Mengapa Makanan dan Minuman Manis Menyebabkan Sakit Tenggorokan?

Makanan dan minuman manis memang nikmat sekali, tapi efeknya terhadap tubuh tak semanis rasanya. Apalagi jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak atau terlalu sering.

Makanan atau minuman manis sering dituduh menjadi penyebab sakit tenggorokan, mengapa begitu? Pada kesempatan kali ini saya akan coba jelaskan fenomena ini secara ilmiah.

makanan manis menyebabkan sakit tenggorokan

Penyebab makanan dan minuman manis menyebabkan sakit tenggorokan

Berbicara tentang yang manis-manis, kita tidak akan jauh-jauh dari yang namanya gula. Gula inilah yang menjadi biang keladi munculnya sakit tenggorokan.

1. Gula = asam (acid)

Perlu Anda ketahui jika gula adalah makanan super asam, meskipun di mulut rasanya manis tapi ketika masuk ke dalam tubuh ia akan mempengaruhi keseimbangan asam-basa tubuh sedemikian rupa. 1Sugar And Sore Throats: What Is The Link? https://www.longevitylive.com/nutrition-body/healthy-eating/link-between-sugar-sore-throats

Gula dalam bentuk apa pun dapat mempengaruhi asam-basa tubuh, namun yang terburuk berasal dari gula yang sudah dihaluskan atau gula tersembunyi dalam cake, puding, permen, atau biskuit. Meskipun tubuh manusia memiliki kemampuan untuk mengatur keseimbangan asam-basanya, namun jika gula yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak akan menyebabkan keseimbangannya terganggu.

Gula akan menyebabkan lingkungan asam yang sangat disukai oleh bakteri dan patogen, yang mana keduanya adalah penyebab munculnya sakit tenggorokan.

Selain itu, zat yang bersifat asam juga akan menyebabkan inflamasi dalam tubuh. Terlalu banyak asam yang melewati tenggorokan Anda tentu saja dapat berakibat pada terjadinya inflamasi.

Orang yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi juga akan sangat cepat bereaksi dengan kelebihan asam dalam tubuh dan mengalami beberapa gangguan seperti nyeri sendi, iritasi pada kulit, dsb.

2. Gula menurunkan kekebalan tubuh

Ini adalah penyebab kedua mengapa makanan dan minuman manis bisa menyebabkan sakit tenggorokan; gula dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Menurut dokter Jim Howenstine, M.D, tubuh manusia itu tidak dapat mengubah gula menjadi vitamin C seperti yang bisa dilakukan oleh hewan. Gula dan asorbic acid (nama lain vitamin C) yang sama-sama bersifat asam akan saling bersaing satu sama lain dalam tubuh. Jadi makanan yang tinggi gula akan menyebabkan menurunnya vitamin C dalam tubuh, dan skenario seperti ini akan menyebabkan sistem imun melemah.

Sampai di sini sudah mulai terdengar masuk akal mengapa makanan dan minuman manis yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan tenggorokan Anda menjadi sakit bukan?

Semakin tinggi gula yang masuk menyebabkan semakin sedikit vitamin C yang diserap tubuh. Vitamin C adalah salah satu zat penting yang diperlukan untuk menguatkan imun, jika jumlahnya kurang makan daya tahan tubuh kita bisa melemah. Di saat inilah tubuh menjadi rentan terhadap serangan virus dan bakteri yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Baca juga: Ciri dan Gejala Sakit Tenggorokan Yang Berbahaya

Cara mengatasi sakit tenggorokan karena makanan dan minuman manis

Jika sakit tenggorokan sudah terlanjut muncul karena Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman manis, jangan panik berikut ada beberapa tips untuk mengatasinya.

1. Kembalikan keseimbangan asam-basa tubuh

Anda bisa memulainya dengan berupaya untuk menormalkan kembali keseimbangan asam-basa tubuh dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dan makanan yang bisa menyeimbangkan keasaman tubuh seperti sayuran hijau, taoge, dan buah-buahan.

Minumlah segelas air di pagi hari, bila perlu tambahkan sepotong lemon yang kaya vitamin C. Minuman ini sangat baik untuk melancarkan metabolisme tubuh Anda di pagi hari. Makanan probiotik juga cukup bagus untuk mengembalikan keseimbangan jumlah bakteri baik dalam tubuh.

2. Mengobati sakit tenggorokan secara alami

Sakit tenggorokan yang muncul karena makanan manis biasanya bersifat ringan, Anda mungkin bisa melakukan beberapa cara tradisional untuk mengobati sakit tenggorokan seperti berkumur air garam dan minum teh hangat yang dicampur madu asli.

Selengkapnya bisa Anda baca di sini:

10 Obat Alami Tradisional Sakit Tenggorokan Yang Aman dan Ampuh

3. Menguatkan daya tahan tubuh

Karena dalam kasus ini sakit tenggorokan mungkin saja muncul karena penurunan daya tahan tubuh akibat gula, maka upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menguatkan kembali daya tahan tubuh Anda.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan seperti:

  1. Tidur yang cukup. Jangan begadang karena kebiasaan ini bisa melemahkan daya tahan tubuh.
  2. Minum cukup cairan setiap hari.
  3. Hindari faktor-faktor yang bisa melemahkan daya tahan tubuh seperti merokok, dan makanan yang manis-manis.

Penutup

Makanan dan minuman manis memang bisa memanjakan lidah Anda, tapi sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

Makanan dan minuman manis tidak hanya bisa menyebabkan sakit tenggorokan saja, tapi penyakit lain juga berpotensi muncul mengingat ia bisa menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun.

Selain sakit tenggorokan, teralu berlebihan dalam mengonsumsi yang manis-manis juga bisa menyebabkan penyakit diabetes yang sulit disembuhkan.

Share!

About Tonny 5 Articles
Pria yang tidak setuju dengan pepatah "kesehatan itu mahal", memangnya siapa yang mau jual? Kesehatan itu priceless, tak ternilai. Jadilah orang bijak yang menjaganya sekuat tenaga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*