12 Cara Alami Mengobati Gondongan Dengan Bahan Tradisional

Gondongan adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dengan pemberian vaksin agar tubuh menjadi kebal terhadap virus yang menjadi penyebabnya.

Artikel ini akan membahas beberapa cara tradisional dalam mengobati gondongan yang sudah dipercaya secara turun-temurun di masyarakat.

Cara-cara alami seperti ini cukup aman dan bisa dikatakan tidak ada efek sampingnya, jadi tidak mengapa jika Anda ingin mencobanya.

Mengenal virus penyebab penyakit gondongan

Gondongan mengakibatkan pembengkakan leher atau sisi wajah di bagian bawah telinga. Pembengkakan tersebut terjadi akibat kelenjar air liur yang membengkak karena infeksi virus bernama Paramyxovirus. Penderitanya akan mengalami pembengkakan cukup besar sehingga leher terlihat gembung.

Advertisement

Penyebaran virus Paramyxovirus ini bisa dari berbagai macam media, seperti udara, peralatan makan, gagang pintu, dan lainnya.

Sebenarnya penyebaran dan bahaya virus ini bisa dicegah dengan pemberian vaksin MMR (mumps, misle, dan rubella) yang dilakukan kala seseorang baru berusia 5—18 bulan.

Pemberian vaksin tersebut penting dilakukan setelah enam bulan jeda pemberian vaksin campak pada anak walaupun penyakit gondongan hanya bisa menyerang seseorang sekali dalam seumur hidupnya.

Gejala penyakit gondongan

Gejala yang bisa dirasakan seseorang ketika ia mengalami gondongan ialah lelah, pusing, hilangnya nafsu makan, serta pembengkakan pada bagian bawah telinga di satu atau dua sisi yang menimbulkan rasa sakit luar biasa.

Biasanya penderita penyakit ini juga akan mengalami bibir kering. Walaupun penyakit ini sejatinya bukan penyakit berbahaya, namun jika dibiarkan maka akan menimbulkan efek yang berbahaya bagi tubuh, bahkan kematian.

Cara mengobati gondongan secara alami dengan bahan tradisional

cara alami mengobati gondongan dengan bahan tradisional

Meskipun hingga saat ini belum ditemukan obat untuk penyakit gondongan, namun perawatan tradisional bisa dilakukan untuk mengurangi gejala sekaligus memperkuat daya tahan tubuh.

Penyakit gondongan akan sembuh dengan sendirinya ketika sistem imun tubuh menguat dan berhasil mengalahkan virus.

BACA JUGA  7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Yang Cepat Dan Ampuh

Berikut ini adalah 12 cara alami mengobati penyakit gondongan dengan bahan tradisional:

1. Perbanyak minum air putih

Air putih adalah unsur yang memiliki berbagai macam manfaat bagi kehidupan manusia.

Sebagai salah satu cara mengobati gondongan, air putih berfungsi untuk menstabilkan suhu tubuh sehingga bisa mencegah demam yang terlampau tinggi.

Namun penderita gondongan disarankan untuk tidak meminum jus buah, dikarenakan jus buah dapat meningkatkan produksi air liur dan menyebabkan kelenjar parotid terasa sakit.

2. Kompres dengan air hangat

Apabila kelenjar tiroid sudah terlanjur membengkak, maka cobalah untuk mengompresnya dengan air hangat.

Perawatan ini berguna untuk mengurangi rasa sakit yang timbul dan membuat sel-sel syaraf lebih tenang. Sensasi hangat dari kompresan juga bisa membantu mengalihkan rasa sakit.

3. Mengobati gondongan dengan jahe

Jahe memiliki kandungan zat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada pembengkakan. Sensasi hangat dari jahe juga bisa mengalihkan rasa nyeri yang Anda rasakan.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan kemampuan jahe dalam mengobati penyakit. Khusus untuk urusan meredakan rasa sakit, jahe terbukti mampu meredakan nyeri otot, melancarkan peredaran darah, dan mengempiskan pembengkakan.

Penggunaan jahe untuk mengobati gondongan bisa dilakukan dari luar dan dari dalam. Caranya dengan mencampurkan bubuk jahe dengan air secukupnya hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada bagian yang bengkak.

Untuk mengobati dari dalam Anda bisa mengolah jahe menjadi rebusan, wedang jahe, atau dicampur dalam sup.

Advertisement

3. Istirahat yang cukup

Jika Anda menderita penyakit gondongan, maka cara mengobati gondongan yang paling ampuh adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara paling mudah agar daya tahan tubuh kembali menguat adalah dengan istirahat yang cukup.

Hindari pekerjaan yang berat sehingga bisa menimbulkan efek lelah. Kelelahan bisa saja menimbulkan efek sakit luar biasa pada penyakit gondongan juga menyebabkan proses penyembuhan menjadi lebih lama.

BACA JUGA  10 Obat Sakit Tenggorokan Alami Yang Bisa Dibuat Sendiri, Ampuh!

4. Konsumsi makanan bergizi

Memenuhi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit gondongan.

Makanlah makanan yang bergizi tinggi, bila perlu tambahkan suplemen sehingga proses penyembuhan gondongan akan lebih cepat.

Cobalah konsumsi madu atau sari kurma. Kedua bahan ini dipercaya memiliki khasiat penyembuhan terhadap berbagai penyakit. Selain itu madu juga dipercaya dapat mengobati luka dan bengkak pada tubuh.

5. Olesi minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang zat pembentuknya hampir sama dengan minyak yang diproduksi oleh tubuh kita. Ketika minyak zaitun dioleskan maka kulit akan segera menyerapnya dengan mudah.

Minyak ini tidak menimbulkan alergi pada kulit kita karena sifatnya yang lembut. Minyak zaitun yang dioleskan pada gondongan bisa memberikan manfaat antioksidan yang berguna melepaskan zat radikal bebas dan mengurangi rasa sakit pada bengkak.

6. Konsumsi jinten hitam

Jinten hitam adalah bahan tradisional sangat baik dikonsumsi untuk menguatkan daya tahan tubuh. Mengobati gondongan bisa juga dilakukan dengan mengonsumsi jinten hitam baik dimasukkan dalam kapsul atau digunakan sebagai minyak.

Sifatnya yang baik untuk menambah kekebalan akan membuat Anda yang terkena penyakit gondongan bisa terhindar dari demam tinggi.

7. Konsumsi makanan lunak

Mengonsumsi makanan yang lunak juga disarankan bagi mereka yang sedang mengalami gondongan.

Ketika sisi bawah telinga mengalami pembengkakan akibat penyakit gondongan, rahang bawah juga akan terasa sakit sehingga sulit untuk mengunyah makanan padat yang keras.

Cobalah makan makanan yang lunak sehingga Anda tidak perlu menahan sakit namun kebutuhan nutrisi untuk tubuh tetap bisa terpenuhi.

9. Biji klabet

Salah satu cara mengobati gondongan adalah dengan menggunakan biji klabet. Caranya mudah, cukup tumbuklah biji klabet sehingga menjadi tumbukan pasta halus.

BACA JUGA  5 Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah Dengan Madu

Kemudian oleskan tumbukan tersebut pada bagian yang bengkak. Pengolesan tersebut berupaya mengurangi rasa sakit yang timbul akibat bengkak gondongan.

10. Gunakan blau

Blau biru juga bisa digunakan untuk mengobati gondongan. Blau biru sendiri adalah zat padat yang digunakan untuk mencerahkan pakaian dalam mencuci.

Ada dua jenis blau, yakni serbuk dan padat. Sejatinya penggunaan blau ini belum dibenarkan dan dibuktikan secara medis dapat mengobati gondongan, bisa dibilang cuma mitos. Namun cara ini sudah dipercaya turun-temurun oleh masyarakat, jadi tidak ada salahnya mencoba.

11. Gunakan kunyit

Penggunaan kunyit yang dicampurkan dengan bubuk margosa menjadi pasta juga bisa digunakan untuk mengobati gondongan.

Caranya adalah haluskan kunyit dan campurkan dengan bubuk margosa. Oleskan adonan pasta kunyit tersebut pada bengkak akibat gondongan. Bubuk tersebut dipercaya dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi bengkak secara perlahan sampai pasta kunyit mengering. Lakukan dua kali selama satu hari, yaitu pagi dan malam.

12. Gunakan daun belimbing wuluh

Tanaman yang satu ini biasanya banyak tumbuh di pekarangan rumah. Belimbing wuluh dipercaya bisa digunakan untuk mengobati gondongan secara tradisional. Caranya yaitu dengan menggunakan beberapa lembar daun belimbing wuluh.

Campurkan dengan satu siung bawang putih. Tumbuk hingga halus dan membentuk pasta. Oleskan pasta daun belimbing wuluh tersebut pada bengkak yang ditimbulkan oleh gondongan.

Itulah 12 cara alami mengobati gondongan dengan bahan tradisional yang bisa Anda coba. Pengobatan tersebut cukup mudah dan murah jika Anda mau bersabar dan berusaha melakukannya.

Apabila penyakit gondongan tidak terlihat membaik, maka sangat disarankan untuk segera mengunjungi dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Pengunjung Cara Tips Kesehatan:

  • obat gondongan apotik
  • obatgondongan
  • salep buat gondongan
Advertisement
About Annisa Aprilia 134 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*