Benarkah Lari di Siang Hari Bisa Membakar Lemak Lebih Cepat?

Lari di siang hari saat matahari bersinar dengan terik mungkin jadi ide yang masuk akal bagi Anda untuk membakar lemak dengan cepat. Semakin banyak keringat yang mencucur dirasa semakin baik, Anda pun lari dengan memakai jaket agar panas tubuh lebih cepat naik.

Tapi pertanyaannya, apakah benar lari siang hari seperti itu bisa membakar lemak lebih banyak daripada waktu lainnya?

lari siang hari membakar lemak

Berikut ini beberapa hal yang menarik yang perlu Anda ketahui:

Advertisement

1. Semakin intensif lari yang dilakukan, semakin banyak jumlah lemak yang dibakar

Lari merupakan olahraga untuk diet yang cukup efektif menurunkan berat badan jika dilakukan dengan rutin.

Saat melakukan olahraga lari tubuh akan “membakar” campuran lemak dan karbohidrat (dalam bentuk gula darah/ glikogen) untuk menghasilkan energi. Semakin intens lari yang dilakukan semakin banyak pula campuran keduanya yang akan dibakar.

Jadi sebenarnya yang paling berpengaruh dengan banyaknya jumlah lemak dan karbohidrat yang dibakar adalah intensitas dari olahraga lari itu sendiri.

2. Temperatur panas di siang hari mungkin berpengaruh pada proses pembakaran lemak saat lari

Faktor suhu panas saat lari di siang hari ternyata punya pengaruh terhadap jumlah komposisi lemak dan karbohidrat yang dibakar.

Advertisement

Benarkah lari di siang hari bisa membakar lemak lebih banyak dan lebih cepat?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol, ternyata mendapatkan hasil sebaliknya. Mereka menyimpulkan:

“Latihan dalam panas (40 C) meningkatkan oksidasi glikogen otot dan mengurangi oksidasi lemak seluruh tubuh (Febbraio et al. 1994), dibandingkan dengan intensitas latihan yang sama yang dilakukan pada 20 C”.

Dengan kata lain, saat lari di siang hari dengan suhu yang panas membuat tubuh membakar karbohidrat lebih banyak daripada lemak untuk memperoleh energi.

BACA JUGA  10 Tips Menurunkan dan Menjaga Berat Badan Dengan Mudah

Jadi daripada menyiksa diri dengan lari di terik siang yang sangat panas, lebih baik Anda meningkatkan intensitas lari yang Anda lakukan di pagi atau sore hari.

3. Lari di siang hari ternyata bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan berbahaya

Selain membuat kulit Anda semakin gelap, paparan sinar matahari di siang hari ternyata punya efek negatif untuk kulit – terlebih jika terjadi dalam durasi yang lama dan tanpa ada penghalang.

Salah satu risiko penyakit yang bisa disebabkan radiasi UV adalah kanker kulit.

Selain itu, memaksakan tubuh untuk terus berlari di suhu yang terlampau panas di siang hari juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti dehidrasi, kejang otot, dan heat stroke.

4. Lalu, kapan jam yang baik untuk lari atau jogging?

Lari siang hari jam 12 atau jam 1 bukanlah ide yang bagus, karena pada saat itu matahari sedang bersinar dengan sangat terik.

Waktu terbaik untuk lari atau jogging adalah di awal pagi atau sore hari. Lari di awal pagi hari punya kelebihan udara yang masih segar dan suasana yang lebih tenang. Sedangkan lari di sore hari bisa membantu Anda melepas stres dan mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak.

Advertisement
About Annisa Aprilia 146 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*