9 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah naga (Hylocereus undatus) merupakan buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Selatan. Saat ini buah naga sudah banyak dibudidayakan di wilayah Asia termasuk Indonesia.

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang difavoritkan oleh banyak orang, selain karena rasanya yang lezat dan segar buah naga juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

manfaat buah naga untuk kesehatan

Berikut ini adalah 9 manfaat buah naga untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Advertisement

1. Jantung menjadi lebih sehat

Salah satu manfaat dari buah naga adalah bisa menyehatkan jantung karena buah ini memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol jahat dan menambah kadar kolesterol yang baik.

Buah naga juga merupakan jenis sumber lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu jantung tetap dalam kondisi prima yang tentu akan menyehatkan fungsi dari jantung.

Mungkin kamu lebih suka buah lain untuk dikonsumsi namun tidak ada salahnya bila kamu mencoba mengonsumsi buah naga ini. Rasanya yang lezat dan manfaat luar biasa bisa didapat hanya dalam satu jenis buah tentu akan sangat memudahkan kamu dalam menjaga kesehatan.

2. Membersihkan pencernaan

Mengonsumsi buah naga adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membersihkan pencernaan dari bahayanya racun yang masuk saat kita makan, hal itu bisa terjadi karena buah ini memiliki kandungan serat tinggi yang sangat dibutuhkan oleh pencernaan.

Selain itu dengan mengonsumsi buah naga kamu dapat melindungi organ pencernaan dari racun atau sejenisnya yang dapat mengganggu kesehatan kita.

Serat berfungsi untuk menyerap lemak dan zat racun yang ada di usus, hal ini akan bermanfaat untuk menghindari terjadinya berbagai gangguan usus akibat penumpukan lemak dan racun.

BACA JUGA  Aneka Jus Buah Yang Baik Untuk Kesehatan & Mencegah Penyakit

3. Antioksidan aktif

Untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas dan zat penyebab kanker terdapat beberapa cara yang mungkin sudah kamu ketahui dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buah naga.

Sumber antioksidan terbaik adalah buah-buahan dan sayur namun kamu akan menemukan antioksidan dalam kadar tinggi di dalam buah naga ini.

Hal itulah yang membuat banyak orang mencari buah ini di samping memang rasanya yang lezat buah yang satu ini juga memiliki kandungan nutrisi yang kaya dan dapat membantu kita dalam menjaga tubuh agar tetap sehat.

4. Melawan diabetes

Manfaat buah naga untuk kesehatan yang selanjutnya adalah melawan penyakit diabetes. Jumlah serat yang tinggi pada buah naga dapat melawan diabetes. Hal itu bisa terjadi karena serat di dalam buah naga dapat menstabilkan kadar gula darah dengan menekan lonjakan glukosa setelah makan.

Dengan adanya kandungan serat tersebut tentu setidaknya akan membantu kamu dalam mengatasi kemungkinan terjangkitnya kita oleh penyakit diabetes.

Advertisement

Terlebih seperti yang kita tahu bahwa seseorang yang terkena diabetes keturunannya nanti akan memiliki persentase tinggi untuk terkena penyakit ini juga, hal itulah yang membuat banyak orang khawatir.

Namun kamu tidak usah bingung karena buah naga merupakan buah untuk diabetes yang baik dan dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah diabetes ini.

5. Mengurangi tanda penuaan

Mengonsumsi buah naga dengan antioksidannya yang kaya bisa menjaga kulit tetap kencang dan muda. Tentu hal ini adalah salah satu keinginan dari setiap orang terlebih dengan sibuknya aktivitas, kadang orang lain jarang memperhatikan kesehatan tubuh

Dengan mengonsumsi buah naga ini kamu akan mendapatkan kesehatan yang bugar dan seiring hal tersebut kamu akan mendapatkan tubuh yang tampak awet muda dan membantu menghilangkan kerutan pada kulit.

BACA JUGA  12 Buah-buahan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Wajah dan Tubuh

Kamu bisa membuat masker madu yang dikombinasikan dengan buah naga. Kedua bahan ini memiliki manfaat untuk mengatasi kerutan dan masalah penuaan lain yang mungkin terjadi pada kulit

Dengan cara mengonsumsi buah naga secara rutin, kamu juga akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal namun kamu harus tetap mengiringi hal tersebut dengan makanan berat seperti biasa untuk menghindari kurangnya energi dari kurangnya asupan ke tubuh.

6. Menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari

Kombinasi buah naga dengan jus mentimun dan madu akan membantu mengatasi iritasi kulit akibat terbakar sinar matahari. Hal ini karena di dalam buah naga terdapat sifat anti inflamasi yang bisa mengobati kulit yang terbakar matahari dan melepaskan panas dari daerah yang terkena paparan sinar matahari tersebut.

Hal ini saya rasa cukup serius bila melihat dari kemungkinan yang ada karena bila kita terus terpapar sinar matahari kulit kita akan mengalami kerusakan. Hal tersebut akan membawa beberapa gangguan kulit yang cukup serius.

Karena itu mengonsumsi buah naga adalah pilihan tepat bila ingin menangani masalah tersebut terlebih di zaman sekarang polusi semakin banyak dan mengakibatkan daya tahan tubuh melemah.

7. Meredakan asma dan batuk

Manfaat buah naga untuk kesehatan yang selanjutnya adalah meredakan penyakit asma dan batuk. Kedua penyakit ini merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas.

Nah ternyata buah naga punya khasiat untuk membantu meredakan kedua penyakit tersebut. Hal ini karena di dalam buah naga terkandung banyak vitamin B3 yang bisa berfungsi sebagai obat asma dan batuk.

8. Menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata adalah hal penting yang harus dilakukan setiap orang. Selain wortel yang sudah terkenal untuk kesehatan mata, buah naga juga tak kalah bagusnya.

BACA JUGA  12 Buah-buahan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Wajah dan Tubuh

Di dalam buah naga terkandung senyawa beta karoten yang bermanfaat untuk menjaga mata agar tetap sehat dan tajam. Mengonsumsi buah naga secara rutin bisa menjaga mata dari gangguan mata rabun atau minus.

9. Menguatkan tulang

Manfaat buah naga untuk kesehatan yang terakhir adalah menjaga kesehatan tulang dan membuatnya tetap kuat.

Buah naga kaya akan kalsium organik yang bermanfaat untuk menjaga tulang agar tetap solid dan kuat. Kalsium ini juga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Mengonsumsi buah naga bisa jadi pilihan yang tepat untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Advertisement
About Annisa Aprilia 147 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*