Panduan Sederhana Merawat Gigi Anak Berdasarkan Usia

Tahukah Anda, Kalau si kecil juga harus tahu cara melakukan merawat gigi sendiri dengan benar. Gigi geligi harus di jaga sejak pada usia dini. Kita sering mendengar kalau dunia anak adalah dunia bermain, jadi dalam merawat gigi si kecil hendaklah kita ajak sambil bermain lakukan proses ini dengan menyenangkan bersama buah hati Anda.

Panduan merawat gigi anak sejak dini

cara merawat gigi anak berdasarkan usia

Langkah awal dapat dimulai dengan mengajak si kecil membeli sekaligus memilih sikat giginya sendiri. Ajaklah ke tempat yang memang menyediakan sikat gigi yang benar- benar sesuai standar kesehatan bagi anak, bukan hanya menawarkan bentuk lucu dan warna yang menarik. Dan salah satunya adalah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut penting untuk anak.

Langkah selanjutnya adalah ajak buah kecil Anda untuk membersihkan giginya sebelum ia merasa lelah, biasanya setelah makan terakhir pada hari itu.

Advertisement

Hal yang tak kalah penting juga adalah mengingatkan si kecil agar tidak makan lagi setelah menyikat giginya. Jadikan kegiatan menyikat gigi hal yang mengasyikkan.  Yang terpenting adalah si kecil harus belajar menyikat giginya sendiri sejak usia dini, tetapi mama papa harus tetap membantunya jika si kecil membutuhkan.

Beberapa tahapan merawat gigi berdasarkan usia anak

Ada  beberapa tahapan sederhana bagaimana merawat gigi anak, secara garis besar merawat gigi dibagi ke dalam 3 tahapan berikut;

Usia 0 -2 Tahun

Pada fase ini orang tua dapat mulai menanamkan kebiasaan – kebiasaan baik, salah satu penelitian di Norwegia menyebutkan bahwa anak yang memiliki kebiasaan menyikat gigi yang baik sebelum usia 1 tahun akan mempunyai gigi yang jauh lebih kuat dan sehat ketika anak pada usia 3 – 5 tahun.

BACA JUGA  Manfaat Bedak Bayi, Efek Samping, & Cara Penggunaan Yang Benar
Advertisement

Pada usia ini biasanya anak sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI, karena itu mengajarkan cara merawat gigi anak yang baik sudah bisa mulai diajarkan pada usia ini.

Berikut ini cara merawat gigi anak usia 0 – 2 tahun:

  1. Begitu gigi pertama muncul lakukan menyikat gigi secara lembut
  2. Anda dapat menggunakan sikat gigi yang dengan bulu sikat yang sangat lembut
  3. Anda dapat memberikan sedikit pasta gigi yang mengandung fluoride
  4. Hanya memberikan air putih sebagai minuman antar waktu makan
  5. Menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari

Usia 3 – 5 Tahun

Pada fase ini gigi si keci sangat rentan terhadap kerusakan seperti gigi geraham berlubang.

Berikut ini panduan merawat gigi anak usia 3 – 5 tahun:

  1. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan menyikat giginya sebanyak 2 kali sehari
  2. Berikan pasta gigi seukuran kacang polong
  3. Berikan si kecil buah sebagai camilan, dan bukan makanan yang mengandung gula
  4. Tetap memberikan air putih sebagai minuman antar waktu makan dan jika si kecil haus
  5. Anda dapat membatasi si kecil mengonsumsi permen hanya 1 kali seminggu

Usia 6 – 8 Tahun

Pada fase ini gigi tetap si kecil sudah mulai tumbuh, gigi tetap yang tumbuh adalah gigi geraham. Gigi ini rentan berlubang karena letak dan posisinya yang tidak terlihat dan terkadang sulit di jangkau oleh si kecil waktu menyikatnya.

Berikut ini cara merawat gigi anak usia 6 – 8 tahun:

  1. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi berfluoride
  2. Biarkan fluoride tetap berada di dalam mulutnya, jangan biarkan si kecil membilasnya terlalu cepat setelah menyikat gigi
  3. Pasta gigi di berikan seukuran kacang polong

Demikianlah tadi sedikit ulasan kita tentang panduan sederhana bagaimana merawat gigi anak, semoga bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan kita khususnya para orang tua untuk lebih memperhatikan tumbuh kembang anak, dalam hal ini tentang perawatan gigi buah hati kita sejak usia dini.

BACA JUGA  Mengenal Berbagai Makanan Pendamping ASI Usia 6-7 Bulan
Advertisement
About Arief 21 Articles
Seorang mahasiswa yang sedang berjuang menamatkan kuliah. Penulis, weekend photographer, dan gamer musiman. Punya cita-cita traveling ke Spanyol tapi belum kesampaian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*