5 Khasiat Jeruk Nipis Untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Siapa yang tak kenal jeruk nipis, buah yang kaya akan manfaat kesehatan ini. Sejak dahulu jeruk nipis sudah menjadi andalan setiap orang sebagai alternatif pengobatan secara alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Buah ini memang tergolong buah yang masam, namun jika dijadikan minuman, buah ini justru menjadi sangat segar.

Selain banyak manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, jeruk nipis atau jeruk lemon juga sangat bermanfaat untuk program diet. Banyak orang yang sedang melakukan program diet namun salah dalam memilih minuman yang tepat. Karena sembarangan minum, mereka tidak sadar bahwa yang mereka minum justru bisa merusak program diet mereka. Padahal, minuman berbahan dasar jeruk nipis bisa menjadi pilihan agar program diet kamu tidak terganggu.

manfaat jeruk nipis untuk diet

Manfaat jeruk nipis untuk diet

Jeruk nipis sangat baik untuk diet, hal ini dikarenakan jeruk nipis kaya akan vitamin C. Semua buah yang memiliki rasa yang masam pasti banyak mengandung vitamin C.

Advertisement

Selain itu, jeruk nipis juga banyak mengandung asam folat, flavanoid dan pottasium. Semua ini sangat bermanfaat untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel baru. Kandungan asam pada jeruk nipis juga berperan baik dalam pembakaran lemak, sehingga jeruk nipis bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk melaksanakan program diet.

Nah, agar lebih jelas apa saja manfaat jeruk nipis untuk diet sehat dan alami, berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis untuk diet dan menurunkan berat badan:

1. Jeruk nipis dapat membakar lemak

Perlu kamu ketahui bahwa jeruk nipis mengandung banyak asam nitrat atau lebih dikenal juga dengan sebutan nitrid acid. Jenis asam ini memberikan rasa asam pada jeruk nipis. Asam nitrat berfungsi baik dalam melakukan pembakaran lemak. Karena asam nitrat merupakan zat antioksidan, sehingga asam nitrat dapat membantu metabolisme lemak dalam tubuh.

BACA JUGA  Mindful Eating, Metode Unik Untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Selain asam nitrat, kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis juga efektif untuk pembakaran lemak. Oleh karenanya, jika kamu sedang dalam program diet terutama pada jenis diet yang memfokuskan pada pembakaran lemak seperti diet OCD, selain olahraga, mengonsumsi jeruk nipis juga akan membuat program diet kamu akan lebih optimal.

2. Jeruk nipis dapat memperlancar pencernaan

Manfaat jeruk nipis untuk diet dan menurunkan berat badan yang kedua adalah bisa membantu memperlancar pencernaan dalam tubuh. Saat melakukan program diet, tentu jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit jika dibandingkan dengan jika kamu tidak sedang dalam program diet.

Advertisement

Namun, jika kamu mengonsumsi jeruk nipis, asupan gizi dalam makanan yang masuk dalam tubuh tetap dalam jumlah banyak walaupun kamu mengonsumsi makanan yang lebih sedikit. Sehingga dengan asupan yang tetap terjaga, kamu tidak akan mudah lelah dalam melaksanakan program diet.

3. Jeruk nipis dapat menjaga kadar gula darah

Manfaat yang ketiga adalah jeruk nipis dapat menjaga kadar gula darah. Ini berarti bahwa jeruk nipis dapat mengurangi risiko diabetes, karena diabetes dapat disebabkan karena adanya kadar gula darah yang tinggi. Apa kaitannya dengan program diet? Jeruk nipis dapat mengurangi kadar gula dalam darah, hal ini dapat membantu mengurangi rasa lapar.

Tentu ini sangat membantu dalam program diet kamu bukan? Dengan begini kamu bisa lebih mudah untuk mengurangi porsi makan.

4. Jeruk nipis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika melaksanakan program diet, sudah tentu jumlah porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh berkurang. Hal ini bisa memberi risiko energi yang kamu dapatkan berkurang. Namun dengan mengonsumsi jeruk nipis, sistem kekebalan tubuh kamu bisa tetap terjaga.

BACA JUGA  7 Program Diet Sehat yang Mudah dan Ampuh Untuk Pemula

Hal ini karena kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis dapat membantu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Dengan demikian sehingga, kamu akan tetap terhindar dari penyakit.

5. Jeruk nipis dapat mencegah sembelit

Manfaat jeruk nipis untuk diet dan menurunkan berat badan yang terakhir adalah membantu mencegah susah BAB atau sembelit.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa jeruk nipis baik untuk membantu sistem pencernaan. Sehingga jeruk nipis juga dapat mencegah terjadinya sembelit. Secara umum, sembelit bisa disebabkan karena masih adanya sisa makanan yang menyumbat saluran pencernaan.

Nah, kandungan asam nitrat yang terdapat dalam jeruk nipis mampu melakukan pembersihan terhadap sisa makanan dalam saluran pencernaan. Jika kita analogikan, ini mirip dengan asam yang mampu membersihkan kerak kerak yang terdapat pada keramik, demikian pula asam nitrat dapat membersihkan sisa makanan dalam saluran pencernaan. Jika pencernaan lancar, maka berat badan akan lebih mudah turun. Bahkan dengan jeruk nipis kamu bisa melakukan diet untuk menurunkan berat badan 10 Kg!

Itulah beberapa khasiat atau manfaat jeruk nipis untuk diet. Banyak cara alami sebenarnya yang bisa kamu coba untuk menjalankan program diet. Jadi diet yang kamu lakukan tidak harus mahal, kamu bisa membuatnya menjadi lebih murah bahkan gratis.

Kabar baiknya lagi, dengan jeruk nipis kamu bisa menjalankan program diet jeruk nipis 21 hari. Artinya kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk diet jika ingin melakukan diet dengan jeruk nipis.

Advertisement
About Arief 21 Articles
Seorang mahasiswa yang sedang berjuang menamatkan kuliah. Penulis, weekend photographer, dan gamer musiman. Punya cita-cita traveling ke Spanyol tapi belum kesampaian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*