara terbaik untuk mengobatinya.

Jenis-Jenis Migrain

Jenis jenis migrain dan gejalanya

Seperti yang kita tahu, migrain merupakan kondisi di mana seseorang mengalami pusing atau sakit kepala sebelah. Rasa nyeri pada kepala itu bisa sangat mengganggu aktivitas juga mengurangi produktivitas dalam bekerja.

Advertisement

Walau penyakit ini dikenal sebagai sakit kepala sebelah, namun ada beberapa jenis migrain yang memiliki gejala yang berbeda-beda. Jenis-jenis migrain tersebut bisa diidentifikasi dari pola sakit kepala dan gejalanya.

Berikut ini adalah 7 jenis migrain beserta gejalanya yang harus Anda ketahui:

1. Migrain Abdominal

Jenis migrain ini diikuti dengan sakit perut yang dahsyat, sakit kepala, dan juga muntah. Migrain Abdominal memang berhubungan dengan perut dan pencernaan.

Biasanya migrain abdominal akan muncul karena dipicu oleh rasa kekhawatiran yang tinggi atau rasa was-was.

Contohnya, jika seorang siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) atau calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi perguruan tinggi merasa khawatir yang berlebihan maka nantinya bisa berujung pada migrain.

Tidak hanya migrain, kekhawatiran yang tinggi itu juga bisa berpengaruh pada kondisi perut. Mungkin Anda pun juga pernah mengalami sensasi seperti mules setiap kali grogi atau was-was, seperti itulah kira-kira.

2. Migrain Basilar

Jenis migrain yang kedua adalah migrain basilar. Sakit kepala sebelah jenis ini biasanya menyerang wanita pada usia yang masih belia.

Biasanya migrain basilar disebabkan oleh pembuluh arteri yang mengerut, akibatnya peredaran darah pun terganggu.

Karena itulah rasa sakit di bagian kepala akan muncul. Penderita juga merasakan kesulitan untuk merespons perkataan orang lain.

Oleh karena itu cepatlah melakukan pengobatan jika Anda mengalami gejala migrain ini sebelum terlambat dan menjadi lebih parah.

3. Migrain Exertion

Jenis migrain yang selanjutnya adalah migrain exertion. Migrain ini terjadi jika Anda terlalu banyak melakukan aktivitas fisik yang berat.

Aktivitas fisik yang terlalu berat dapat mengakibatkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Dehidrasi inilah yang menyebabkan migrain exertion terjadi.

Advertisement

Dehidrasi sangat mungkin terjadi pada saat cuaca sedang panas sementara Anda melakukan kegiatan yang sangat padat. Jadi untuk menghindari migrain jenis ini, ada baiknya Anda mencukupi kebutuhan cairan Anda. Apalagi jika harus bekerja fisik yang lumayan berat di cuaca yang panas ataupun di musim kemarau.

4. Migrain Hemiplegic

Dari sekian jenis-jenis migrain dan gejalanya, migrain jenis ini adalah migrain yang paling ditakuti. Mengapa?

Karena jika migrain hemiplegic kambuh, maka akan terjadi kelumpuhan pada sebagian sisi tubuh di mana migrain itu kambuh.

Jika yang terserang migrain itu kepala bagian kanan, maka yang akan lumpuh adalah tubuh bagian kanan.

Sebaliknya, jika yang didera migrain kepala sebelah kiri, maka yang akan mengalami kelumpuhan adalah tubuh bagian kiri.

Maka dari itu sebaiknya Anda menghindarkan diri dari penyebab migrain hemiplegic ini agar tidak kambuh dan mengalami kelumpuhan.

5. Migrain Nocturnal

Selanjutnya adalah jenis migrain nocturnal yang biasanya terjadi pada saat Anda tidur.

Anda tidak dapat menyepelekan sakit kepala ketika sedang tidur ini. Karena migrain jenis ini biasanya disebabkan oleh kondisi fisik dan psikis yang parah dan sangat tidak sehat.

Migrain jenis ini termasuk sakit kepala sebelah yang cukup langka dan kasusnya jarang ditemukan. Jika Anda mengalaminya, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter.

Jangan lupa juga pulihkan kondisi fisik dan psikis agar stabil dan mengurangi rasa sakit kepala jenis ini.

6. Migrain Ophtalmoplegic

Migrain jenis ophtalmoplegic sangat berkaitan erat dengan saraf di sekitar mata Anda. Hubungan antara sakit kepala dan mata memang ada, dan hal itu perlu Anda waspadai.

Jika Anda mengalami sakit kepala sebelah dengan pusat rasa sakit di mata Anda, berarti Anda kemungkinan sedang mengalami migrain jenis ophtalmoplegic ini.

Maka jika Anda merasakan ada yang tidak beres dengan sakit kepala sebelah dan rasa sakit serta nyeri di bagian mata, ada baiknya Anda mewaspadai gejala ini.

Apabila gejalanya muncul secara berulang dan semakin parah, maka sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

7. Migrain Retina

Jenis migrain terakhir adalah migrain retina. Migrain jenis ini pun masih ada kaitannya dengan mata Anda. Saat migrain jenis ini kambuh, kemungkinan besar Anda akan mengalami kehilangan penglihatan.

Sakit kepala sebelah jenis ini juga mempengaruhi saraf penglihatan. Maka Anda tidak boleh menganggap remeh penyakit ini.

Jika Anda mengalami gejala-gejala dari migrain retina ini, segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sebelum jadi lebih parah.

Gejala Umum Berbagai Jenis Migrain

Banyak gejala yang bisa diidentifikasi sebagai gejala migrain. Sepeti memiliki tubuh yang lemas setiap saat, kesulitan gerak di bagian leher, sakit kepala di beberapa bagian dalam beberapa waktu, penglihatan kabur, serta mual dan muntah.

Anda harus waspada jika sudah mengalami gejala umum dari sakit kepala sebelah ini.

Itulah informasi mengenai jenis-jenis migrain dan gejalanya yang harus Anda tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Segera hubungi dokter atau klinik kesehatan terdekat jika Anda mengalami salah satu dari jenis migrain tersebut.

Advertisement
About Annisa Aprilia 146 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*