5 Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Dada Dan Sesak Napas Karena Merokok

Merokok memang bukanlah aktivitas yang menyehatkan, namun terkadang para perokok mengalami kesulitan untuk berhenti. Banyak yang sudah berniat untuk berhenti namun tak kunjung berhasil.

Berbagai dalih selalu saja menjadi alasan mereka untuk tetap merokok, padahal efek buruknya sudah mulai di rasakan.


Efek buruk rokok memang tidak langsung terasa, tapi setelah sekian tahun Anda mulai akan merasakan dampaknya…

Setelah merokok selama bertahun-tahun, para perokok biasanya akan mulai merasakan efek buruk akibat rokok yang terus mereka hisap. Salah satunya adalah rasa sakit pada dada sebelah kanan dan sesak napas.

Advertisement

Jika Anda adalah salah seorang perokok yang hingga saat ni belum bisa berhenti dan mengalami keluhan seperti itu, maka Anda harus membaca artikel ini sampai selesai.

Rasa sakit pada dada sebelah kanan dan sesak napas terjadi akibat dari paru-paru Anda yang sudah mulai rusak akibat rokok. Penyebabnya adalah senyawa tar yang menempel pada paru-paru dan menggerogotinya hingga menimbulkan radang.

Tar memiliki sifat toksik dan sulit di hilangkan, zat ini akan menumpuk dan lengket pada paru-paru selama perokok tidak menghentikan aktivitas buruknya  ini. Jika ini terjadi pada Anda, maka kami akan berikan tips yang dapat Anda coba.

Berikut ini adalah 5 cara menghilangkan sakit dan dada sesak napas karena merokok:

1. Perbanyak Minum Air Putih

cara mengatasi dada sakit dan sesak napas akibat merokok 1

Jika Anda adalah seorang perokok aktif yang masih belum bisa berhenti, maka minum air putih yang banyak adalah suatu kewajiban bagi Anda. Air putih dapat membantu tubuh membersihkan zat-zat racun yang di hasilkan asap rokok dan mengeluarkannya dari dalam tubuh melalui urine dan keringat.

Cobalah untuk minum air putih lebih dari 8 gelas per hari. Minumlah segelas air putih hangat saat bangun tidur, dan segelas setiap Anda habis merokok. Dengan cara ini maka rasa sakit dan sesak yang Anda rasakan di dada akan sedikit berkurang dan racun yang di hasilkan rokok bisa di buang keluar dari tubuh.

BACA JUGA  Apakah Rokok Elektrik (Vape) Bisa Menyebabkan Kanker?

2. Mengobati Dengan Nanas

cara mengatasi dada sakit dan sesak napas akibat merokok 2

Nanas adalah buah yang sangat baik untuk di konsumsi para perokok. Di dalam nanas terdapat kandungan antioksidan kuat yang dapat melawan racun dan radikal bebas yang masuk melalui asap rokok.

Untuk mengatasi sesak napas dan sakit dada karena rokok dengan nanas caranya adalah dengan merebus buah nanas yang telah di iris-iris dengan air. Ambillah satu buah nanas, kupas dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa sebanyak tiga gelas.

Dinginkan kemudian minum airnya 3 kali sehari, masing-masing sebanyak satu gelas. Anda akan merasakan manfaatnya dan rasa sakit dan sesak di dada Anda akan berangsur-angsur hilang.

Advertisement

3. Mengobati Dengan Jeruk Nipis

cara mengatasi dada sakit dan sesak napas akibat merokok 3

Jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang tinggi dan zat antioksidan yang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai dampak buruk yang di sebabkan asap rokok.

Anda bisa mengambil ekstrak jeruk nipis dengan cara memeras airnya dari beberapa buah kemudian di sedu dengan air hangat. Tambahkan sesendok madu dan minumlah selagi hangat. Lakukan secara rutin minimal 3 hari sekali. Jeruk nipis juga ampuh untuk mengatasi bau mulut yang di timbulkan akibat rokok.

Campuran air hangat, jeruk nipis, dan madu ini bisa mengurangi dada yang sesak akibat rokok karena sifat jeruk nipis yang bisa mengencerkan dahak. Ramuan ini juga kaya antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dari asap rokok.

4. Berhenti Merokok

cara mengatasi dada sakit dan sesak napas akibat merokok 4

Apapun yang Anda lakukan dan seampuh apapun ramuan yang Anda minum tidak akan benar-benar berhasil selama Anda tidak menghentikan aktivitas yang menjadi sumber masalahnya, yakni merokok!

Jadi cara yang paling ampuh untuk menghilangkan sakit dada dan sesak napas karena merokok adalah dengan berhenti total. Tidak ada cara yang lebih baik daripada berhenti merokok itu sendiri, bahkan mengganti rokok dengan vape juga tetap bisa menyebabkan kanker.

BACA JUGA  3 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Mudah, Cepat, & Ampuh

Selama Anda masih merokok dalam jumlah yang banyak, rasa sakit dan sesak di dada akan tetap saja Anda rasakan. Bahkan bisa saja bertambah parah. Jika Anda masih belum bisa untuk berhenti total, kurangilah rokok yang Anda hisap dalam sehari.

Cobalah untuk melakukannya secara bertahap. Jika dalam sehari Anda menghisap 10 batang rokok, cobalah untuk pelan-pelan menguranginya menjadi 8, 5, dan seterusnya hingga benar-benar bisa berhenti.

5. Hindari Begadang Dan Rutin Olahraga

cara mengatasi dada sakit dan sesak napas akibat merokok 5

Cara ampuh menghilangkan sakit dada dan sesak napas karena merokok yang terakhir adalah dengan rajin olahraga dan menghindari begadang.

Begadang dapat menghalangi tubuh melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan racun dari dalam tubuh. Padahal bagi perokok proses ini sangat di butuhkan tubuh mengingat banyaknya racun yang masuk ke dalam tubuh di bandingkan mereka yang tidak merokok.

Oleh karena itu cobalah untuk menghindari begadang agar tubuh memiliki kesempatan untuk menetralisir racun rokok yang masuk. Anda juga harus rutin berolahraga agar daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Dengan olahraga secara teratur, peredaran darah akan menjadi lancar sehingga jantung Anda tetap sehat.

Hal ini sangat penting Anda lakukan karena rokok yang sangat berisiko menimbulkan sumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Itulah 5 tips yang dapat kami berikan untuk mengatasi rasa sakit dan sesak pada dada bagi Anda para perokok. Sekali lagi kami menganjurkan kepada Anda agar mulai mengurangi aktivitas merokok Anda dari sekarang. Dan jika mampu, berhentilah. Ini demi kesehatan jangka panjang Anda sendiri. Semoga bermanfaat.

Advertisement
About Alvina 11 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan memasak. Suka dengan semua yang serba minimalis, nggak perlu cantik-cantik amat yang penting sehat. Yap! kesehatan adalah prioritas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*