Kapan Ciri-Ciri Hamil Mulai Timbul?

Kapan sebenarnya Ciri Ciri Hamil itu Timbul?.Timbulnya ciri-ciri hamil atau tanda-tanda hamil atau gejala kehamilan itu bervariasi dari satu wanita dengan lainnya. Beberapa wanita mulai mengalami gejala kehamilan segera setelah mereka hamil sementara yang lain memakan waktu beberapa minggu baru muncul dengan jelas gejala kehamilannya.

Semakin cepat cepat munculnya ciri-ciri hamil muda, maka semakin baik buat ibu dan janinnya, karena sang calon ibu bisa menjaga atau memerikasakan kondisi kandungannya sejak awal. Yang agak susah itu kalau timbulnya gejala setelah beberapa minggu bahkan bulan. Apalagi kalau si Ibunya sangat aktif bekerja. Kalau ternyata kandungannya tidak kuat, bisa tiba2 keguguran, tanpa mereka sadari kalau ternyata selama ini mereka itu sedang hamil muda.

ciri-ciri hamil

Para ahli kandungan mengemukakan bahwa ciri-ciri orang hamil biasanya muncul dimulai pada 5 sampai minggu ke-6 setelah pembuahan. Meskipun beberapa wanita mengatakan bahwa mereka melihat perubahan dalam tubuh mereka dalam waktu yang lebih cepat. Ketika sel telur telah dibuahi, ia akan menmpel pada dinding rahim dan mulai memproduksi hormon hCG. Hormon ini berfungsi untuk melindungi telur yang telah dibuahi dari sistem kekebalan tubuh ibu . Hal ini terjadi setelah 11 sampai 14 hari setelah pembuahan. hCG akan diproduksi selama kehamilan , tetapi akan berhenti berkembang pada minggu 11. Ini adalah waktu ketika morning sickness (mual dan muntah) umumnya dialami oleh wanita pada awal kehamilannya.

Ini di beberapa ciri-ciri hamil

Gejala-gejala kehamilan ini hanya tanda-tanda awal kehamilan, anda perlu melakukan tes kehamilan untuk memastikan kalau anda memang sedang hamil. Gejala awal kehamilan yang biasanya dirasakan oleh wanita meliputi:

  • Penggelapan areola dan buah d4da menjadi sensitif .
  • Terlambat datang bulan, ini adalah salah satu tanda paling umum pada kehamilan. Tapi itu bukan tanda yang dapat diandalkan, pastikan untuk mengambil tes kehamilan untuk menentukan apakah Anda hamil atau memang agak terlambat datang bulannya.
  • Anda menjadi jauh lebih sensitif terhadap beberapa jenis bau atau makanan.
  • Mual dan muntah terutama di pagi hari
  • Perut terasa kembung ketika diisi
  • Perasaan jadi lebih emosional dan lebih cepat marah
  • Sering Sakit kepala
  • Sering Buang Air Kecil
  • Perut Mulas
  • Mudah Letih dan Lelah

Sebagian besar gejala kehamilan diatas agak mirip dengan gejala-gejala sebelum menstruasi (PMS) jadi anda harus jeli untuk memperhatikan ciri ciri hamil yang ada. Kalau anda merasa kok seperti hamil ya, sebaiknya tes kehamilan biar lebih pasti. Semakin awal anda mengetahui kalau anda sedang hamil. akan semakin baik buat anda dan calon bayi anda.

51 Comments

  1. maaf ganggu sebelumnya,saya ingin bertanya ttg kehamilan. Apakah saya bisa hamil walau blm berhbgn dg suami tetapi kami hnya melakukan p3tt1ng krn saya baru menikah dan belum siap punya anak dan berhbgn dg suami. tp setelah melakukan p3t1ng lalu beberapa hari kemudian saya mens. setiap kami melakukan p3t1ng,saya tdk sengaja memegang m1ssvi dg tangan setelah terkena sp3rma suami. tp sebelum memegang m1svi tgn saya dicuci dg sabun bebarapa kali. apakah dg hal itu saya bs hamil? mhn bs dibantu.

    • Ibu yes, kalau menurut saya tidak ya, apalagi sudah dicuci dulu pakai sabun sebelumnya, sp3rma tidak tahan lama di udara terbuka, kalau didalam rahim bisa sampai sekitar 3-7 hari. mungkin untuk lebih amannya, bisa pakai alat kb lain seperti pil kb atau spiral.

    • sp3rma itu umurnya singkat kalau diudara terbuka, tergantung suhu dan kondisi sekitar, semakin panas semakin cepat mati, cuman hitungan menit. jadi kemungkinan kecil dapat menimbulkan kehamilan.

  2. saya boleh numpang tanya bu?
    misalnya saya berhbgn dengan suami saya, lalu kemudian sp3rmanya tidak dikeluarkan didalam rahim. melainkan diluar misvi.
    apakah saya bisa tetap terjadi kehamilan?

    • kemungkinan kecil karena umur sp3rma di udara luar itu sangat singkat, namun walaupun kecil tetap saja bisa terjadi, sebaiknya memakai kb seperti p1l atau spiral

  3. mau tanya nih,saya sudah telat datang bulan kurang lbh 5 harian,saya merasakan nyeri perut bagian (sprti mau PMS) put1ng p4yud4ra juga terasa sakit kalau disentuh,apakah saya hamil atau hanya ciri saya akan PMS???Terimakasih

    • #putri
      memang ciri-ciri orang hamil itu hampir mirip ciri-ciri mau PMS, namun kalau biasanya selalu tepat waktu atau paling meleset 1 atau 2 hari haidnya, maka kalau sudah telat 5 hari atau seminggu, dan dibarengi beberapa tanda-tanda kehamilan lainnya, maka kemungkinan besar memang anda sedang hamil, silakan di tespek untuk memastikannya, dan segera periksakan ke dokter kalau memang positif hamil.

  4. aku mau nanya contoh aku pms tgl 23 bulan depan tgl 26 aku kira telat eh ternyata tidak .itu disebut apa ya,dan cara menghitung awal kehamilan apa dari masa terakhir pms,mohon penjelasan nya,…..terimakasih.

  5. Halo aku mau tanya aku telat sdh 5 hari dan di tes negatif serta rasanya seperti gejala pms tp suhu badanku naik merasa agak panas. Apa bisa ya setelah sp3rma di keluarkan di luar misv tp lgsg di masukkan lagi ke dlm misv bisa hamil ? Mohon infonya

    • tunggu saja kalau seminggu lagi masih belum dapat halangan, coba ditespek lagi dengan urin waktu bangun pagi. sp3rma itu umurnya cuma beberapa menit di udara luar, namun kalau ternyata masih ada yang hidup dan bisa mencapai sel telur anda yang sudah matang, akan bisa terjadi pembuahan dan kehamilan, kalau memang itu yang di kehendaki oleh Tuhan maka akan terjadi

  6. assalamualaikum..tumpang tanya,period terakhir pada 29 agustus 2014..saya harusnya menstruasi lagi pada 25 september..tapi ternyata tidak..akan tetapi pd 27 september keluar darah jernih dan cairan berwarna coklat..kuantitinya hanya sedikit dan hanya dialami satu hari sahaja..persoalan saya..adakah itu tanda2 org hamil..

    • kalau biasanya jarang terlambat datang bulannya, dan kali ini terlambat periodnya, bisa jadi itu pertanda hamil, namun untuk memastikannya, tunggu beberapa hari lagi, kalau belum juga datang period anda dengan jumlah darah yang banyak seperti biasa anda alami, lakukan tes kehamilan.

  7. Halo. Saya mau tanya, sy udah telat 10 hari. Hari ke 6 sempat tp hasilnya 2 garis merah muda tapi salah satu garis itu samar2. Kemudian hr ke 8 tiba2 sy keputihan tp tdk berwarna ato berbau. Pd waktu it emang aktivitas sy lbh banyak drpd biasanya. Lalu hr ke 10 yaitu hr ini tgl 10 okt 14 tiba2 keluar cairan merah muda, tp sedikit. Itu artinya apa ya ? Dan sy blm periksa ke dokter krn sy merasa masih tll dini utk periksa ke dokter. Trima kasih atas penjelasannya

    • kalau tespack ada 2 garis kemungkinan besar memang hamil, kalau diikuti ada pendarahan walaupun sedikit sebaiknya periksakan ke dokter, untuk memastikan kehamilan dan sekaligus memeriksakan kondisi kesehatan kandungannya kalau mamng hamil

  8. Ass,,,,
    Saya mau tanya, saya baru selesai M tgl 04 kmrin n” beberapa hari kmudian suhu tubuh saya sering naik,cepat lelah n” saya sering pusing tapi saya tidak pernah mual2. Dan sekarang saya ad kluar bercak2 coklat seperti M tpi itu cm sdikit. Apakah itu tanda2 kehamilan???
    Thank”s

    • kalau melihat tanggalnya, mungkin anda memasuki masa subur anda, kadang2 waktu masa subur ada telur yang sudah matang yang menimbulkan efek samping timbul sedikit bercak kadang lend1r bening juga

  9. assamualaikum wr.wb

    Nama saya ella. Next nov usia saya 43 tahun. Bulan september 2014, saya sempet telat mens 3 hari, tapi saya tetep dapet mens bulan september itu. Selesai mens saya tgl 11 sept 2014. Untuk bulan oct ini, saat saya tulis ini, belom mens juga. Kemaren sempet beli test pack, saya coba sesuai petunjuk yang ada di test pack itu, pagi2 BAK pertama saya lakukan test, di test pack itu ditulis setelah 5 menit akan ada hasilnya. Saya tunggu sampe 10 menit, cuma hasilnya negatif, akhirnya saya melakukan kegiatan seperti biasanya. Tadinya saya pikir kalo saya hamil, akan istirahat dulu. Siang harinya, saya iseng cek test pack yg tadi pagi saya tinggalin di kamar mandi, dan saya lihat tanda nya Positif, walaupun agak samar tanda garisnya itu. Kalo begitu artinya saya hamil atau tidak yah?…

    • ya kalau 2 garis kemungkinan besar memang hamil, untuk lebih baik lagi, coba beberapa hari lagi di tes lagi agar kandungan hormon hCG dalam tubuh anda semakin banyak sehingga hasilnya bisa lebih jelas.

  10. Assalammualaikum,
    numpang tanya, sy harusnya haid tgl 16 okt kemarin. tp sampai skrg tgl 22 okt sy blum haid lg. dan perut sy sejak 3 hari lalu kadang sakit, kadang tdk. sakitnya sperti mau haid. dan 3-4 hari lalu kluar bercak warna coklat samar bening cuma sedikit.
    cuma itu saja yg sy alami. dan tgl 22 pagi tadi sy beranikan utk testpack, tp hasilnya negatif.
    ada masukan apa yg sebaiknya harus sy lakukan?
    trims sebelumnya

  11. Maaf saya mau tanya,
    Saya datang bulan tgl 26 kemaren trs stelah brhubngn itu kira2 semingguan perut saya rasanya nyeri dan sakit, terus terasa kembung, perut terasa penuh, mual dan ingin muntah, pusing…dua hari kemaren saya tes peck hasilnya negatif, tapi sampai saat ini perut saya tetap terasa kemung dan kadang masih sakit, dan p4yud4ra saya put1ngnya sakit dan jadi agak gede dikit, suhu badan sya juga naik,,,,kemaren saya kira magg terus saya minum obat tapi ttap tdak sembuh..saya kenapa ya??
    Soalnya berharap cepat hamil, dan tidak mau kecewa lagi,
    Terima kasih,

  12. Assalamualaikum ibu, saya rita umur saya 28 tahun. Haid terakhir saya tanggal 30 october 2014, dan siklus 28 hari sekali dengan lama haid 7 hari. Saya berhbgn dengan suami dari tanggal 12 smpai 16 (periode masa subur), Saya mengalami nyeri perut bawah, sakit pinggang belakang, mual dan muntah, suhu tubuh saya lebih tinggi dari biasanya semenjak berhbgn sampai sekarang. P4yud4ra saya tidak terasa sakit jika disentuh hanya arola nya menghitam. Tanggal 22 saya coba tes pack hasilnya garis 2 samar, saya test sore hari. Tanggal 25 pagi saya test lagi dan hasilnya negatif…tidak muncul garis dua walaupun samar. Besok jatah saya menstruasi, tanggal 26 november 2014. Saya jadi galau ini bu…apa saya hamil? Saya belum berani periksa ke doker …

  13. Dok mau tanya klo kita haid pertama tgl 29/12/2014 dan selesai tgl 05/01/2015
    Sampe sekrang blom haid,kapan kita bisa pastikan klo kita lagi hamil,sebelumna haid g lancar,trus berapa hari ne suka rasa capek,mual sesekali tapi g d pagi hari,pusing tiba2,,,
    Saya lagi komsumsi susu anmum perencanaan hamil,tq dok

  14. Ass, mf sy mau tnya bulan 12/16/2014 sya dpt haid berhenti krg lbh 1 mggu, dan 5 hari kemudian sya haid lg tpi gk terlalu dras dan berhenti haid sekitar tggal 27, dan bulan 1 sampai memasuki bln 2 ini sy blom dpt jg, bbrpa hri yg lalu sy sakit demam punggung blkg agk kyak pegel gitu trus p4yud4ra klo di sentuh sakit, tadi pg sy coba test peck hasil 2 garis tpi yg garis satu nya samar2, saya bingung saya hamil gak y…berharap itu tanda hamil

  15. Maaf nih saya mau tanya..
    Pada saat saya berhbgn di masa subur cairan serviks memang cukup banyak, sp3rm4 juga di keluarkan di dalam misvi,, dan seperti biasanya selang bebrapa menit ada cairan yang kluar lagi.. Tapi setelahnya, tidak ada sama skali sampai tiga hari setelah berhbgn..

  16. Saya mau tanya dok Udah 3 hari ini p4yu d4ra saya lebih sensitif , lebih besar dr ukuran kemaren , terasa nyeri ( sakit ) kalau di pegang , sering tiba2 pusing , say a udah tes pack tp hasilnya negatif .. ap kah saya hamil dok .. ? mohon penjelasanya

  17. Ass mau tanya dok.kalau berhbgn satu hari stelah mens dan sprm4 masuk kedlm misvii sbagian kecil lbh bnyak dluar,dan paginya timbul bercak agak coklat apakah ada kmungkinan bisa hamil?

  18. Hallo..sy mau konsultasi ttg siklus mens sy yg tdk beraturan..Biasanya sy mens pd akhr bulan antra tgl 27,28,29 atau 30..desember 2014 mens msh normal tgl 27 & brlangsung 3hr..lalu pd 1 januari 2015 keluar sdkt darah lg tp cm 1hr itu aja. Kemudia sy br mens lg februari sktr tgl 6 selama 3hr sprt biasanya..pd pertengahan februari gejala mens mulai terasa sprt p4yud4ra sakit bengkak & put1ngnya sgt sensitiv,suhu bdn sy jg naik turun,srg panas sprt demam..sy sdh check up ke dokter tp tdk ada sakit apa2 cm lambung aja..biasanya klo cm skt lambung di ksh obat sdh sehat lg..tp suhu bdn sy msh sering panas,p4yud4ra msh sakit tp blm mens..sy sdh cb tespack hsl nya negativ. Tolong jlskn ini gejala hamil atau bukan…

    • gejala2 yang dirasakan maish kurang spesifik dan mirip dengan tanda-tanda sebelum haid, jadi coba anda tespek lagi dalam 2 minggu kalau belum mens juga.

  19. Ass…
    sy mau tanya dong
    bbrpa hari pyudara sy sakit ketika di pgang,tpi put1ng tdak mmbesar,sy sring mual di pgi hari,sensitif terhadap suami,sy jg pengen mkan pedas pdhl sblm nya sy gk suka makan pedas,perut sring mulas n skit seperti kyak mau mens n sampai skrang blom hait pdhl tgl 7 kmren hrus nya udah hait
    apa sya hamil dok…..

  20. Siang saya hanny 24 tahun saya baru menikah 4 bulan yg saya mau tanyakan bulan januari lalu saya tdk haid dan saya haid tgl 5febuari lalu haid tsb banyak dan sakitnya luar biasa tapi skrg sudah tgl 17 maret tapi si merah blm juga dtg, sudah saya testpack pagi tadi tapi hasilnya masih negativ mohon di bantu ya

  21. Sya wanita usia 34 sblmx syavkb sntik 3:bln sdah copot kb skitar 5 blan kira2 bln februari sya mengeluarkan flek skitar 3 hr tp stelah itu tdak dan smpai saat ini sya blm mens skarangvsya sring mual tp wktu sya tes pek hsilx negatif apakah sya hamil

  22. mau tanya, kalau sy dth haid dalam 3 hari saja subur dan keempat dah sedikit kelima jg sedikit dan 6 hari dah stop. lepas tu hari 8 akan bersama suami apakah sy boleh hamil?

  23. Maaf mau tanya,saya haid tgl 12 april dan selesai tgl 16 april.. kemudian selama msa sbur saya berhubungan 2hari sekalii.. sekarang tgl 1 mei saya merasa kadang2 nyeri diperut bawah knan dan kiri. Saya jg sering BAK dan gampang lelah. Saya harusnya haid lg tgl 8/10 mei.. sebaiknya kpn saya memakai testpack?

    • kalau haidnya teratur ditunggu saja sampai saatnya datang bulan, kalau tanda2 hamil semakin kuat dan tidak haid juga bisa coba tespek

  24. Maaf dok mw tnya .apa tnda tanda kehamilan bisaa diketahui dua minggu ato seminggu sblm wkt haid..soalnya saya ngerasa skit pada puting 2 minggu sblm wkt haid dan sminggu sblm haid. Saya pusing. Mual pd ulu hati.dan kdg nyeri pd perut sblh kiri..mhn jwb annya ya dok..tq

  25. Selamat siang bu..
    Saya mau tanya,,, terakhir saya dtg bln tgl 8-11 des. Pd ms subur,saya melakukan hub. Rutin brsma suami.sekitar seminggu kemudian, saya merasa kram perut, pnggung blkg bgian bwh sakit (smpai skrg), sring buang air kcil, mudah lelah, lapar sepanjang hari, danbjuga sering meludah.kalau dbw tdur miring,ada rasa tdak nyaman d bgian rahim.kalau berhbgn dg suami,saya selalu merasa pusing. Apa mungkin saya hmil bu dokter? Saya sudah testpack td pgi,hsilnya negatif.apa mungkin blom trbca karena saya belum terlambat haid? (Jdwal haid saya shrusnya tgl 2 januari 2016,Siklus 25 hari).
    Mohon penjelasannya bu,, terimakasih..

  26. respon please …

    saya nyeri perut sebelah kirii .. apakah itu tanda kehamilan ?
    soalnya saya sama suami mengharapkan kehamilan 🙂
    trims

  27. Dok saya mau nanya doang , saya sudah telat haid 2 bulan , terakhir haid 15 desember 2016 , smpai sekrg 14 febuatri 2017 saya belum haid juga..
    saya sudah brulang kali TP namun hasilnya negatif , saya sudh mengalami tanda kehamilan sperti PD membesar tpi tidk sakit , mual , kram perut , keputihan sperti susu , meludah , bahkan tanggal 10 feb 2017 sya flek 2 hari tpi kenapa sya TP hasil negatif ? apa saya hamil atau tidak ..

  28. Assalamu’allaikum saya biasanya teratur datang bulan dan ini pertama kali telat datang bulan 17 hari tadinye pas tes pertama 2 garis samar” kenapa tes ke dua negatif ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*