10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Menakjubkan

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan sudah diketahui sejak dulu, jauh sebelum ditemukannya berbagai teknologi pengobatan canggih seperti sekarang ini.

Berdasarkan penemuan berupa lukisan di dinding gua yang ada di Valencia, Spanyol, manusia pertama kali memanfaatkan madu sejak 8.000 tahun yang lalu.

Penggunaan madu untuk pengobatan juga sudah dilakukan nenek moyang manusia di berbagai peradaban kuno. Mereka menggunakan madu untuk mengobati luka di medan perang, mengobati luka bakar, mengatasi infeksi, mengobati sakit perut, dan berbagai penyakit lainnya.

Setelah teknologi dan ilmu pengetahuan semakin maju, para ilmuwan akhirnya mulai menemukan satu per satu bukti yang menunjukkan jika khasiat madu yang dimanfaatkan oleh nenek moyang kita itu sepertinya memang benar.

Advertisement

Ada banyak sekali manfaat dan khasiat madu yang bisa berguna untuk kesehatan tubuh, kecantikan, dan pengobatan penyakit, kita akan coba rangkum dan ulas satu per satu.

Berikut ini adalah 10 manfaat madu yang perlu Anda ketahui:

1. Menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan 10

Manfaat madu untuk kesehatan yang pertama adalah kemampuannya untuk menurunkan kolesterol jahat dan menambah jumlah kolesterol baik dalam tubuh.

Kolesterol jahat (LDL) adalah biang dari berbagai macam penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis, stroke, dan penyakit jantung koroner.

Lawan dari kolesterol jahat adalah kolesterol baik (LDL). Berbeda dengan kolesterol jahat yang bisa menumpuk dan menyebabkan plak di arteri, kolesterol baik justru bisa menekan jumlah kolesterol jahat dan membuangnya keluar dari tubuh.

Menariknya, beberapa penelitian (1https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23256446 2https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18454257) menunjukkan jika madu bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menekan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Menguatkan daya tahan tubuh

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan 02

Manfaat madu untuk kesehatan yang kedua adalah bisa berkhasiat sebagai booster daya tahan tubuh. Mengonsumsi madu bisa membuat daya tahan tubuh kita menguat.

Sebuah penelitian yang dilakukan di School of Medicine di United Kingdom3https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17675558 mendapatkan temuan jika madu Manuka (madu asal New Zealand) bisa menstimulasi produksi sel-sel imun tubuh manusia. Artinya dengan mengonsumsi madu tersebut, daya tahan tubuh kita akan menguat dan lebih kebal dari serangan penyakit.

Anda mungkin sering mendengar orang-orang bilang jika mengonsumsi madu sesendok setiap hari bisa membuat tubuh lebih sehat, sepertinya hal ini memang benar adanya.

BACA JUGA  Cara Mengecilkan Paha Secara Alami

3. Tinggi antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan 08

Tak hanya bisa menguatkan daya tahan tubuh saja, manfaat madu juga bisa mencegah berbagai penyakit akibat serangan radikal bebas karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Madu kaya akan senyawa phenolic, antioksidan yang bisa berperan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Meskipun kandungan antioksidan pada tiap jenis madu berbeda-beda tergantung dari jenis nektar yang dikonsumsi oleh lebah, namun sebagian besar kandungan antioksidan madu mirip dengan yang ada pada buah-buahan seperti flavonoid yang berkhasiat untuk mencegah serangan jantung dan penyakit kanker.

Antioksidan memiliki peranan yang penting dalam tubuh terutama untuk mencegah terjadinya kerusakan sel akibat stres oksidatif, artinya antioksidan bermanfaat untuk menjaga agar organ-organ dalam tubuh manusia tetap sehat. Para ahli meyakini jika antioksidan pada madu juga mampu menjaga kesehatan mata dan menajamkan kinerja otak.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan 03

Manfaat madu yang menakjubkan selanjutnya adalah bisa mengobati luka dan mempercepat penyembuhannya.

Penggunaan madu sebagai obat luka sudah dilakukan nenek moyang manusia ribuan tahun yang lalu, orang-orang dari peradaban Mesir Kuno menggunakan madu sebagai obat luka dan infeksi.4https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3758027/

Madu juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar dan ulkus. Saat ini madu murni yang steril sering digunakan untuk merawat luka ulkus pada penderita diabetes.

Penelitian-penelitian terbaru5https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-honey#section8 yang dilakukan oleh para ilmuwan memang menunjukkan bukti-bukti yang mendukung jika madu punya kemampuan yang efektif untuk mengobati luka dan infeksi.

5. Melawan infeksi bakteri jahat, juga punya kemampuan sebagai anti virus

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan 09

Khasiat madu untuk mengobati dan mempercepat penyembuhan luka berasal dari kandungan zat anti oksidan, anti bakteri, dan anti inflamasi yang ada di dalamnya.6https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3941901/

Madu murni mengandung senyawa hidrogen peroksida alami, senyawa gula sederhana, dan senyawa lainnya yang bisa mematikan kuman-kuman jahat.

Bahkan beberapa rumah sakit di Eropa menggunakan madu untuk mengatasi infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang sudah kebal terhadap antibiotik (MRSA).7https://www.healthline.com/health/food-nutrition/top-raw-honey-benefits#2

Artinya madu bisa digunakan untuk mematikan bakteri jahat saat antibiotik lain tidak bisa melakukannya. Menakjubkan bukan?

BACA JUGA  8 Cara Meminum Jus Yang Benar Untuk Memperoleh Khasiat Kesehatan Yang Maksimal
Advertisement

Berkat kemampuannya tersebut madu sering digunakan untuk mengobati berbagi macam penyakit termasuk sebagai obat sakit tenggorokan alami yang cukup manjur.

6. Manfaat madu untuk menjaga kesehatan jantung

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan 06

Madu yang berkualitas tinggi dan kaya anti oksidan bisa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini berhubungan dengan kemampuan madu untuk mengurangi kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah.

Madu terbukti mampu mengurangi reaksi oksidasi kolesterol jahat (LDL) yang mana reaksi ini biasanya akan berujung pada penumpukan plak kolesterol pada arteri.

Penumpukan plak ini lama-kelamaan akan menyebabkan arteri tersumbat dan memicu berbagai penyakit seperti stroke dan serangan jantung yang mematikan.

Hebatnya, penelitian8https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3005390/?tool=pubmed telah membuktikan jika madu bisa mencegah terjadinya penyakit jantung tersebut.

Manfaat madu untuk jantung juga berasal dari kemampuannya untuk menurunkan kadar trigiliserida dalam darah.9https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-honey#section6

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang berasal dari konversi kalori tak terpakai. Trigliserida akan disimpan dalam sel-sel lemak dan akan digunakan sebagai cadangan energi.

Jika jumlahnya dalam darah terlalu tinggi maka bisa menyebabkan pengerasan atau penebalan dinding arteri yang bisa berujung pada stroke dan serangan jantung. Mengonsumsi madu bisa membantu menurunkan kadar trigliserida yang tinggi tersebut.

7. Mengobati batuk, terutama pada anak-anak

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan 11

Manfaat madu untuk anak-anak tak kalah hebatnya, madu bisa digunakan sebagai obat batuk alami yang cukup efektif.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan hal ini. Sejak dulu madu sudah digunakan secara turun temurun sebagai obat batuk alami termasuk di Indonesia.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Pennsylvania State University terhadap 105 orang anak10https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18056558, menunjukkan hasil jika madu memang efektif untuk mengobati batuk. Mereka mengklaim jika madu sama efektifnya dengan obat dextromethorphan dalam mengatasi batuk pada anak-anak di malam hari dan membantu mereka tidur dengan nyenyak.

8. Madu bisa membantu menghilangkan jerawat secara alami

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan 04

Salah satu manfaat madu untuk wajah adalah bisa membantu menghilangkan jerawat secara alami. Madu bisa meringankan gejala jerawat terutama pada jerawat meradang. Hal ini karena sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang dimilikinya.

BACA JUGA  Panduan Lengkap Cara Diet OCD Untuk Pria & Wanita (Plus Testimoni)

Seperti yang kita ketahui jika penyebab jerawat adalah tersumbatnya pori-pori oleh sebum, sel kulit, mati dan kotoran yang selanjutnya mengundang datangnya bakteri.

Akibatnya bagian yang berjerawat menjadi kemerahan karena inflamasi. Nah madu bisa mengatasi inflamasi ini sekaligus memerangi bakteri yang menginfeksinya, terutama pada jenis bakteri Staphylococcus aureus yang sering menyebabkan infeksi sekunder pada jerawat.

Manfaat madu untuk wajah berjerawat memang tidak bisa dikatakan 100% ampuh, namun tidak ada salahnya mencoba menggunakan masker madu untuk terapi menghilangkan jerawat Anda karena cukup aman dan minim efek samping.

9. Mengobati diare dan infeksi saluran cerna

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan 05

Diare adalah salah satu penyakit yang sering dialami setiap orang semasa hidup. Penyebabnya bisa karena intoleransi atau alergi terhadap makanan, infeksi bakteri, parasit, atau virus, dan reaksi terhadap obat-obatan tertentu.

Madu bisa digunakan sebagai obat alami diare yang cukup efektif. Penelitian11https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12314387 telah membuktikan jika madu punya khasiat untuk mempercepat penyembuhan diare dan menghentikan perkembangan bakteri jahat yang menjadi penyebabnya.

Manfaat madu untuk kesehatan perut dan sistem pencernaan yang selanjutnya yakni bisa melawan infeksi bakteri Helicobacter pylori, bakteri jahat yang menjadi penyebab tukak lambung (peptic ulcer). Mengonsumsi 1-2 sendok madu dalam keadaan perut kosong diyakini bisa mengobati penyakit tersebut.

10. Madu bisa meningkatkan kinerja otak

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan 07

Manfaat madu yang terakhir adalah sebagai brain booster. Sejak dulu madu diyakini punya kemampuan untuk menjaga otak tetap tajam dan meningkatkan daya ingat, dan sekarang hal ini sudah didukung oleh bukti-bukti saintifik lewat penelitian.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Babylon menemukan jika madu memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya demensia (penurunan fungsi otak) pada lansia yang berusia 65 tahun ke atas. Pada studi yang lain para peneliti juga menemukan jika senyawa polyphenol yang ada pada madu, yang merupakan antioksidan alami pada madu berkhasiat untuk mencegah stres oksidatif yang dapat membantu menguatkan daya ingat.

Selain itu madu juga dapat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universiti Sains Malaysia menunjukkan jika perempuan pasca menopause yang diberikan madu mengalami peningkatan daya ingat dan konsentrasi.12https://www.benefits-of-honey.com/honey-boosts-brain-function.html

Advertisement
About Tonny 5 Articles
Pria yang tidak setuju dengan pepatah "kesehatan itu mahal", memangnya siapa yang mau jual? Kesehatan itu priceless, tak ternilai. Jadilah orang bijak yang menjaganya sekuat tenaga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*