7 Manfaat Mengoleskan Madu Pada Wajah Sebelum Tidur

Tahukah Anda jika mengoleskan madu pada wajah sebelum tidur bisa memberikan banyak manfaat?

Madu merupakan produk alam yang punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Madu sudah sejak dulu sudah dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan, mulai dari mengobati luka hingga mengobati infeksi pada pencernaan. Hal ini sudah pernah kami bahas pada artikel sebelumnya, Anda bisa melihatnya di postingan ini:

10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Menakjubkan

Pada kesempatan kali ini, kita akan fokus membahas apa saja manfaat madu untuk wajah, khususnya manfaat mengoleskan madu pada wajah sebelum tidur.

Advertisement

manfaat mengoleskan madu pada wajah sebelum tidur

Baiklah langsung saja,

Berikut ini adalah 7 manfaat mengoleskan madu pada wajah sebelum tidur yang bisa Anda dapatkan:

1. Melembapkan wajah dan mengatasi masalah kulit kering

Kulit wajah yang kering bisa menimbulkan banyak sekali masalah yang mengganggu. Mulai dari kulit wajah bersisik, iritasi, gatal, hingga terlihat kusam dan tua. Kulit kering bisa terjadi karena bawaan, bisa juga karena efek samping dari produk kosmetik atau perawatan lain yang menyerap habis kelembapan.

Masalah kulit kering ini tidak boleh disepelekan karena biasanya akan menimbulkan masalah lain seperti yang disebutkan di atas. Nah untuk mengatasi kulit kering, madu bisa digunakan sebagai perawatan tradisional yang murah meriah. Madu merupakan pelembap alami yang baik. Di dalamnya sudah terkandung nutrisi lengkap dan sifatnya yang higroskopis mampu menyerap kelembapan dari udara dan menahannya di kulit, sehingga kulit akan tetap lembap sepanjang malam. Jika dilakukan dengan rutin, perawatan ini mungkin saja akan menghilangkan masalah kulit kering dari wajah Anda.

2. Menghilangkan dan mengempeskan jerawat

Manfaat mengoleskan madu pada wajah yang kedua adalah membantu mengatasi masalah jerawat. Semua orang pasti pernah mengalami masalah yang satu ini. Jerawat mulai dari yang kecil-kecil hingga jenis jerawat batu adalah masalah yang sangat menggangu. Belum lagi bekasnya yang bisa menyebabkan bopeng.

BACA JUGA  Manfaat Madu Untuk Memerahkan Bibir Yang Hitam Secara Alami

Untuk mengatasi jerawat secara alami, madu diyakini cukup ampuh, terutama pada jenis jerawat yang mengalami peradangan. Jerawat meradang ditandai dengan rasa perih, terlihat bengkak (benjol), dan berwarna kemerahan. Adanya khasiat anti inflamasi dan anti bakteri pada madu bisa bekerja untuk mengatasi peradangan ini.

Selengkapnya bisa Anda baca di sini:

Manfaat Masker Madu Untuk Menghilangkan Jerawat

Advertisement

3. Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah

Manfaat mengoleskan madu pada wajah sebelum tidur yang selanjutnya adalah membantu menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam. Madu merupakan pencerah kulit alami, di dalam madu terdapat antioksidan yang dapat membantu kulit mengatasi kerusakan dan memproduksi sel-sel yang baru. Selain itu madu juga bisa mempercepat penyembuhan luka sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya scar atau bopeng.

Jika Anda tertarik mengetahui lebih jauh bagaimana caranya memutihkan dan menyamarkan flek hitam di wajah dengan madu bisa membaca postingan ini:

Manfaat & Cara Membuat Masker Madu Untuk Memutihkan Wajah

4. Mengurangi kerutan dan mencegah penuaan dini

Penuaan dini terjadi karena sel-sel kulit mengalami kerusakan. Kerutan-kerutan pada kulit wajah juga terjadi karena wajah kehilangan kolagen yang fungsinya menjaga kulit tetap elastis. Hal ini bisa terjadi karena berbagai macam faktor seperti polusi, merokok, penggunaan produk-produk yang mengandung bahan kimia, serta kekurangan nutrisi.

Untuk mengatasi kerutan dan mencegah penuaan dini ini, Anda bisa mengoleskan madu sebelum tidur guna mendapatkan semua manfaatnya. Madu mengandung nutrisi yang lengkap untuk kulit mulai dari mineral, enzim, dan vitamin. Madu juga bisa menstimulasi kulit untuk memproduksi kolagen yang membuat kulit tetap kencang dan elastis.

Baca tips:

Cara Memakai Masker Madu Yang Benar

BACA JUGA  10 Manfaat Memakai Masker Madu Setiap Hari dan Efek Sampingnya

Madu juga mengandung antioksidan yang kaya, zat antioksidan ini sangat penting peranannya untuk menangkal efek buruk radikal bebas yang merusak kulit. Sumber radikal bebas yang paling sering terpapar ke kulit contohnya seperti radiasi sinar UV dan polusi.

5. Membersihkan pori-pori kulit wajah

Manfaat mengoleskan madu pada wajah sebelum tidur yang selanjutnya adalah untuk membersihkan pori-pori kulit wajah. Pori-pori kulit bisa menjadi tempat bersarangnya kotoran dan minyak. Jika tidak dibersihkan hal ini bisa mengundang terjadi masalah kulit seperti jerawat. Untuk membersihkan pori-pori kulit secara alami madu bisa digunakan. Madu dengan mudah bisa masuk meresap ke dalam pori-pori dan mengangkat minyak dan kotoran dari sana.

Madu juga mengandung antiseptik alami yang bisa mematikan kuman yang bersarang di pori-pori. Hal ini cukup efektif untuk mencegah terjadinya jerawat dan membuat pori-pori menjadi lebih bersih. Hasilnya wajah akan terlihat lebih cerah dan bebas dari jerawat.

6. Menghilangkan kemerahan dan iritasi pada wajah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau madu punya khasiat sebagai anti inflamasi. Madu cukup efektif untuk mengatasi kulit yang kemerahan dan iritasi karena terbakar sinar matahari.

Saat bekerja seharian di luar ruangan dengan cuaca yang terik, mungkin pada malam harinya kulit muka akan terasa panas dan kemerahan. Nah Anda bisa mendinginkannya dengan mengoleskan madu. Madu akan bekerja menguragi kemerahan dan mencegah hiperpigmentasi yang membuat wajah menjadi lebih gelap.

7. Mencegah kanker

Manfaat mengoles madu pada wajah sebelum tidur yang terakhir adalah untuk mencegah terjadinya kanker kulit. Madu kaya akan antioksidan yang bisa menangkal efek buruk dari radikal bebas. Antioksidan pada madu terbukti efektif untuk mengurangi kerusakan sel kulit akibat radikal bebas yang ditimbulkan sinar UV, yang mana kelebihan paparan sinar UV ini bisa menyebabkan kanker kulit.

BACA JUGA  5 Cara Memakai Masker Madu Yang Benar

Itulah 7 manfaat mengoleskan madu pada wajah sebelum tidur, semoga bermanfaat ya!

Advertisement
About Annisa Aprilia 147 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*