10 Manfaat Madu Untuk Wajah dan Kecantikan Kulit

Ada banyak sekali manfaat madu untuk wajah dan kulit yang bisa kita dapatkan, mulai dari mengatasi kulit yang kering bersisik hingga menghilangkan jerawat.

Menggunakan madu untuk perawatan wajah diyakini sebagai salah satu cara alami yang aman dan bebas efek samping namun punya khasiat yang cukup menakjubkan.

Berikut ini adalah 10 manfaat madu untuk wajah dan kecantikan kulit yang perlu Anda ketahui:

1. Melembapkan kulit wajah

manfaat madu untuk melembabkan kulit wajah

Advertisement

Kulit wajah yang kering adalah awal dari berbagai masalah pada wajah. Kondisi yang terlalu kering pada kulit bisa memicu terjadinya iritasi yang menyebabkan wajah menjadi memerah, gatal, bahkan meradang. Bahkan jika tidak diberikan perawatan kulit yang terlalu kering bisa terlihat seperti bersisik.

Orang dengan jenis kulit juga tetap bisa terkena jerawat. Jadi jika selama ini jerawat sering dikait-kaitkan dengan wajah berminyak, ternyata orang dengan kulit yang kering juga tidak serta-merta terbebas darinya.

Jerawat bisa muncul kapan saja jika pori-pori tersumbat oleh sebum, kotoran, sel kulit mati, dan partikel lain. Keadaan ini akan mengundang datangnya bakteri sehingga terbentuklah jerawat.

Beruntunglah kita punya madu, salah satu pelembab alami terbaik yang bisa mengatasi masalah kulit kering di atas. Manfaat madu untuk melembapkan wajah berasal dari kandungannya yang amat kompleks, terdiri dari mineral, gula sederhana, vitamin, mineral, enzim, dan antioksidan.

Ketika diaplikasikan sebagai pelembab wajah, madu tidak hanya mengatasi kekeringan saja tetapi juga mengikat kelembapan tetap berada di permukaan kulit lebih lama. Nutrisi pada madu juga mudah diserap kulit sehingga membuatnya menjadi lebih lembut.

2. Mengatasi iritasi pada wajah

manfaat madu untuk wajah mengatasi iritasi karena terbakar matahari

Manfaat madu untuk wajah yang selanjutnya adalah mampu mengatasi iritasi pada wajah. Madu mengandung zat anti inflamasi (anti peradangan) alami yang bisa bekerja pada kulit wajah. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit yang mengalami iritasi akibat paparan sinar matahari (UV).

Sinar ultraviolet bisa menembus hingga ke dermis, bagian yang dalam dari kulit. Jika hal ini terjadi terlalu lama dalam intensitas yang tinggi maka bisa merusak jaringan tersebut, dan menimbulkan efek terbakar, kemerahan, dan iritasi. Dalam jangka panjang paparan UV berlebihan ini juga bisa memicu terjadinya kanker kulit.

BACA JUGA  10 Manfaat Memakai Masker Madu Setiap Hari dan Efek Sampingnya

Beberapa studi sudah menunjukkan jika madu bisa digunakan untuk mengobati luka bakar, mempercepat penyembuhannya, dan mengurangi keparahan bekasnya. Hal ini juga diyakini bisa bekerja pada wajah yang mengalami iritasi akibat paparan sinar matahari.

Madu bisa mengatasi wajah merah secara alami, mengurangi iritasi dan peradangan, bahkan khasiat anti bakteri pada madu juga bisa mencegah terjadinya infeksi.

3. Mencegah kanker kulit

manfaat madu untuk wajah mencegah kanker kulit

Manfaat madu untuk wajah dan kulit yang selanjutnya adalah mencegah terjadinya kanker kulit. Kanker kulit bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah paparan sinar UV yang berlebihan.

Sinar UV yang menembus kulit dalam intensitas tinggi bisa memicu reaksi radikal bebas yang merusak sel-sel kulit, bahkan hingga ke tingkat DNA. Hal ini dalam jangka panjang akan menyebabkan mutasi sel yang berujung pada tumbuhnya sel-sel kanker.

Lalu mengapa madu bisa berpotensi untuk mencegah kanker kulit ini?

Madu kaya akan kandungan antioksidan alami seperti phenolic acid dan flavonoid yang bisa mencegah dampak buruk dari radikal bebas yang merusak kulit. Madu juga bisa meningkatkan sistem imun pada sel-sel kulit yang membuatnya lebih kebal dari serangan kanker. Sebuah studi juga menunjukkan hasil jika madu berpotensi untuk mencegah terjadinya kerusakan DNA pada kulit.

4. Memudarkan bopeng bekas jerawat

manfaat madu untuk wajah menghilangkan bopeng bekas jerawat

Manfaat madu untuk wajah yang selanjutnya adalah membantu menghilangkan bopeng, bekas luka, bekas jerawat, dan flek hitam.

Jerawat seringkali meninggalkan bekas di wajah baik berupa flek, lubang-lubang kecil, atau bahkan scars atau bopeng. Jenis jerawat yang parah biasanya menyebabkan luka yang dalam hingga bagian dermis, apabila saat penyembuhan sel-sel kulit tidak beregenerasi dengan sempurna maka akan menyebabkan cekungan atau bopeng sebagai bekasnya.

Madu bisa berperan untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat yang parah tersebut, terutama pada jenis jerawat yang mengalami peradangan karena khasiat anti inflamasi yang ada di dalamnya, sehingga madu berpotensi mencegah munculnya bekas bopeng di wajah.

Selain itu, penggunaan madu juga diyakini bisa memudarkan bekas jerawat di wajah karena kandungan nutrisinya yang kompleks bisa membantu kulit meregenerasi sel-sel yang baru.

Namun sayangnya, jika bopeng yang ada di wajah itu sudah terlalu parah dan dalam, sepertinya madu tidak bisa banyak membantu. Untuk mengatasinya Anda bisa menempuh cara medis menghilangkan bopeng dengan metode laser, injeksi kolagen, atau mikrodermabrasi.

BACA JUGA  5 Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah Dengan Madu
Advertisement

5. Menghilangkan jerawat secara alami

manfaat madu untuk wajah menghilangkan jerawat secara alami

Dari sekian banyak cara menghilangkan jerawat secara alami, menggunakan madu adalah cara paling favorit yang terbilang aman dan bebas efek samping. Anda bisa menggunakan masker madu murni untuk mengatasi jerawat, terutama yang mengalami peradangan.

Manfaat madu untuk mengatasi jerawat di wajah berasal dari kandungan zat anti inflamasi dan anti bakteri yang dimilikinya. Ketika diaplikasikan pada jerawat, madu bisa meresap dengan baik ke dalam pori-pori tempat sumber jerawat berasal, kemudian menghentikan peradangan dan mematikan bakteri-bakteri penyebab jerawat di dalamnya.

Kemampuan madu dalam mempercepat penyembuhan juga berpotensi untuk mempersingkat durasi jerawat, sehingga jerawat bisa mengempis lebih cepat. Dengan kata lain madu bisa mencegah jerawat membesar karena peradangan atau infeksi yang mana bekasnya bisa menimbulkan lubang atau bopeng.

Madu juga bisa mengurangi dampak buruk kelebihan minyak pada wajah yang sering jadi penyebab jerawat. Hal ini karena adanya zat anti bakteri madu yang bisa mencegah bakteri penyebab jerawat berkembang pada kondisi wajah berminyak tersebut. Sifat higroskopis madu yang mampu mengikat dan menahan molekul air juga akan membantu menyeimbangkan kelembapan di wajah.

6. Mengurangi kerutan-kerutan di wajah

manfaat madu untuk wajah mencegah kerutan pada kulit

Manfaat madu untuk wajah yang selanjutnya adalah mengurangi kerutan-kerutan yang ada di wajah. Munculnya kerutan terjadi ketika kulit wajah sudah kehilangan elastisitasnya, akibatnya kulit menjadi kendur dan muncul keriput.

Untuk mengatasi hal ini madu diyakini cukup potensial, kandungan antioksidan madu bisa mencegah kerusakan kulit yang terjadi akibat radikal bebas. Zat antioksidan pada madu juga membantu sel-sel bisa beregenerasi dengan baik sehingga elastisitas kulit tetap terjaga.

7. Mencegah penuaan dini pada kulit

manfaat madu untuk wajah mencegah penuaan dini

Manfaat madu untuk kulit yang selanjutnya adalah mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Madu kaya akan mineral, vitamin, enzim, dan nutrisi lain yang dibutuhkan kulit, sehingga menggunakan madu pada wajah bisa menjaganya tetap sehat dan mencegah kulit kekurangan nutrisi.

Penuaan pada kulit yang ditandai dengan keriput, kulit menjadi kendur, dan muncul garis-garis di wajah memang proses alami yang pada akhirnya akan dialami semua orang, namun beberapa faktor kadang bisa membuatnya datang lebih cepat.

BACA JUGA  7 Manfaat Madu Untuk Mengobati Bibir Kering dan Pecah-pecah Secara Alami

Efek polusi dan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit lebih cepat adalah salah satunya. Untungnya madu punya kandungan antioksidan yang tinggi untuk melawan radikal bebas tersebut. Menggunakan masker madu pada wajah secara rutin diyakini bisa mencegah penuaan dini terjadi.

8. Membuat kulit wajah lebih cerah

manfaat madu untuk wajah membuat kulit menjadi lebih cerah

Madu memiliki khasiat untuk menangkal efek buruk dari paparan sinar UV yang menjadi penyebab kulit menjadi gelap. Kandungan antioksidan pada madu bisa mengatasi kerusakan sel akibat radiasi UV.

Selain itu kandungan nutrisi dan enzim pada madu juga bisa mempercepat proses regenerasi kulit sehingga penumpukan sel-sel kulit mati yang sering menyebabkan spot hitam bisa dikurangi. Senyawa alpha-hidroxyl acid pada madu membantu mempercepat proses pencerahan wajah dengan mengelupaskan sel-sel kulit mati.

Madu juga merupakan pencerah wajah secara alami yang aman dibandingkan menggunakan obat-obatan, Anda akan merasakan efek memakai masker madu bertahan lebih lama bahkan setelah dibilas dan membuat kulit lebih cerah.

9. Mengobati luka dan mencegah infeksi

manfaat madu untuk wajah mengobati luka dan mencegah infeksi

Manfaat madu untuk kulit dan wajah yang selanjutnya adalah bisa digunakan sebagai obat luka dan anti infeksi. Penelitian telah membuktikan jika madu mengandung senyawa anti bakteri alami yang ampuh untuk mengatasi bakteri penyebab infeksi pada luka serta mempercepat proses penyembuhannya.

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya bekas luka yang merusak penampilan wajah. Karena terkadang luka kecil jika berada di bagian wajah bisa menimbulkan bekas yang cukup mengganggu, apalagi jika luka tersebut sempat mengalami infeksi dan melebar. Nah dengan madu hal ini bisa diatasi dengan cara yang lebih alami dan aman.

10. Sebagai exfoliator untuk membersihkan pori-pori kulit wajah

manfaat madu untuk wajah sebagai exfoliator alami

Manfaat madu untuk wajah yang terakhir yakni bisa digunakan sebagai pembersih pori-pori atau exfoliator yang ampuh dan menyehatkan. Masker madu jika digunakan pada wajah bisa mengikat dan mengangkat minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang sering menjadi penyebab jerawat.

Madu juga punya kelebihan dibandingkan dengan exfoliator biasa karena kandungan nutrisi dan berbagai senyawa bermanfaat lainnya yang bisa meresap dengan mudah ke pori-pori.

Pengunjung Cara Tips Kesehatan:

  • Manfaat madu buat wajah
Advertisement
About Alvina 11 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan memasak. Suka dengan semua yang serba minimalis, nggak perlu cantik-cantik amat yang penting sehat. Yap! kesehatan adalah prioritas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*