10 Manfaat Memakai Masker Madu Setiap Hari dan Efek Sampingnya

Memakai masker madu setiap hari mungkin terlihat seperti sebuah ide cemerlang untuk mendapatkan kulit yang sehat, bersih, terbebas dari jerawat dan awet muda. Masker madu untuk memutihkan wajah juga diyakini bisa mengatasi wajah kusam dan memudarkan flek-flek hitam bekas jerawat.

Apa saja manfaat memakai masker madu setiap hari?

manfaat masker madu setiap hari

Berikut ini adalah beberapa manfaat memakai masker madu setiap hari yang bisa Anda dapatkan:

1. Melembapkan kulit hingga ke bagian terdalam

Manfaat masker madu setiap hari yang pertama adalah bisa melembapkan kulit hingga meresap ke bagian terdalam.

Ketika masker madu diaplikasikan pada wajah, kandungan pelembab alami, enzim, dan nutrisi lainnya dengan mudah masuk ke pori-pori dan memberikan kelembapan alami. Hal ini bisa membantu mengatasi masalah kulit kering dan bersisik.

Madu juga bersifat higroskopis yang membuatnya bisa menyerap kelembapan di udara dan menahannya di kulit. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap dan tidak mengalami kekeringan.

2. Masker madu sebagai exfoliator untuk membersihkan pori-pori

Masker madu setiap hari bisa bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari pori-pori yang mana keduanya merupakan biang kerok penyebab jerawat dan kulit yang kusam.

Madu yang mudah masuk ke celah pori-pori akan mengikat kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih. Ketika masker dibilas maka wajah Anda akan terasa lebih bersih dan terlihat cerah.

3. Masker madu bisa mencegah dan mengatasi jerawat secara alami

Madu juga bisa digunakan sebagai bahan alami yang aman untuk mengatasi jerawat. Masker madu untuk jerawat bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang mengalami peradangan karena khasiat anti inflamasi pada madu akan bekerja.

Madu mengandung zat anti bakteri yang berpotensi untuk mencegah infeksi pada jerawat sehingga memungkinkan jerawat sembuh lebih cepat.

4. Masker madu setiap hari bisa menunda penuaan pada kulit wajah

Menjaga kulit tetap awet muda adalah salah satu manfaat madu untuk wajah yang bisa Anda dapatkan. Penuaan dini pada wajah bisa dipicu oleh faktor lingkungan dan pola hidup yang tidak sehat. Polusi dan radikal bebas merupakan penyebab umum rusaknya kulit yang menyebabkan terjadinya penuaan dini.

Beruntunglah di dalam madu terdapat zat antioksidan yang melimpah untuk melawan efek buruk radikal bebas dan polusi tersebut.

5. Mengurangi efek buruk radiasi UV

Radiasi UV yang ada pada sinar matahari adalah penyebab utama kulit menjadi gelap dan hitam. Hal ini karena saat terpapar UV sel-sel kulit akan memproduksi lebih banyak melanin (pigmen) yang menambah gelap warna kulit.

Tak hanya itu saja, paparan UV yang terus menerus bisa menimbulkan kerusakan sel hingga ke tingkat DNA, memicu mutasi sel, hingga terjadilah kanker.

Manfaat madu diyakini berpotensi untuk menangkal efek buruk dari radiasi UV ke kulit ini. Kandungan antioksidan yang tinggi pada madu bisa mencegah reaksi oksidatif radikal bebas yang bisa dipicu oleh UV, memberikan kulit perlindungan ekstra. Antioksidan pada madu juga mungkin bisa membantu untuk mencegah terjadinya kanker kulit.

7. Masker madu bisa menangkal radikal bebas yang merusak kulit

Manfaat masker madu setiap hari yang selanjutnya adalah untuk menangkal radikal bebas yang hampir setiap hari kita temui.

Tak hanya berasal dari radiasi UV saja, sumber radikal bebas ada banyak sekali kita temui setiap hari. Mulai dari polusi, asap kendaraan, rokok, logam berat, beberapa jenis obat-obatan, dan masih banyak lagi.

Radikal bebas tersebut berpotensi menyebabkan dampak buruk bagi kulit, merusak sel, menyebabkan penuaan dini, bahkan membuat wajah terlihat kusam. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan masker madu yang kaya akan antioksidan untuk menangkal dampak buruk yang merusak dari radikal bebas.

8. Mengurangi spot hitam dan bekas jerawat di wajah

Masker madu juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dan spot hitam di wajah secara alami. Kandungan AHA pada madu akan membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan kotoran dari kulit sehingga membuatnya lebih cerah.

Madu mengandung nutrisi lengkap yang bisa mempercepat regenerasi sel-sel baru dan menstimulasi pembentukan kolagen, sehingga bekas jerawat bisa tersamarkan.

9. Mengandung zat antibakteri alami

Masker madu juga mengandung zat antibakteri yang terbukti efektif mematikan berbagai jenis bakteri merugikan bagi kulit. Berkat khasiatnya ini madu sering digunakan untuk mengobati luka bahkan sejak zaman dulu. Belakangan diketahui jika madu juga bisa mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi.

Memakai masker madu bisa berkhasiat untuk melindungi kulit wajah dari bakteri-bakteri yang merugikan termasuk bakteri penyebab jerawat.

10. Masker madu setiap hari bisa memutihkan wajah secara alami tanpa obat-obatan

Manfaat memakai masker madu setiap hari yang terakhir adalah bisa membantu memutihkan wajah secara alami. Masker madu untuk memutihkan wajah saat ini sudah menjadi sebuah perawatan favorit yang dianggap aman dan bebas efek samping, selain itu biayanya juga relatif murah bila dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan, injeksi, atau bahkan operasi plastik.

Apakah aman menggunakan masker madu setiap hari?

Pada dasarnya madu merupakan bahan yang aman jika diaplikasikan ke kulit. Jika Anda tidak memiliki kulit yang sangat sensitif atau alergi terhadap madu maka memakai masker madu setiap hari sepertinya tidak akan menjadi masalah. Coba simak jawaban dokter berikut ini:

amankah memakai madu setiap hari

Apakah ada efek samping menggunakan madu setiap hari?

Efek samping masker madu bisa dibilang cukup jarang terjadi, namun mungkin saja ada reaksi alergi pada orang yang memang memiliki kulit sensitif atau alergi dengan madu. Reaksi alergi madu bisa berupa gatal, iritasi, dan kemerahan pada wajah.

Selama Anda bisa memastikan madu yang digunakan adalah madu asli yang berkualitas baik dan tidak dicampur dengan bahan-bahan kimia maka madu sepertinya aman untuk dipakai pada wajah.

About Annisa Aprilia 120 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*