5 Manfaat Madu Untuk Wajah Berjerawat

Manfaat madu untuk wajah berjerawat telah dibuktikan banyak orang. Madu secara alami merupakan anti bakteri dan anti radang yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah jerawat di wajah. Di dalam madu juga terdapat antioksidan yang bisa membantu kulit memperbaiki sel-sel yang rusak sehingga bekas jerawat bopeng yang hitam bisa dihindari.

Manfaat madu untuk wajah berjerawat

Madu adalah bahan alami yang kaya nutrisi dan zat bermanfaat. Di dalam madu terkandung gula alami, mineral esensial, vitamin, dan antioksidan. Dalam setiap 100 gr madu mengandung,

Total energi1.272 Kcal
Gula (karbo, fruktosa, glukosa)82,12 gr
Serat0.2 gr
Lemak0 gr
Protein0.3 gr
Air17.10 gr
Vitamin B9 (Folat) 2 ug
Vitamin B60.024 mg
Vitamin B5 (Asam Pantothenat)0.068 mg
Vitamin B3 (Niacin)0.121 mg
Vitamin B2 (Riboflavin)0.038 mg
Vitamin C0.5 mg
Kalsium6 mg
Ferum (Zat besi)0.42 mg
Magnesium2 mg
Kalium52 mg
Fosfor4 mg
Natrium4 mg
Zinc0.22 mg

Berikut ini adalah 5 manfaat madu untuk wajah berjerawat:

Advertisement

1. Madu adalah anti bakteri alami

Salah satu penyebab jerawat adalah bakteri yang memicu terjadinya peradangan dan bahkan infeksi. Nah di dalam madu terkandung senyawa hidrogen peroksida yang merupakan anti bakteri alami. Madu bisa mematikan bakteri-bakteri yang merugikan termasuk bakteri yang sering menyebabkan infeksi sekunder pada jerawat.

Advertisement

Mengoleskan madu pada jerawat bisa mencegah jerawat terinfeksi oleh bakteri dan membuatnya lebih cepat mengecil. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal Anda harus menggunakan madu asli yang belum melewati proses pemanasan atau penambahan bahan lain.

2. Madu bisa meredakan peradangan pada jerawat

Jerawat seringkali disertai dengan peradangan yang menyebabkannya menjadi merah dan bengkak. Pada jenis jerawat yang parah seperti jerawat batu, peradangan ini kadang menimbulkan rasa nyeri yang cukup hebat di wajah, yang bila disentuh akan terasa sakit.

BACA JUGA  10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Menakjubkan

Madu merupakan anti peradangan alami yang cukup ampuh untuk meredakan radang pada jerawat, menghilangkan kemerahan, dan mengempeskan jerawat lebih cepat.

3. Madu mempercepat penyembuhan jerawat

Manfaat madu untuk wajah berjerawat yang berikutnya adalah mempercepat proses penyembuhan jerawat. Madu sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu obat luka yang bisa dipakai dengan cara dioleskan langsung pada luka.

Semua kandungan di dalam madu akan bekerja untuk membuat luka lebih cepat sembuh, mencegah infeksi oleh kuman, dan membuat bekasnya lebih samar. Hal ini juga bisa diterapkan pada jerawat di wajah. Mengoleskan madu pada jerawat terutama yang mengalami luka akan membuatnya lebih cepat sembuh dan menghindarkannya dari infeksi bakteri jahat.

4. Mencegah bekas jerawat yang hitam atau bopeng

Jenis jerawat yang dalam biasanya akan meninggalkan bekas berupa bopeng berlubang, atau minimal permukaan kulit yang tidak rata pada kulit.

Hal ini disebabkan karena jerawat mengalami peradangan yang parah sehingga membengkak dan membesar, dan diperparah lagi jika jerawat dipencet sehingga menimbulkan luka. Dengan menggunakan madu, peradangan pada jerawat bisa ditekan, sehingga jerawat tidak manjadi parah dan membengkak.

Madu juga mengandung antioksidan yang tinggi, yang sangat bermanfaat untuk mempercepat proses pembentukan sel-sel kulit baru. Dengan memakai madu pada wajah akan membuat bekas jerawat menjadi tersamarkan.

5. Mencegah jerawat datang lagi

Manfaat madu untuk wajah berjerawat yang terakhir adalah mencegah jerawat datang lagi. Dengan menggunakan masker madu secara rutin maka wajah kita akan menjadi lebih bersih dan terhindar dari jerawat.

Masker madu bisa berfungsi sebagai eksfoliator yang mengangkat kotoran dari pori-pori. Madu bisa berperan sebagai pelembab alami yang mencegah kulit menjadi kering. Nutrisi di dalam madu juga akan membuat kulit wajah menjadi lebih sehat.

BACA JUGA  Manfaat Madu Untuk Memerahkan Bibir Yang Hitam Secara Alami
Advertisement
About Annisa Aprilia 147 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*