Manfaat Madu Untuk Memerahkan Bibir Yang Hitam Secara Alami

Salah satu manfaat madu yang sudah bukan rahasia lagi adalah untuk memerahkan bibir yang hitam secara alami. Sejak dulu madu sudah diyakini sebagai salah satu bahan alami yang punya khasiat untuk memberikan bibir warna yang lebih merah, dan menghilangkan warna kehitaman yang ada padanya.

Apa sebenarnya yang menyebabkan bibir menjadi hitam?

Anda mungkin heran karena dulu waktu kecil bibir Anda merah secara alami, namun ketika dewasa bibir perlahan berubah warna menjadi kehitaman dan tidak semerah dulu.

Para perokok mungkin akan menyalahkan rokok yang menyebabkan bibir mereka menjadi hitam, tapi bagaimana dengan Anda yang tidak merokok? Apa penyebab bibir Anda menjadi hitam?

Advertisement

Pada dasarnya, penyebab bibir menjadi hitam adalah kelebihan pigmentasi pada area bibir. Pigmen merupakan zat-zat yang memberikan warna pada kulit Anda. Jika jumlahnya bertambah, maka bibir akan terlihat berwarna lebih gelap.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bibir seseorang menjadi hitam seperti:

  1. Kebiasaan merokok
  2. Paparan sinar matahari (UV) yang berlebihan
  3. Kekurangan cairan
  4. Reaksi alergi terhadap lipstik, pasta gigi, dsb.
  5. Terlalu banyak konsumsi kafein
  6. Sering menghisap bibir
  7. Sedang menjalani kemoterapi
  8. Mengidap penyakit anemia
  9. Pemakaian flouride yang berlebihan

Manfaat madu untuk memerahkan bibir yang hitam

manfaat madu untuk memerahakan bibir yang hitam

Advertisement

Untuk memerahkan bibir yang hitam secara alami, Anda bisa menggunakan madu. Penggunaan madu untuk memerahkan bibir sudah dilakukan sejak dulu, dan diyakini sebagai salah satu cara yang ampuh.

Madu merupakan pelembap alami yang bisa mengatasi masalah bibir yang kering dan pecah-pecah, membuat bibir lebih lembap dan terlihat cerah.

Madu juga mengandung antioksidan yang sangat berguna untuk memperbaiki sel-sel yang rusak karena radiasi UV. Hal ini memungkinkan sel-sel pada bibir mengalami peremajaan. Khasiat ini juga yang menjadi alasan banyak orang menggunakan masker madu untuk memutihkan wajah secara alami.

BACA JUGA  10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Menakjubkan

Bibir yang hitam karena rokok juga disebabkan karena efek buruk radikal bebas pada rokok dan antioksidan pada madu juga akan bekerja untuk memperbaikinya.

Lebih dari itu, madu juga mengandung nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin, mineral, anti bakteri dan anti inflamasi yang akan memberikan banyak sekali manfaat untuk bibir Anda.

Cara menggunakan madu untuk memerahkan bibir yang hitam

Untuk memerahkan bibir yang hitam dengan madu, Anda bisa menggunakan madu murni asli yang dioleskan langsung pada bibir. Penting untuk memastikan jika madu yang digunakan adalah madu murni asli, bukan yang sasetan apalagi yang palsu atau oplosan.

Madu murni asli yang baik digunakan adalah yang belum mengalami proses pabrikan atau ditambah dengan bahan-bahan lain, agar khasiatnya tidak berkurang.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskannya langsung pada bibir Anda secara merata, lalu diamkan hingga mengering. Perawatan ini sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum tidur dan diamkan saja hingga Anda bangun keesokan harinya. Selama Anda tidur madu akan meresap ke dalam bibir dan bekerja untuk memerahkan bibir Anda yang hitam.

Pengunjung Cara Tips Kesehatan:

  • manfaat madu untuk bibir hitam
Advertisement
About Annisa Aprilia 146 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*