Memiliki anak kedua lebih sulit daripada memiliki anak pertama

Memiliki anak kedua lebih sulit daripada memiliki anak pertama

Jika ibu berencana untuk menjadi ayah bagi anak kedua, pastikan kondisi fisik dan mentalnya dalam keadaan sehat. Karena ada beberapa perbedaan dari kehamilan pertama yang bisa dirasakan ibu pada kehamilan kedua.

Meski sang ibu sudah pernah hamil sebelumnya, namun fakta bahwa dirinya sedang mengandung anak kedua bisa terasa berbeda. Ibu mungkin mengalami beberapa gejala kehamilan yang tidak terjadi pada kehamilan sebelumnya.

Ibu Hamil Anak Kedua Lebih Berat Dari Ibu Hamil Anak Pertama - Alodocter

Selain menjaga kesehatan selama kehamilan kedua, ibu juga harus merawat anak pertama.

Bagaimana kondisi anak hamil kedua ?

Kehamilan anak kedua memiliki banyak perbedaan dibandingkan dengan kehamilan pertama. Berikut beberapa perubahan yang sering dirasakan saat hamil anak kedua:

1. Rasakan gerakan janin lebih cepat

Saat hamil anak pertama, sang ibu tidak bisa merasakan pergerakan janin hingga usia kandungannya lima bulan . Namun jika sedang hamil anak kedua, hal itu bisa dirasakan lebih cepat oleh sang ibu saat usia kehamilan mendekati empat bulan.

Ini mungkin karena ibu sudah mengeali pergerakan janin di dalam kangungan.

2. Posisi Janin terasa lebih buruk

Ibu hamil anak kedua juga akan merasakan posisi janin yang dikandungnya cenderung sedikit di bawah rahim. Kondisi ini terjadi karena otot-otot perut dan rahim menjadi lebih lemah dan melebar akibat kehamilan sebelumnya. Akibatnya, otot-otot tersebut tidak lagi mampu menopang janin sebagaimana mestinya.

3. Tubuh lebih rentan sakit

Sakit punggung bisa terjadi saat hamil anak kedua, apalagi jika terjadi pada kehamilan pertama. Menggendong dan mengangkat anak pertama juga bisa menyebabkan sakit punggung. Keluhan tentang varises, sering buang air kecil dan kontraksi palsu juga cenderung lebih terasa dibandingkan pada kehamilan pertama.

4. Perut terlihat lebih besar

Perbedaan lain yang bisa terjadi saat hamil anak kedua adalah perut tumbuh lebih cepat. Hal ini bisa terjadi karena rahim ibu tidak kembali ke ukuran semula setelah melahirkan pertama kali. Maka tak heran jika pembesaran perut saat hamil kedua terjadi lebih cepat dari sebelumnya.

5. Lebih mudah lelah

Kemungkinan lain yang bisa terjadi saat hamil anak kedua adalah ibu lebih mudah lelah. Hal ini dapat dimaklumi, karena ada anak yang juga membutuhkan perhatian ibunya.

Merawat anak sulung saat hamil anak kedua akan memakan lebih banyak waktu, tenaga dan pikiran ibu.

Jika sedang hamil anak kedua, ibu disarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik, karena setiap kehamilan memiliki ciri khasnya masing-masing dan memberikan pengalaman tersendiri bagi sang ibu. Pada kehamilan kedua, apa yang dialami oleh seorang ibu belum tentu sama dengan yang dialami oleh ibu lainnya.

Selain itu, persiapan juga harus dilakukan dengan melakukan segala sesuatu yang mendukung kehamilan dan persalinan. Jangan lupa untuk memeriksakan kehamilan Anda secara teratur ke dokter.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*