10 Cara Mengatasi Kulit Wajah Bayi Kering, Bersisik, dan Mengelupas

Masalah kesehatan pada kulit bisa terjadi pada siapa saja, baik itu orang dewasa, anak – anak, bahkan pada bayi. Terlebih lagi kulit pada bayi yang masih tipis dan lembut. Sehingga tak heran jika rentan terkena masalah kulit misalnya kulit kering dan mengelupas.

Tentu saja Bunda tak ingin hal ini terjadi pada si kecil bukan?

Karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas bagaimana caranya mengatasi berbagai masalah pada kulit bayi tersebut.

Sebelumnya kita pahami dulu apa saja yang bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering dan mengelupas.

Advertisement

Penyebab kulit wajah bayi kering dan mengelupas

Bayi memiliki kelenjar keringat yang belum berkembang dengan sempurna sehingga kemampuan kulitnya untuk beradaptasi dengan udara kering, suhu yang terlalu panas, atau terlalu dingin belum sempurna.

Hal ini menyebabkan kulit bayi sering kali kehilangan kelembapan ketika terpapar oleh kondisi lingkungan yang kurang bersahabat, akibatnya kulit menjadi kering bahkan terkadang terlihat seperti bersisik.

Selain hal di atas sebenarnya masih banyak faktor lain yang memungkinkan terjadinya kulit kering dan juga bersisik pada bayi. Terutama pada bagian wajah bayi yang cenderung lebih sensitif dan terpapar udara sepanjang waktu.

Berikut ini adalah beberapa penyebab utama kulit bayi menjadi kering, bersisik, atau mengelupas yang perlu Bunda perhatikan:

1. Lingkungan sekitar yang tidak sehat

Lingkungan sekitar yang tidak sehat merupakan penyebab umum terjadinya kulit bayi kering bahkan bersisik. Udara yang tercemar polusi, serta suhu lingkungan yang panas menjadi penyebab kulit bayi rusak dan kering.

2. Penggunaan bedak tabur yang salah

Bedak bayi bisa saja mengandung bahan-bahan yang kurang baik untuk kulit bayi seperti asam salisilat, zink oksida, titanium dioksida, zea mays starch, pewangi dan yang lainnya. Di mana bahan – bahan tersebut dapat membuat kulit bayi menjadi iritasi.

3. Penggunaan sabun yang salah

Banyak sekali produk sabun mandi yang beredar di pasaran, dan dari sekian banyak sabun mandi tersebut memiliki kadar pH yang berbeda – beda. Sudah jelas sabun mandi untuk orang dewasa berbeda dengan sabun mandi bayi.

Kulit bayi lebih lembut dan sensitif, jika penggunaan sabun mandi tersebut salah, maka kulit bayi akan menjadi kering bahkan iritasi. Sabun juga bisa mengangkat minyak alami pada kulit sehingga tidak dianjurkan digunakan terlalu sering.

BACA JUGA  Mengenal Berbagai Makanan Pendamping ASI Usia 6-7 Bulan

Bunda harus paham betul seperti apa sabun bayi yang bagus dan aman untuk kulit si kecil serta tidak boleh berlebihan dalam menggunakannya.

4. Penyakit kulit lainnya

Kulit wajah bayi yang kering dan bersisik bisa juga merupakan gejala awal dari penyakit eksim. Di mana eksim merupakan salah satu penyakit yang kerap kali terjadi pada bayi. Penyakit eksim ini disebabkan karena pemberian makanan yang memicu alergi. Jadi Bunda harus perhatian terhadap makanan dan nutrisi apa pun yang diberikan pada bayi.

5. Dehidrasi

Selain beberapa penyebab kulit wajah kering pada bayi di atas, ada juga penyebab lain yaitu bayi mengalami dehidrasi atau kekurangan asupan nutrisi.

Sama halnya dengan tubuh orang dewasa, tubuh bayi juga memerlukan asupan air dan nutrisi yang cukup untuk bisa bekerja dengan baik. Kekurangan air bisa menyebabkan produksi minyak pada kulit berkurang sehingga membuat kulit bayi lebih mudah kering.

Cara mengatasi kulit kering, bersisik, dan mengelupas pada bayi

Berikut ini adalah 10 cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi masalah kulit kering pada bayi:

1. Berikan cairan yang cukup pada bayi

Mengatasi kulit wajah bayi kering mengelupas dan bersisik, Berikan Cairan yang Cukup Pada Bayi

Cara mengatasi kulit wajah bayi kering pertama yang harus Bunda lakukan adalah memberikan cairan yang cukup terhadap bayi.

Nutrisi terbaik untuk bayi adalah ASI, karena itu sangat dianjurkan untuk menjaga kualitas ASI yang diberikan pada bayi. Jika produksi ASI kurang, maka Bunda bisa mengonsumsi makanan atau suplemen penambah ASI.

Jus buah dan air putih secukupnya juga bagus diberikan pada bayi supaya kulit bayi terhidrasi dari dalam. Selain itu, mengonsumsi cairan juga sangat baik untuk menyehatkan pencernaan bayi karena mampu mencegah masalah BAB yang kurang lancar.

2. Berikan makanan bergizi buat si bayi

Cara mengatasi kulit kering pada bayi, Berikan Makanan Bergizi Buat Si bayi

Salah satu penyebab kulit wajah kering pada bayi adalah kurangnya nutrisi untuk kulit, maka dari itu Bunda harus memperhatikan asupan nutrisi yang Bunda makan saat menyusui.

Imbangi pola makan Bunda dengan makanan-makanan yang bagus untuk kulit bayi. Hal ini akan membantu melembapkan kulit wajah bayi yang kering dari dalam. Makanan yang bagus untuk kulit bayi contohnya seperti kacang hijau, bengkoang, almond, putih telur, sayuran hijau, jeruk, anggur, susu kedelai, biji fennel atau adas, dan air kelapa.

BACA JUGA  Usia Berapa Bayi Bisa Melihat Dengan Jelas?

Dan jika sudah masuk usia makan Bunda dapat memberikan makanan yang bergizi pada bayi. Berikan makanan bergizi yang mengandung nutrisi yang baik untuk kulit seperti lemak sehat, vitamin E, dan protein dengan porsi seimbang. Ajari juga si kecil untuk rajin makan buah dan sayur agar kulitnya tetap sehat dan cerah.

3. Sebaiknya kurangi waktu berendam bayi

Kurangi Waktu Berendam Bayi Anda

Selain beberapa faktor penyebab kulit wajah bayi kering di atas, ternyata terlalu lama atau keseringan berendam juga dapat mengakibatkan kulit wajah bayi menjadi kering.

Nah jika Bunda membiasakan anak Bunda berendam di bak mandi, sebaiknya kurangi durasi waktu saat berendam. Meskipun berendam bisa membersihkan kulit bayi, namun jika terlalu lama berendam di dalam air akan membuat kulit bayi kehilangan kelembapannya.

Advertisement

Sebaiknya Bunda membiasakan bayi atau anak Bunda untuk mandi dengan cepat tapi tetap bersih. Jangan lupa gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan kulit bayi seusai mandi.

4. Pilih Sabun khusus untuk bayi

Cara mengatasi kulit kering bayi, pilih Sabun yang Khusus untuk Bayi

Memilih perlengkapan bayi memang harus dilakukan dengan teliti, termasuk dalam memilih sabun mandi yang bagus dan menyehatkan.

Sekarang ini banyak sekali beredar sabun mandi yang dibuat khusus untuk anak – anak dan balita. Akan tetapi sebagai orang tua Bunda harus mengerti produk sabun mana yang cocok untuk bayi.

Nah untuk mengatasi kulit wajah bayi kering, sebaiknya pilih produk sabun bayi dengan kandungan organik yang ramah untuk kulit.

5. Lebih baik mandikan bayi Bunda dengan air dingin

5. Lebih Baik Mandikan Bayi Anda Dengan Air Dingin

Jika kulit wajah bayi Bunda mengalami masalah kekeringan, maka sebaiknya gunakan air dingin untuk memandikan bayi, jangan gunakan air hangat terlalu sering.

Hal tersebut dikarenakan suhu air yang terlalu tinggi bisa mengganggu fungsi kelenjar minyak dan membuat kulit tambah kering.

Sebaliknya, suhu air yang dingin bisa menjaga fungsi kelenjar minyak tetap sehat, dan kelembapan kulit tidak terlalu banyak hilang ketika selesai mandi.

6. Jangan gunakan parfum apa pun untuk kulit bayi

Jangan Gunakan Parfum Apapun untuk Kulit Bayi

Satu lagi yang perlu diperhatikan pada saat kulit wajah bayi Bunda kering yaitu hindari penggunaan pewangi atau parfum pada kulit sang bayi.

BACA JUGA  7 Menu Buka Puasa Untuk Diet Agar Cepat Kurus

Biasanya produk pewangi atau parfum terbuat dari bahan kimia, nah bahan – bahan kimia tersebut dapat menjadikan kulit yang kering semakin parah. Biarkan saja anak Bunda apa adanya supaya terhindar dari penyakit kulit yang lebih parah.

7. Jangan memberi pelembab pada kulit bayi

Jangan Memberi Pelembab Apapun Pada Kulit Bayi

Selain parfum, jangan memberi pelembab pada kulit wajah bayi. Memberikan pelembab bisa menyebabkan ketergantungan, selain itu kandungan bahan kimia pada pelembab juga kurang baik untuk kesehatan kulit bayi.

8. Buat suhu ruangan di sekitar bayi menjadi sejuk

Buat Suhu Ruangan Sejuk Di Sekitar Bayi Anda

Suhu ruangan juga dapat berpengaruh terhadap kelembapan kulit wajah bayi. Jika suhu udara terlalu dingin, maka kulit bayi akan menjadi kering.

Maka dari itu baiknya kondisikan udara atau suhu ruangan menjadi sejuk. Tidak terlalu dingin atau pun tidak terlalu panas. Selain itu hindari penggunaan AC pada kamar anak, karena dapat menyebabkan perut bayi menjadi kembung.

9. Lindungi kulit dari sinar matahari langsung

Lindungi Kulit dari Sinar Matahari Langsung

Selain udara yang terlalu dingin, sebaiknya hindari kulit bayi yang kering terpapar sinar matahari secara langsung. Usahakan untuk selalu melindungi area kulit yang kering dari sinar matahari saat Bunda mengajak bayi Bunda keluar rumah. Jika kulit kering pada bayi terpapar terik matahari langsung, maka kulit tersebut akan pecah – pecah bahkan bisa menjadi kemerahan.

10. Hindari pakaian yang ketat untuk bayi

Hindari Pakaian yang Ketat untuk Bayi

Cara mengatasi kulit wajah bayi kering yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah jangan gunakan pakaian yang ketat pada bayi Bunda.

Selain itu jangan gunakan pakaian atau bedong yang terbuat dari bahan kasar seperti wol dan juga yang lainnya. Bahan pakaian yang kasar dapat merusak kulit lembut bayi dan juga dapat membuat iritasi.

Baca dulu tips memilih kain bedong yang bagus dan nyaman ini.

***

Nah itulah beberapa cara atasi kulit wajah bayi kering serta beberapa penyebabnya yang dapat kita ulas pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat ya Bunda!

Pengunjung Cara Tips Kesehatan:

  • sabun bayi untuk wajah kering
Advertisement
About Annisa Aprilia 134 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*