7 Manfaat Madu Untuk Mengobati Bibir Kering dan Pecah-pecah Secara Alami

Madu menyimpan banyak sekali khasiat yang bisa kita gunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah mengobati bibir yang kering dan pecah-pecah.

Manfaat madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah berasal dari kandungan pelembab alaminya yang mudah meresap ke dalam kulit. Selain itu madu juga punya kandungan anti bakteri dan anti inflamasi yang bisa mencegah terjadinya kondisi yang lebih buruk dari bibir yang pecah-pecah tersebut.

Manfaat madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Berikut ini adalah manfaat madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang harus Anda ketahui:

1. Madu adalah pelembap alami untuk melembapkan bibir yang kering dan pecah-pecah

Madu adalah pelembap alami untuk melembapkan bibir yang kering dan pecah pecah

Advertisement

Madu merupakan pelembap palami yang sangat bagus untuk kulit. Ketika oleskan pada bibir, ia akan menyerap kelembapan dari udara dan menahannya sehingga kelembapan bisa bertahan lebih lama.

Sifat menyerap kelembapan pada madu ini disebut dengan sifat higroskopis, hal ini juga yang menjadi alasan madu sering digunakan sebagai masker madu untuk memutihkan dan melembapkan wajah. Selain melembapkan, kandungan vitamin, enzim, dan mineral pada madu akan memperbaiki kerusakan yang terjadi karena kondisi kulit bibir yang kering tersebut.

2. Madu mengandung vitamin B2 dan Zinc yang bisa menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah

Madu mengandung vitamin B2 dan Zinc yang bisa menyembuhkan bibir kering dan pecah pecah

Manfaat madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang selanjutnya adalah sebagai nutrisi yang kaya vitamin dan mineral penting.

Bibir yang kering dan pecah-pecah bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin B2 dan zinc. Hal ini memicu terjadinya kondisi kulit yang kering, dan bagian yang paling parah dampaknya adalah bibir. Dengan menggunakan madu maka kulit pada bibir bisa mendapatkan vitamin B2 dan zinc yang diperlukan.

3. Madu sebagai anti inflamasi yang bisa mengobati iritasi dan rasa perih pada bibir yang kering dan pecah-pecah

Madu sebagai anti inflamasi yang bisa mengobati iritasi dan rasa perih pada bibir yang kering dan pecah pecah

Manfaat madu untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah selanjutnya adalah sebagai anti inflamasi untuk mencegah iritasi dan peradangan. Saat bibir kering mungkin saja iritasi akan muncul yang ditandai dengan rasa perih.

BACA JUGA  10 Manfaat Madu Untuk Wajah dan Kecantikan Kulit

Hal ini dibiarkan akan membuat Anda tidak nyaman. Nah madu memiliki kandungan zat anti inflamasi yang akan membantu meredakan rasa perih karena iritasi tersebut.

4. Madu mengandung zat anti bakteri yang bisa mencegah terjadinya infeksi pada bibir kering dan pecah-pecah

Madu mengandung zat anti bakteri yang bisa mencegah terjadinya infeksi pada bibir kering dan pecah pecah

Manfaat madu yang selanjutnya adalah sebagai anti bakteri. Bibir yang pecah-pecah dan perih bisa menjadi lebih parah jika saat itu ada kuman yang menginfeksi. Bakteri jahat bisa saja masuk melalui bagian luar kulit yang pecah-pecah (luka) tersebut. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan madu karena di dalamnya terdapat zat anti bakteri yang bisa mematikan bakteri-bakteri yang merugikan.

Menggunakan madu untuk bibir yang kering dan pecah-pecah juga bisa dibilang aman dan minim efek samping. Tidak seperti obat lain yang tidak boleh tertelan saat digunakan, madu justru menyehatkan bila ditelan, jadi penggunaannya lebih mudah dan praktis.

Advertisement

5. Manfaat madu sebagai exfoliator untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati pada bibir

Manfaat madu sebagai exfoliator untuk mengelupaskan sel kulit mati pada bibir

 

Bibir yang kering akan menyebabkan sel-sel kulit di permukaan bibir menjadi mati. Hal ini akan memicu munculnya retakan-retakan pada bibir yang sering diiringi dengan rasa perih.

Menggunakan madu untuk bibir yang kering dan pecah-pecah bisa memberikan manfaat sebagai exfoliator yang mengangkat sel-sel kulit mati tersebut.

6. Madu kaya antioksidan dan nutrisi penting untuk membantu proses regenerasi sel-sel yang baru

Madu kaya antioksidan dan nutrisi penting untuk membantu proses regenerasi sel sel yang baru

Manfaat madu untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah selanjutnya adalah sebagai antioksidan untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah terpapar radiasi UV yang berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan reaksi oksidatif yang merusak sel. Kandungan antioksidan pada madu akan bekerja untuk mengurangi dampak buruk radiasi UV dan membantu meregenerasi sel-sel kulit yang baru.

BACA JUGA  5 Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah Dengan Madu

7. Madu bisa menghilangkan warna hitam pada bibir dan membuatnya lebih merah

Madu bisa menghilangkan warna hitam pada bibir dan membuatnya lebih merah

Salah satu manfaat madu untuk wajah adalah bisa digunakan sebagai pencerah alami. Hal ini juga bisa bekerja pada bibir. Menggunakan madu pada bibir selain mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah juga bisa membuat warnanya lebih merah merona secara alami.

Setelah mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah dengan madu, Anda juga harus menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah di kemudian hari. Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah yang harus Anda hindari

Kondisi bibir yang kering umumnya akan berujung pada bibir menjadi pecah-pecah dan terasa perih jika terkena air. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, pemicunya bisa bermacam-macam mulai dari kurang minum hingga kekurangan vitamin.

 

Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya bibir kering dan pecah-pecah:

1. Udara kering dan cuaca yang panas

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah yang pertama adalah udara yang kering atau cuaca yang panas. Kondisi ini akan menyerap habis kelembapan di bibir. Karena kulit pada bagian bibir ini sangat tipis, maka kondisi yang kering sangat mudah memicu terjadinya pecah-pecah pada bibir yang sering menimbulkan rasa perih.

2. Kekurangan cairan atau dehidrasi

Kurang minum bisa menyebabkan banyak sekali masalah bagi tubuh kita. Saat dehidrasi, tubuh akan mengalami banyak gangguan mulai dari rasa lemas hingga bibir yang kering dan pecah-pecah. Karena itulah kita selalu disarankan untuk minum cukup cairan setiap hari dan memperbanyak makan buah dan sayur.

3. Kekurangan vitamin

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah yang berikutnya adalah kekurangan vitamin dan mineral. Kulit kita termasuk bibir membutuhkan vitamin dan mineral agar tetap sehat, kekurangan nutrisi seperti zat besi, zinc, dan vitamin B bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Madu bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah karena hal ini.

BACA JUGA  5 Manfaat Madu Untuk Wajah Berjerawat

4. Kebiasaan menjilat bibir dan bernapas lewat  mulut

Saat bibir terasa kering, mungkin Anda akan membasahinya dengan lidah. Hal ini sudah jadi kebiasaan banyak orang. Namun hal ini justru membuat bibir semakin kering. Apalagi jika dilakukan secara berlebihan.

Saliva pada air ludah lebih mudah menguap dan akan menyerap habis kelembapan pada bibir Anda. Alih-alih membasahinya, Anda hanya akan membuatnya semakin kering. Lebih baik gunakan lip balm daripada menjilat bibir berlebihan

Selain itu kebiasaan bernapas lewat mulut juga bisa menyebabkan bibir menjadi kering. Hal ini terjadi karena udara yang masuk lewat bibir akan menyerap kelembapan yang ada dan membuatnya menjadi kering.

5. Efek samping makanan, pasta gigi, produk kosmetik, atau obat-obatan

Makanan yang terlalu asin, asam, atau pedas juga bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan iritasi. Selain itu penggunaan pasta gigi, kosmetik, atau obat-obatan juga mungkin akan menimbulkan efek samping berupa bibir yang kering dan pecah-pecah.

Manfaat madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah memang cukup ampuh. Namun Anda jangan salah memilih madu yang digunakan, pilihlah yang asli dan masih murni, bukan yang sudah dicampur dengan bahan-bahan lain apalagi yang palsu dan oplosan karena khasiatnya pasti sudah berkurang. Semoga membantu.

Advertisement
About Annisa Aprilia 140 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*