Manfaat & Cara Membuat Masker Madu Untuk Memutihkan Wajah

Tak kalah dari produk pemutih wajah lainnya, manfaat masker madu untuk memutihkan wajah ternyata juga cukup ampuh. Penggunaan madu untuk perawatan wajah memang sudah sangat populer dilakukan sejak dulu.

Madu diyakini sebagai salah satu bahan alami yang punya banyak sekali khasiat untuk kecantikan kulit, termasuk untuk membuat kulit wajah lebih cerah.

Beberapa manfaat masker madu untuk memutihkan wajah yang harus Anda tahu

Mendapatkan wajah yang bersih dan cerah memang dirasa cukup sulit ditengah-tengah lingkungan kita saat ini yang dipenuhi dengan polusi, debu, dan sinar matahari yang bersinar terik sepanjang hari. Yang mana semua hal tersebut akan berdampak kulit yang semakin gelap.

Mungkin sebagian orang berpikir untuk memutihkan wajah dengan menggunakan produk-produk pemutih berbahan kimia atau injeksi serum pemutih yang lebih cepat hasilnya, namun hal ini akan membutuhkan biaya mahal yang tidak semua orang mampu mendapatkannya, belum lagi kekhawatiran akan adanya efek samping yang mungkin saja bisa terjadi.

Advertisement

Karena itulah perawatan-perawatan tradisional dengan menggunakan bahan alami selalu menjadi pilihan favorit banyak orang. Selain tak butuh biaya mahal, efek samping yang ditimbulkan juga bisa dibilang sangat minim.

Madu adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk memutihkan wajah secara alami. Carian dengan rasa legit dan manis satu ini memang punya banyak sekali manfaat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat masker madu untuk memutihkan wajah yang perlu Anda ketahui:

1.  Madu kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan sel-sel wajah dan memperlambat penuaan

Salah satu khasiat madu yang sangat berguna untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah adalah zat antioksidan yang ada di dalamnya.

Madu kaya akan kandungan senyawa polyphenol yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk mencegah dampak buruk radikal bebas yang merusak sel-sel kulit. Anti oksidan ini juga akan membantu proses regenerasi sel-sel kulit yang baru untuk menggantikan sel-sel yang rusak, akibatnya kulit wajah Anda akan tetap tampak sehat dan awet muda.

Gurat-gurat, keriput, dan flek-flek hitam yang sering menyebabkan wajah terlihat kusam perlahan-lahan akan berkurang dan wajah Anda terlihat lebih putih dan cerah.

2. Madu melindungi kulit dari efek buruk radiasi UV

Manfaat masker madu untuk memutihkan wajah secara alami yang selanjutnya adalah melindungi kulit dari efek buruk radiasi UV.

Seperti yang kita tahu, paparan sinar matahari yang mengandung UV adalah penyebab kulit wajah menjadi gelap. Tidak hanya itu saja, efek terpapar radiasi UV yang berlebihan dalam jangka panjang juga bisa menghancurkan DNA dan memicu terjadinya kanker kulit. Untungnya madu punya khasiat untuk mengurangi dampak buruk radiasi UV ini.

Rutin menggunakan masker madu mungkin akan membantu mencerahkan wajah yang menghitam karena sengatan matahari. Kandungan antioksidan pada madu bisa menangkal efek buruk dari radiasi UV dan membantu proses regenerasi sel-sel baru menggantikan sel-sel yang sudah rusak.

3. Madu punya efek sebagai pemutih alami untuk wajah

Manfaat madu yang selanjutnya adalah memutihkan kulit secara alami.

Tak kalah dengan produk-produk pemutih wajah yang banyak dijual di luar sana, madu juga punya efek pemutih alami yang bisa Anda rasakan khasiatnya.

Madu mengandung senyawa bernama Alpha Hidroxyl Acid (AHA) yang bisa berkhasiat sebagai exfoliator alami untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati, kotoran, dan noda hitam di kulit. Zat inilah yang akan membantu mengurangi flek-flek hitam di wajah dan membuatnya lebih putih dan cerah.

4. Madu mengandung nutrisi yang menyehatkan kulit

Manfaat masker madu untuk memutihkan wajah juga berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya yang dibutuhkan oleh kulit. Madu mengandung vitamin, mineral, enzim, dan zat bermanfaat lain yang akan membuat kulit tetap sehat.

Menggunakan masker madu untuk wajah juga bisa membuat kulit lebih kenyal karena AHA dalam madu bisa menstimulasi produksi kolagen dan elastin yang menjaga kulit tetap kencang.

BACA JUGA  7 Manfaat Madu Untuk Mengobati Bibir Kering dan Pecah-pecah Secara Alami

5. Madu punya kandungan anti bakteri dan anti peradangan alami

Iritasi pada wajah akibat efek kosmetik, obat, atau produk yang tidak cocok lainnya bisa menimbulkan bekas berupa flek hitam yang membuat wajah menjadi kusam. Nah madu bisa mengurangi efek buruk hal tersebut.

Kandungan zat antibakteri dan anti inflamasi pada madu bisa mempercepat proses penyembuhan dan mencegah infeksi jika kulit wajah mengalami iritasi sehingga mengurangi risiko bekasnya yang menghitam.

6. Madu bisa mengatasi jerawat secara alami

Jerawat terkadang bisa menyebabkan bekas hitam yang membuat wajah terlihat kusam dan tidak bersih. Nah untuk mencegah hal ini maka jerawat harus diatasi agar tidak bertambah parah. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah madu.

Madu murni yang berkualitas baik dan belum melewati proses pengolahan bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Madu yang mengandung zat antibakteri dan anti peradangan bisa membantu mengatasi masalah jerawat.

Ketika masker madu dipakai, madu akan meresap ke pori-pori dan menghentikan peradangan serta mematikan bakteri yang menginfeksi sehingga jerawat bisa sembuh dengan cepat. Penggunaan madu untuk jerawat lebih efektif jika digunakan pada jenis jerawat yang mengalami peradangan karena kandungan zat anti inflamasi yang ada di dalamnya.

7. Masker madu bisa mengurangi penampakan bekas jerawat dan flek hitam di wajah

Manfaat masker madu untuk memutihkan wajah yang selanjutnya adalah menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang membuat wajah menjadi kusam.

Nutrisi dalam madu bisa membantu kulit meregenerasi sel-sel baru, sehingga sel-sel yang rusak bisa diganti. Kandungan senyawa AHA pada madu juga membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati dan kotoran yang sering menyebabkan kulit menjadi kusam.

Menggunakan masker madu diyakini bisa menyamarkan bekas jerawat dan bekas luka di wajah, meskipun tidak bisa menghilangkannya secara total apalagi untuk jenis bekas jerawat yang cukup parah.

8. Madu adalah pelembab alami yang sangat bagus untuk mengatasi kulit kering dan kusam

Manfaat madu untuk wajah yang selanjutnya adalah sebagai pelembab alami untuk mengatasi kulit yang kering dan kusam.

Madu bisa berperan sebagai pelembab alami bagi kulit wajah. Madu bisa mengikat kelembapan dan menahannya lebih lama di kulit. Selain itu madu juga mengandung senyawa yang dibutuhkan bagi kulit seperti mineral, enzim, vitamin, dan antioksidan untuk menjaganya tetap sehat dan terhidrasi dengan baik sehingga masalah kulit kering bisa dicegah.

Rekomendasi madu yang bagus untuk masker

Madu Hutan Liar Al Wadey madu yang bagus untuk masker

Cara membuat masker madu untuk memutihkan wajah

Berikut ini adalah beberapa resep masker madu untuk memutihkan wajah yang bisa Anda coba:

1. Masker madu dan tomat

masker madu untuk memutihkan wajah 5

Masker madu untuk memutihkan wajah yang pertama adalah masker madu tomat. Bahan yang digunakan adalah madu murni dan tomat yang sudah matang.

Kedua bahan ini memiliki khasiat untuk memutihkan dan menyehatkan kulit wajah. Madu dan tomat diyakini bisa menjadi pemutih alami untuk mencerahkan kulit gelap karena sengatan matahari, mengatasi kelebihan pigmen, dan memudarkan flek hitam di wajah.

Tomat juga mengandung senyawa lycopene, sebuah antioksidan kuat yang bisa bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan dan mencegah penuaan dini.

Cara membuat masker madu dan tomat untuk memutihkan wajah

Berikut ini adalah bahan dan cara membuat masker madu dan tomat yang bisa Anda coba praktikkan sendiri di rumah.

Bahan:

  • ½ tomat yang sudah matang
  • 1 sendok makan madu murni
  • Handuk lembut

Cara membuat:

  1. Blender tomat dan diamkan sebentar hingga terpisah dari ampasnya.
  2. Ambil sari tomat, campurkan dengan madu.
  3. Cuci muka Anda dengan pembersih wajah seperti biasa, lalu keringkan dengan handuk.
  4. Aplikasikan campuran madu dan tomat tadi ke wajah secara merata.
  5. Diamkan selama 15 menit hingga setengah jam
  6. Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.
  7. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu hingga wajah terlihat lebih cerah.
BACA JUGA  10 Manfaat Memakai Masker Madu Setiap Hari dan Efek Sampingnya

2. Masker madu dan lemon untuk memutihkan wajah

masker madu untuk memutihkan wajah 3

Masker madu untuk memutihkan wajah yang selanjutnya adalah masker madu dan lemon. Kedua bahan ini sama-sama memiliki kandungan pemutih alami yang bisa Anda gunakan untuk mencerahkan wajah secara alami. Jika tidak menemukan lemon, Anda juga bisa menggantinya dengan jeruk nipis.

Advertisement

Di dalam lemon terkandung senyawa Alpha Hidroxyl Acids dan vitamin C yang bisa memutihkan kulit secara alami. AHA juga bisa berperan sebagai exfoliator alami guna mengelupaskan kotoran dan sel-sel kulit mati yang sering membuat wajah menjadi kusam.

Cara membuat masker madu dan lemon untuk memutihkan wajah secara alami

Berikut ini adalah bahan dan cara membuat masker madu dan lemon

Bahan:

  • ½ buah lemon yang sudah matang
  • 1 sendok makan mandu murni
  • Handuk

Cara membuat:

  1. Blender lemon dan madu hingga membentuk campuran yang lembut.
  2. Cuci muka Anda dengan pembersih wajah seperti biasa lalu keringkan dengan handuk lembut.
  3. Aplikasikan masker madu dan lemon secara merata. Usahakan untuk menghindari bagian kulit di sekitar mata.
  4. Diamkan masker selama 20 menit hingga setengah jam di wajah Anda.
  5. Setelah itu bilas wajah menggunakan air dingin dan keringkan dengan handuk.
  6. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin 1 kali seminggu.

3. Masker madu, susu, dan cuka sari apel

masker madu untuk memutihkan wajah 6

Masker madu untuk memutihkan wajah yang ketiga adalah masker madu dengan campuran susu dan cuka apel. Racikan ini diyakini bisa membuat wajah cerah secara alami, membersihkan dan mengencangkan pori-pori, serta mengurangi penampakan spot hitam bekas jerawat.

Susu mengandung asam laktat yang bagus sebagai exfoliator untuk mengangkat kotoran dari pori-pori, sedangkan cuka sari apel bisa menjadi peeling alami untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati. Selain memiliki efek mencerahkan kulit, sari cuka apel juga bisa membantu menyeimbangkan pH, dan meratakan warna kulit Anda.

Cara membuat masker madu plus susu dan sari cuka apel

Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan dan cara membuatnya.

Bahan:

  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 2 sendok teh sari cuka apel
  • ½ sendok madu murni
  • Handuk

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan lalu aduk hingga membentuk pasta.
  2. Cuci muka Anda dengan air dan pembersih wajah seperti biasa.
  3. Aplikasikan masker ke wajah secara merata, hindari bagian yang sensitif di sekitar mata.
  4. Diamkan selama 15 menit.
  5. Setelah itu basahi jari-jari Anda kemudian secara lembut kelupas masker yang sudah mengering dari wajah agar kotoran dan sel kulit mati terangkat.
  6. Bilas wajah dengan air dingin.
  7. Keringkan dengan handuk bersih.
  8. Perawatan ini bisa Anda lakukan secara rutin 1 kali seminggu.

4. Masker madu dan pisang untuk mencerahkan wajah

masker madu untuk memutihkan wajah 1

Masker madu untuk memutihkan flek-flek hitam di wajah selanjutnya adalah masker madu dan pisang. Pisang kaya akan kandungan nutrisi yang bisa membuat kulit menjadi lebih elastis. Selain itu pisang juga bisa memberikan kelembapan alami yang bagus untuk mengatasi wajah kering dan kusam.

Cara membuat masker pisang dan madu untuk memutihkan wajah secara alami

Berikut ini bahan yang perlu Anda siapkan dan cara membuatnya.

Bahan:

  • 1 buah pisang yang sudah matang.
  • 1 sendok teh madu murni.
  • 1 sendok teh sari lemon.

Cara membuat:

  1. Kupas dan lumatkan pisang hingga berbentuk seperti bubur.
  2. Setelah pisang dilumatkan, masukkan madu dan sari lemon ke dalamnya, aduk hingga rata.
  3. Cuci wajah Anda dan keringkan dengan handuk.
  4. Aplikasikan masker ke wajah secara merata.
  5. Diamkan selama 10-15 menit.
  6. Setelah itu bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.
  7. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin 1 kali seminggu.

5. Masker madu dan yoghurt

masker madu untuk memutihkan wajah 7

Untuk mendapatkan wajah yang putih dan cerah Anda juga bisa mencoba menggunakan masker madu yang dicampurkan dengan yoghurt. Racikan kedua bahan ini telah lama diyakini memiliki banyak khasiat untuk perawatan kulit wajah.

BACA JUGA  5 Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah Dengan Madu

Yoghurt merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kulit, di dalamnya terkandung protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Ketika dicampurkan dengan madu kombinasi kedua bahan ini bisa meningkatkan regenerasi sel dan membuat kulit menjadi lebih cerah.

Cara membuat masker madu dan yoghurt

Berikut bahan-bahan yang Anda perlukan dan cara membuatnya, Anda bisa meraciknya sendiri di rumah.

Bahan:

  • 2 sendok makan yoghurt.
  • 1 sendok makan madu murni.
  • Handuk

Cara membuat:

  1. Campurkan bahan-bahan lalu aduk rata hingga membentuk pasta.
  2. Cuci wajah dengan air dingin dan pembersih, lalu keringkan dengan handuk.
  3. Aplikasikan masker secara merata pada wajah Anda, hindari terkena mata.
  4. Diamkan selama 15 menit.
  5. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.
  6. Perawatan ini bisa dilakukan dengan rutin 2 kali seminggu untuk memutihkan wajah secara alami.

6. Masker madu dan minyak zaitun

masker madu untuk memutihkan wajah 4

Bahan tradisional yang bisa digunakan dalam membuat masker madu untuk memutihkan wajah yang selanjutnya adalah minyak zaitun atau yang lebih dikenal dengan nama olive oil.

Olive oil punya banyak khasiat untuk kulit seperti untuk melembapkan, mengatasi kulit kering dan bersisik, membersihkan pori-pori, serta mencerahkan kulit wajah. Di dalam olive oil juga terkandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh kulit seperti vitamin E, mineral, dan antioksidan.

Cara membuat masker madu dan minyak zaitun untuk memutihkan wajah secara alami:

Berikut ini adalah bahan yang perlu Anda siapkan dan langkah-langkahnya:

Bahan

  • 2 sendok makan madu asli.
  • 1 sendok makan minyak zaitun asli.
  •  

Cara membuat

  1. Campurkan madu dan minyak zaitun dalam wadah, aduk hingga rata.
  2. Setelah diaduk rata, panaskan dalam oven selama 20 detik hingga suhunya hangat.
  3. Cuci muka Anda dengan air bersih dan pembersih wajah seperti biasa lalu keringkan dengan handuk.
  4. Pakaikan masker madu dan minyak zaitun secara merata pada wajah.
  5. Diamkan selama 5-15 menit.
  6. Bilas wajah hingga bersih menggunakan air dingin.
  7. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin 2 kali seminggu hingga wajah tampak lebih cerah.

7. Masker madu dan kayu manis

masker madu untuk memutihkan wajah 2

Masker madu untuk memutihkan wajah yang terakhir adalah masker madu dan kayu manis. Kombinasi kedua bahan ini sudah sangat populer digunakan belakangan ini.

Kayu manis atau cinnamon merupakan rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan dan kue. Di balik aromanya yang harum ternyata khasiatnya untuk kulit juga cukup menjanjikan.

Kayu manis kaya akan antioksidan yang bisa mencegah sel-sel mengalami kerusakan dan penuaan dini akibat radikal bebas. Kayu manis juga bisa digunakan sebagai exfoliator untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati, membuat wajah terlihat lebih putih dan cerah.

Kandungan zat antibakteri dalam kayu manis juga bisa berperan sebagai antiseptik alami yang mencegah berkembangnya bakteri jahat di kulit. Karena itu masker madu dan kayu manis sangat cocok untuk digunakan bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat.

Cara membuat masker madu dan kayu manis untuk memutihkan wajah secara alami

Berikut ini bahan-bahan yang perlu Anda siapkan dan langkah-langkah membuatnya:

Bahan

  • 3 sendok makan madu murni asli.
  • 1 sendok makan bubuk kayu manis.
  • Mangkuk kecil.
  • Handuk lembut.

Cara membuat

  1. Masukkan bahan-bahan ke dalam mangkuk lalu aduk hingga merata.
  2. Setelah bahan tercampur rata, panggang dalam oven selama 30 detik.
  3. Cuci wajah dengan air dan sabun pembersih seperti biasa lalu keringkan dengan handuk.
  4. Aplikasikan masker secara merata pada wajah, pastikan tidak mengenai bagian sensitif di sekitar mata.
  5. Diamkan selama 10-15 menit.
  6. Bilas dengan air hangat hingga bersih lalu keringkan dengan handuk.
  7. Perawatan ini bisa Anda lakukan dengan rutin 1-2 kali seminggu hingga wajah terlihat lebih cerah.
Advertisement
About Annisa Aprilia 134 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*