Kapan Manusia Pertama Kali Memanfaatkan Madu? Lukisan di Dinding Gua Ini Telah Mengungkapnya

Madu adalah salah satu produk alam yang sudah dimanfaatkan manusia sejak zaman dulu.

Ada pertanyaan yang cukup menarik, sejak kapan manusia mulai mengenal madu? Siapa yang menemukan madu pertama kali?

Kita tidak akan pernah tahu dengan pasti, tapi coba Anda lihat foto di bawah ini:

lukisan manusia pertama yang menemukan madu
sumber: http://www.ruralie.com

Foto tersebut merupakan lukisan di dinding gua bernama Cuevas de la Araña yang ada di Valencia, Spanyol. Lukisan yang menggambarkan manusia sedang mengambil madu dari sarang lebah tersebut diperkirakan sudah berusia sekitar 6.000 – 8.000 tahun. Manusia yang ada dalam lukisan itu kemudian dikenal sebagai The Man of Bicorp.

Advertisement

Lukisan yang ada di dinding gua Cuevas de la Araña tersebut kemudian menjadi salah satu bukti tertua yang menunjukkan adanya interaksi manusia untuk memperoleh madu dari sarang lebah liar. Jadi berdasarkan penemuan tersebut, bisa dibilang manusia pertama kali menemukan madu sekitar 6.000 – 8.000 tahun yang lalu.

Advertisement

Madu selanjutnya terus digunakan manusia dari zaman ke zaman. Orang-orang dari peradaban Mesir Kuno, Cina, dan Romawi memanfaatkan madu untuk mengobati luka di medan perang, dan mengobati sakit perut.

Di dalam salah satu kitab medis tertua bernama Ayuverda yang berasal dari India sekitar 3.000 tahun yang lalu, madu juga merupakan salah satu obat alami yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Di dalam kitab tersebut madu diresepkan sebagai obat luka, luka bakar, masalah pencernaan, mengatasi infeksi, obat batuk, menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan masih banyak lagi.

Saat ini untuk bisa memproduksi madu dalam skala yang besar, manusia tidak lagi berburu madu liar. Lebah madu telah dibudidayakan dalam sarang-sarang buatan.

BACA JUGA  10 Manfaat Memakai Masker Madu Setiap Hari dan Efek Sampingnya

budidaya madu zaman modern

 

Manfaat madu yang sangat banyak menjadikannya sebagai salah satu komoditi yang sangat laku di pasaran. Madu dan bagian lain dari sarang lebah saat ini digunakan sebagai obat, bahan kosmetik, perawatan kecantikan, dan masih banyak lagi.

Advertisement
About Tonny 5 Articles
Pria yang tidak setuju dengan pepatah "kesehatan itu mahal", memangnya siapa yang mau jual? Kesehatan itu priceless, tak ternilai. Jadilah orang bijak yang menjaganya sekuat tenaga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*